Tips belajar bahasa Jerman

Bagi yang studi atau bekerja di Jerman, kemampuan bahasa Jerman sangat penting. Walaupun studi atau bekerja hanya dalam bahasa Inggris, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari bahasa Jerman. Memang benar untuk bertahan(survive) tinggal di Jerman, tidak dibutuhkan bahasa Jerman. Banyak rekan kerja saya dan juga orang-orang dari gereja berbahasa Inggris yang tidak berbicara bahasa Jerman. Tetapi untuk lebih bisa menikmati hidup di Jerman, kemampuan bahasa Jerman bisa sangat menolong. Dari hal-hal kecil, seperti belanja di Flohmarkt sampai mengurus surat-surat. Di post ini saya mau memberi beberapa tips yang membantu saya mengembangkan bahasa Jerman.

1. belajar dari anak kecil
Anak kecil adalah partner belajar bahasa Jerman yang sangat baik. Karena pertama mereka menggunakan kata-kata yang mudah dan mereka juga berbicara dengan pelan. Dengan demikian kita bisa dengan mudah mendengar dan mengerti apa yang mereka katakan. Selain itu pelafalan mereka juga bagus, jadi kita bisa belajar pelafalan bahasa Jerman yang benar. Alasan yang kedua, buat kita juga lebih mudah berbicara dengan anak kecil, karena kita tidak akan malu kalau kita berbicara salah.

2. mendengar dan membaca dalam bahasa Jerman
Di Jerman hampir setiap kota memiliki perpustakaan kota(Stadtbibliothek). Perpustakaan kota biasaya hanya memungut biaya tahunan sekitar 10-20 € dan tidak ada biaya untuk meminjam buku. Televisi Jerman juga menawarkan banyak acara bagus yang untuk membiasakan diri mendengar bahasa Jerman. Cari acara-acara TV yang menarik dan usahakan untuk benar-benar mengikuti perkataan dalam acara TV tersebut.

3. mengerti setiap kata Jerman
Dalam komunikasi sehari-hari, baik di kuliah atau nonton TV sering kali ada kata-kata baru yang muncul. Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah mengabaikan kata-kata tersebut, yang penting kita mengerti konteksnya. Saya biasanya mencatat kata-kata ini dan nanti kalau ada kesempatan dicari artinya di kamus, supaya lain kali bisa benar-benar mengerti dan menggunakan kata-kata ini dalam komunikasi sehari-hari.

4. banyak berbicara bahasa Jerman
Tidak ada gunanya kalau kita bisa mengerti bahasa Jerman, tetapi kurang mampu untuk berbicara bahasa Jerman secara terstruktur dan benar. Tips pertama cari teman orang asing atau orang Jerman yang bisa sering diajak berbicara dalam bahasa Jerman.  Tips kedua usahakan untuk selalu bertanya sewaktu kuliah, dengan demikian kita terbiasa untuk berbicara di depan umum.

Memang tips-tips ini, sepertinya tips-tips biasa yang sering kita dengar, tetapi kalau tidak dilakukan sehari-hari tidak ada gunanya juga. Kalau kita sehari-hari di Jerman terlalu sering bergaul dengan orang Indonesia, tidak heran kalau bahasa Jermannya tidak berkembang, yang berkembang adalah bahasa Jerman terbatas dengan dialekt Indonesia.

3 thoughts on “Tips belajar bahasa Jerman

  1. lalatx

    tolong dibahas juga tentang tips2 untuk mencapai DSH-2 bro :)
    rata2 uni di jerman mensyaratkan kemampuan bahasa jerman kita minim DSH-2 soalnya

    Reply
    1. sjtirtha

      hi, saya sendiri ga ada pengalaman DSH karena dari indo langsung masuk Studienkolleg. Sekilas saya lihat beberapa contoh soal DSH, kelihatannya tidak begitu mudah. Mungkin lebih sulit dari Feststellungsprüfung(ujian akhir) Studienkolleg. Kalo saya ada info dan tips lebih ttg DSH, akan saya share

      Reply
  2. Pingback: Cara Efektif Belajar Bahasa Jerman | Enmelania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>