Toserba di Jerman

Sering kali sehari-hari kita perlu berbagai macam barang dari lampu sepeda, alat tulis, sampai mata bor. Untuk setiap barang ini selalu ada toko khusus atau ada juga toko besar seperti Kaufhof dan lain-lain. Tetapi toko-toko ini biasa menjual barangnya dengan harga yang cukup mahal. Seperti saya bilang di post-post sebelumnya, alternativ lain bisa beli di Flohmarkt. Tetapi Flohmarkt juga tidak ada setiap hari. Selain itu belum tentu barang yang kita cari ada. Alternativ yang mau saya sebutkan di post ini adalah toserba, toko serba ada di Jerman.

Orang Jerman tidak menyebut toko ini sebagai toko serba ada. Tapi beberapa kali saya pergi ke toko-toko seperti ini, mereka punya jual segala macam, alat-alat kantor, alat tulis, mainan anak, bungkus kado, kaos kaki, alat-alat untuk membersihkan rumah, alat-alat tukang, barang-barang dapur, barang-barang jahit, dan masih banyak yang lainnya. Memang kualitas barang yang mereka jual sangat biasa-biasa saja, sampai ada yang kualitasnya tidak bagus. Tetapi sekarang untuk barang seperti bel sepeda atau buku catatan, siapa juga yang perlu barang berkualitas. Yang penting barangnya berfungsi. Karena itu sekali-sekali kalo perlu apa-apa saya pergi ke toserba karena bisa menghemat cukup banyak €.

Contoh toserba di Jerman adalah http://www.tedi-discount.com/, ini benar-benar seperti toserba. Ada juga http://www.kik-textilien.com/shop/, mereka lebih banyak jual baju, kualitasnya bajunya tetapi tidak begitu bagus. Ada juga http://www.woolworth.de/. Selain itu masih banyak toko yang biasa disebut toko 1€, karena sebagian besar barang yang mereka jual harganya 1€. Di provinsi-provinsi lain pastinya masih banyak jenis-jenis toko seperti ini.

Jadi lain kali perlu barang-barang keperluan sehari-hari yang tidak harus berkualitas, coba pergi ke toserba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>