Tips beli barang online di Jerman

Buat yang baru datang dari Indonesia, mungkin tidak terbiasa untuk membeli barang online. Sering kali juga orang Indonesia takut uang yang ditransfer tidak sampai atau barang yang dikirim tidak sampai. Apakah semua webshops bisa dipercaya? Bagaimana kalo barang yang diterima ada cacatnya? Dan masih banyak keraguan-keraguan lain, karena itu pada akhirnya kita lebih memilih beli barang langsung dari toko. Tetapi barang di toko biasanya lebih mahal dari pada di internet, karena mereka harus mencover biaya sewa toko, biaya pegawai dan lain-lain. Di post ini saya mau share pengalaman saya dan beberapa tips untuk membeli barang online.

Jaman sekarang hampir semua barang bisa dibeli online. Dari toko indonesia, beberapa kali saya pesan makanan dan juga makanan segar semua proses pembelian, pembayaran dan pengirimannya berjalan dengan lancar. Juga dari amazon, ebay, dan webshops lainnya saya belum pernah mengalami pengalaman jelek. Satu hal yang harus hati-hati yaitu beli mobil online. Sudah sering kali saya dengan dari orang-orang, di mobile.de sering kali ada penjual yang menawarkan mobil-mobil bermerek Mercedes/BMW/Audi dengan harga 30-50% dibawah harga pasar. Setelah dikontak, mereka memberi alasan kalo mobilnya ada di luar negeri, jadi untuk memasukan mobilnya ke Jerman dia perlu ada uang muka. Hati-hati dengan penawaran seperti ini.

Ok, kembali ke tema untuk membeli barang-barang yang lain online ada beberapa hal dan tips yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya saya mengambil contoh konrekt, yaitu misalnya saya berencana membeli kamera digital Nikon D3100. Link-link dibawah khususnya untuk barang-barang elektronik. Untuk barang-barang bukan elektronik, mungkin ada website lain yang lebih bagus.

Harga
Harga barang elektronik bisa berbeda dari satu penjual ke penjual lain sekitar 10-20%. Karena itu harga adalah satu aspek yang penting, terutama jika harga barangnya sudah melebihi 100 €. Harga barang juga tergantung supply. Contohnya Nikon D3100 buatan Thailand, beberapa bulan yang lalu ada banjir besar di Thailand sehingga barang ini tidak masuk Jerman untuk beberapa minggu. Saat itu harga barang ini naik pasaran naik sekitar 5-10%. Saya biasanya melihat beberapa sumber untuk mengetahui harga yang bagus, yaitu amazon.de, ebay.de, mediamarkt.de, idealo.de, guenstiger.de. Untuk notebook ada juga notebookbilliger.de. Website-website ini bisa dipercaya dan memberikan range harga untuk barang yang mau kita beli. Dengan mengamati beberapa hari website-website ini, kita bisa melihat perubahan harga dan kira-kira harga mana yang termasuk murah. Perlu diperhatikan apakah harga yang tercantum sudah termasuk semua biaya, pajak dan pengiriman. Dan perhatikan juga apakah barang yang dijual benar-benar barang yang sama. Perbedaan harga contohnya waktu itu untuk Nikon D3100 ada toko yang menawarkan 468 €, di amazon 490 €, di toko Mediamarkt 509 €.

List penjual
Amazon dan Mediamarkt/Saturn menjadi patokan saya karena mereka ini penjual yang bisa dipercaya secara barang yang dijual dan service yang mereka tawarkan. Selain itu kelebihan di Mediamarkt/Saturn, kita bisa datang ke tokonya dan melihat barangnya dulu sebelum kita berencana membeli. idealo.de dan guenstiger.de menawarkan service dengan men-list sebagian besar webshops yang menawarkan barang yang kita cari. Selain itu mereka juga menunjukan harga setiap webshop untuk barang tersebut, ini memudahkan kita untuk memilih penjual. Jika dari semua webshops harga di amazon/Mediamarkt/Saturn hanya beda sedikit sekali, saya anjurkan memilih salah satu dari ketiga penjual ini.

Menilai penjual
Kalo sampai memilih penjual yang tidak dikenal, saya biasanya mulai menilai penjual. Penilaian pertama adalah dari orang-orang yang sudah berpengalaman bertransaksi dengan penjual ini. Di ebay bisa dilihat apakah penjual ini memiliki penilaian yang bagus. Contoh penjual seperti dibawah ini sangat bagus dengan 100% positive Bewertungen.

Selain itu bisa juga dicek, apakah ini benar-benar toko atau orang pribadi yang hanya menjual barang. Untuk membeli barang elektronik dan cukup mahal saya lebih memilih beli dari toko dan bukan dari orang pribadi. Selain itu, toko yang serius biasanya mencantumkan alamat, nomer telefon, dan email. Lebih serius lagi kalo tokonya mencantumkan nama pemilik dan nomer pajak pemasukan(Umsatzsteuernummer).

