Universitas bagus vs. nilai bagus

Bagi yang sedang mencari-cari FH atau Universitas, salah satu pertanyaan yang sering terlintas adalah “Universitas mana yang bagus untuk studi …. (contohnya Informatik)?”. Pertanyaannya mudah dijawab karena link ini http://ranking.zeit.de/che2011/de/. Website ini banyak memberi informasi berdasarkan berbagai aspekt mengenai penilaian FH dan Universitas.

Tetapi selain ranking Universitas ada beberapa hal lain yang penting diperhatikan dalam mempersiapkan studi di Jerman. Salah satunya yaitu nilai bagus. Nilai bagus yang saya maksud di sini berkisar antara 1 dan 2. Memang nilai bagus tergantung bagaimana kita berkerja keras selama masa studi. Tetapi nilai bagus juga sangat berkaitan dengan FH atau Universitas yang mana yang dipilih. Karena semakin tinggi ranking FH dan Universitas, semakin sulit untuk mendapatkan nilai bagus. Jadi mana yang lebih baik, pilih FH atau Universitas bagus dengan hasil nilai yang kurang, atau pilih FH atau Universitas yang menengah dengan hasil nilai yang bagus. Kalau keduanya bisa diraih sangat baik. Selain itu saya melihat standard edukasi FH dan Universitas di Jerman cukup merata. Artinya perbedaan memilih FH atau Universitas yang bagus dan yang menengah tidak begitu jauh.

Mengapa nilai bagus lebih penting dari pada lulusan dari FH atau Universitas bagus? Berdasarkan beberapa diskusi dengan beberapa teman dan juga dengan rekan kerja, saya melihat bahwa nilai bagus lebih penting, baik untuk mengambil studi lanjutan atau untuk mendapat melamar pekerjaan. Khususnya dalam melamar pekerjaan, dokument-dokument seperti “Cover Letter”/Anschreiben, “Curriculum Vitae”/Lebenslauf, “Job Reference”/Arbeitszeugnis, dan yang lainnya, semuanya lebih bersifat subjektiv. “Cover Letter” terbaik bisa dicari di Internet dan diubah sedikit-sedikit sesuai dengan profil. “Curriculum Vitae” bisa dipenuhi dengan segala macam kegiatan. “Job Reference” pada umumnya isinya selalu positif. Sedangkan nilai dari FH atau Universitas lebih bersifat objektiv, karena yang menilai adalah beberapa dosen/professor dan melalui suatu system standard penilaian di FH atau Universitas.

Saya tidak bermaksud untuk tidak menyarankan memilih FH atau Universitas yang bagus. Tetapi setiap orang mengenal dirinya sendiri dan mengenal juga kemampuannya. Jadi menurut saya, dari pada sulit dan stress studi 6-7 tahun di FH atau Universitas yang bagus, akhirnya mendapat nilai yang kurang, dan juga sulit untuk mencari kerja karena nilainya kurang. Lebih baik, pilih FH atau Universitas yang menengah, nikmatin masa-masa studi yang lebih cepat dan usahakan untuk mendapat nilai sebaik mungkin. Setelah itu kemungkinan mendapat pekerjaan lebih mudah dengan nilai yang lebih bagus. Selain itu jika studi bisa lebih cepat selesai, artinya bisa mendapat pekerjaan 1-2 tahun lebih cepat. Jadi bisa menabung lebih banyak untuk keperluan-keperluan masa depan.

Posting ini belum tentu berlaku untuk semua orang dan untuk semua bidang studi. Ini hanya beberapa intisari dan pengalaman dari saya dan beberapa teman. Semoga bisa banyak membantu.

6 thoughts on “Universitas bagus vs. nilai bagus

  1. Rio Efraim

    Saya rencana mau lanjut kuliah di Jerman tapi masih bingung masuk universitas yang bagus

    klo boleh tau nama akun FB anda apa bro Steve?

    Reply
  2. panzerjerman

    mau nanya nih mas,… kira kira kalo sy lulusan dr universitas di indonesia trus mau lanjutin S2 di FH frankfurt, dan lanjut lagi di doktorat (Phd) di RWTH Aachen, bisa gak ya…? inti pertanyaannya kalo dari s2 FH bisa lanjut di S3 uni gak ya..? makasih

    Reply
    1. sjtirtha

      pada dasarnya S2 dari FH ga bisa langsung S3 di Uni. Saya dengar tapi itu juga tergantung Uni dan Profnya. Jadi kalo memang rencana ambil S3 mendingan langsung ambil Uni aja. Soalnya konsep belajar FH dan Uni cukup berbeda.

      Reply
  3. sara

    Halo mau tanya, S1 saya adalah SH, tapi saya lebih tertarik ke bidang seni, atau desain, atw kalo disini Desain Komunikasi Visual. saya berminat untuk sekolah seni ke German, kira2 saya mesti sekolah kemana, dan biayanya sekolahnya apakah gratis?

    terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>