TV dan 2 bungkus Gummibärchen

Satu hal yang saya suka di Jerman adalah “zu verschenken”, artinya untuk diberikan secara gratis. Di Jerman ada website-website yang jual atau “verschenken” barang-barang bekas, contohnya http://www.quoka.de/. Kalau dari ebay, bahkan ada page khusus untuk barang-barang “zu verschenken”, liat http://kleinanzeigen.ebay.de/anzeigen/s-zu-verschenken/c192. Hari ini ada orang yang mau “verschenken” TV, sebagai gantinya dia cuman minta Gummibärchen. TV yang diberikan gratis bukan LCD, tapi masih cukup bagus 29″ merek JVC. Untuk itu saya beli untuk mereka 2 bungkus Gummibärchen, satunya seharga 0,86 €. Buat yang tidak tau Gummibärchen, ini informasinya dari Wikipedia http://de.wikipedia.org/wiki/Gummib%C3%A4r. Kira-kira mirip seperti sugus di Indonesia.

Mengapa di Jerman banyak hal-hal seperti ini. Ada Sperrmüll, barang-barang yang biasanya dibuang oleh pemilik rumah, karena mereka tidak perlu lagi. Barang-barang ini biasanya ditaruh di depan rumah pada tanggal-tanggal tertentu, keesokan harinya ada truk yang mengambil barang-barang ini untuk dibuang. Karena buat mereka, daripada barangnya makan tempat, lebih baik dibuang. Ada “zu verschenken”, biasanya ini barang-barang yang masih cukup bagus kualitasnya, dan orang Jerman menyayangkan kalau barang-barang ini dibuang ke Sperrmüll. Karena itu mereka berprinsip, lebih baik diberikan ke orang lain yang lebih membutuhkan.

Ini cuman salah satu pengalaman kami dapat barang gratis, masih banyak pengalaman-pengalaman lain dari alat-alat dapur, kompor, mesin cuci piring, dan lain-lain. Teman saya ada yang pernah mendapatkan komputer Apple(1998) dan masih berfungsi. Selain itu juga saya jadi mulai belajar untuk memberikan barang gratis ke orang lain, kalau saya tidak membutuhkan barangnya lagi.

Saya pikir ini salah satu kultur orang Jerman. Kalau barang tidak dibutuhkan lagi dan tidak ada gunanya, artinya akan mereka buang. Kalau barang tidak dibutuhkan lagi, tetapi masih bisa digunakan orang lain, artinya mereka akan jual atau berikan secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>