Hati-hati membeli barang yang dikirim dari luar negeri. Satu kali saya pernah membeli barang yang dikirim dari Hongkong. Barangnya tidak sampai ke rumah, tetapi sampai di kantor bea cukai. Saya harus ambil barangnya di sana dan barang dicek, apakah barang palsu atau barang terlarang. Setelah itu saya harus bayar pajak tambahan dan biaya administrasi.

Kondisi pembelian
Pada dasarnya konsumen(Verbraucher) di Jerman sangat dilindungi hukum. Biasanya barang-barang elektronik baru di Jerman dijual dengan jaminan(Gewährleistung) 1-2 tahun. Jadi kalo dalam waktu 1-2 tahun barangnya tidak berfungsi karena kesalahan produksi, kita bisa meminta reparasi gratis atau barangnya diganti. Selain itu juga ada jaminan 14 hari barang kembali (Rückgaberecht). Toko yang serius biasanya mencantumkan persyaratan mengembalikan barang dalam waktu 14 hari(Widerrufs- oder Rückgabebelehrung).

Pembayaran online
Karena membeli online, artinya pembayaran juga online. Ada beberapa jenis pembayaran online. Pertama, Vorkasse artinya kita membayar sebelum barangnya dikirim. Pembayarannya biasa memlalui transfer lewat kasir bank atau lewat online banking. Kalo penjual sudah menerima uangnya, maka barangnya akan dikirim. Vorkasse ada risikonya, karena penjual menerima uang sebelum pengirim barang. Jadi kalo memang ada maksud tidak baik, bisa jadi penjual tidak mengirim barangnya. Kesulitannya, kalo ini sampai terjadi pihak bank juga tidak bisa dengan mudah menarik uangnya kembali, karena pihak bank tidak memiliki hak untuk mengambil uang. Tetapi pengalaman saya menggunakan Vorkasse dengan penjual yang serius selama ini baik-baik saja. Kedua, Einzugsermächtigung artinya kita memperbolehkan penjual mengambil uang dari bank kita sejumlah pembelian barang, jadi kita tidak perlu mentransfer uangnya. Jenis ini lebih aman sedikit, karena setahu saya pihak bank bisa membatalkan transaksi Einzugsermächtigung yang sudah terjadi. Nachnahme artinya pembayaran dilakukan setelah barang diterima. Biasanya pembayaran jenis ini lebih mahal, karena ada risiko untuk penjual. Paypal, jenis pembayaran ini cukup sangat aman karena Paypal menjamin keamanan pembayaran bagi pembeli dan penjual. Dengan Paypal penbeli membayar barangnya ke Paypal dan Paypal memberitahukan penjual kalo sudah ada pembayaran. Dengan ini penjual bisa langsung mengirim barang dan menerima pembayarannya. Kalo sampai sesuatu terjadi, kita sebagai pembeli bisa meminta uang kembali lewat Paypal.

Pengiriman barang
Karena barang yang dibeli online biasanya dikirim per post, pastikan kalo nama yang benar tercantum di kotak pos. Untuk lebih amannya kalo pengirimannya menggunakan deutsche post, lebih baik pakai Packstation. Untuk lebih jelasnya tentang Packstation lihat /bermasalah-dengan-kotak-pos-coba-packstation/

Gutschein
Ini tips tambahan, beberapa webshops menawarkan Gutschein gratis di Internet. Contohnya sekali saya pernah beli barang online di http://www.comtech.de, sebelum saya melakukan pembayaran, saya cari-cari di google “comtech gutschein” dan ketemu link ini http://www.sparwelt.de/gutscheine/comtech, waktu itu saya dapat Gutschein gratis untuk beli barang di comtech sebesar 10 €.

Semoga postnya bisa membantu untuk belanja online. Kalo ada tips dan pengalaman lain silahkan share di komentar.

8 thoughts on “Tips beli barang online di Jerman

  1. diansonata

    thanks, saya mau tanya, saya mau order barang di amazon.de, kebetulan saya punya gift card, nah untuk mengetahui bisa shipping internasional itu gimana ya? maklum say ngak bisa bahasa jerman

    makasih ya

    Reply
  2. murni

    Nice info mas
    Kalau sistem pembayaran disana misalnya untuk web amazon apakah harus wajib punya credit card seperti di web amazon usa? Apa bisa setor uang ke bank umum yg biasa dipakai masyarakat jerman untuk transfer? Atau ada cara lain? Terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Murni, sistem pembayaran di Jerman ada beberapa macam:
      1. Creditcard
      2. Paypal
      3. Debit
      4. Transfer

      Reply
  3. hasna amaturrahmani

    Good info nih, makasih banyak mas. Ohya aku mau tanya, disana biasanya kalau jualan online dimana aja ya mas? Terus hukumnya gimana ya mas kalau misal di jerman jualan online shop di instagram atau fb gitu kaya di indonesia kan banyak banget tuh. Trimakasiih sebelumnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>