Studi Informatik di Jerman

Salah satu tema yang paling saya kenal dengan baik adalah informatik. Karena sudah 10 tahun pekerjaan saya sebagian besar di depan komputer, baik selama studi dan juga sekarang sebagai software developer. Pada awalnya sewaktu saya ke Jerman, saya memiliki Zulassung(surat masuk Universitas) untuk jurusan mesin. Tetapi sejak saya di Jerman, saya lebih tertarik untuk informatik karena satu alasan, lebih mudah bikin software dari pada bikin mesin, karena modalnya cuman komputer. Di post ini saya mau membagi beberapa hal yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan, kalo ingin studi informatik.

1. Perkembangan bidang Informatik
Informatik adalah salah satu bidang yang masih sangat cepat berkembang. Sedangkan bidang-bidang lain seperti mesin dan elektronik sudah ada lebih dari 100 tahun yang lalu. Karena itu dua bidang ini sudah cukup matang. Sedangkan Informatik baru ada di Jerman sebagai bidang studi sejak tahun 70-an. Selain itu Informatik tidak memiliki keterbatas fisik seperti mesin dan elektronik. Semua bentuk informasi yang bisa diubah ke dalam bentuk binary (0 dan 1), bisa diproses dengan ilmu informatik. Karena itu jangan heran kalo studi Informatik bisa berubah-ubah dari tahun ke tahun. Di dalam dunia pekerjaan juga tugas-tugas kita di bidang IT bisa berubah-ubah dengan cepat. Karena perkembangan yang cepat, informasi tentang bidang Informatik di internet selalu up to date. Setiap kali saya ada masalah dengan komputer atau dengan software yang saya buat, saya selalu bisa mendapat jawabannya di internet.

2. Penjurusan bidang Informatik
Studi Informatik di Jerman ada beberapa macam. Ada studi Informatik yang menawarkan penjurusan dari awal, contohnya Networking, Medizininformatik, Bioinformatik, Wirtschaftsinformatik, dan lain-lain. Studi Informatik dengan penjurusan biasanya memiliki pembagian berbeda-beda, contohnya di Wirtschaftsinformatik di FH Furtwangen, kira-kira 40 % Wirtschaft(Business) dan 60% Informatik. Ada juga FH dan Universitas yang menawarkan penjurusan di semester 4-7. Jadi bidang studinya Informatik, tetapi nanti di semester 4-7 ada beberapa mata kuliah yang lebih mengarah ke beberapa penjurusan. Di dalam kasus saya, saya studi Bacheloer Informatik, setelah beberapa semester dan melalui pekerjaan sambilan, saya jadi lebih tertarik ke arah Wirtschaftsinformatik. Karena itu setelah Bachelor di Informatik, saya melanjutkan Master di Wirtschaftinformatik.

3. Pendalaman topik di dalam Informatik
Di dalam Informatik sendiri, selain ada penjurusan, ada juga yang saya sebut pendalaman topik. Pendalaman topik contohnya adalah Programming, Networking, Hardware, IT service, Quality dan lain-lain. Di dalam studi Informatik tanpa penjurusan biasanya semua topik-topik dasar ini dibahas. Tetapi setelah mengikuti mata kuliah ini, biasanya kita bisa mengetahui sendiri, kita lebih tertarik ke bidang yang mana. Contohnya saya dari awal tertarik Programming, karena itu di semester 4-7 saya mencari mata kuliah yang lebih banyak belajar tentang software engineering. Pendalaman ini membantu saya untuk lebih spesialist ke topik tertentu, supaya nanti dalam mencari pekerjaan juga bisa lebih terarah.

4. Belajar Informatik sambilan
Banyak juga orang yang lebih tertarik dengan bidang studi lain, tetapi mereka juga belajar Informatik sambilan. Biasanya bidang studi seperti mesin dan elektronik juga memiliki mata kuliah informatik untuk 1-2 semester. Karena Informatik adalah ilmu yang sangat tersebar luas dan terbuka, jadi ada juga kemungkinan untuk belajar Informatik tidak melalui studi. Saya mengenal banyak orang yang studi mesin, elektronik, fisik, matematik yang pada akhirnya sekarang bekerja sebagai software developer. Studi yang saya sudah jalani sendiri, terkadang saya rasa tidak cukup untuk kebutuhan kerja sehari-hari. Karena itu banyak hal yang perlu saya pelajari lagi sendiri.

5. Jenis-jenis pekerjaan di bidang Informatik
Jenis pekerjaan di bidang Informatik sangat beragam. Ada yang bekerja sebagai software developer, artinya pekerjaan membuat software dari tahap konsep, design, implementasi, sampai test. Ada juga yang bekerja sebagai IT consultant, pekerjaannya biasanya meng-customize software agar bisa digunakan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ada juga IT support, mereka biasanya menjadi kontak untuk customer, kalo ada masalah dengan software. Ada juga quality engineer, pekerjaan mereka biasanya meyakinkan kualitas software yang sedang dibuat, mereka mendefinisikan dan meng-eksekusi test-test yang diperlukan untuk software tersebut. Pekerjaan Informatik sangat beragam dan selain itu digunakan di segala industri, dari industri textil, mobil, sampai industri farmasi memerlukan orang IT. Karena itu lapangan pekerjaan IT sangat besar. Selain itu IT adalah salah satu bidang yang mudah untuk menjadi wiraswasta, karena modalnya hanya ilmu, pengalaman dan komputer.

6. Informatik sebagai hobi
Satu hal yang menarik dari bidang Informatik, saya kenal banyak orang dan juga termasuk saya sendiri, melihat Informatik juga sebagai hobi.  Jadi walaupun 8 jam bekerja dan programming di tempat kerja, tetapi sampai ke rumah masih ingin baca-baca artikel IT, programming, dan lain-lain. Sedangkan saya perhatikan di bidang lain jarang ada menjadikan pekerjaanya sebagai hobi. Karena itu tidak heran di bidang IT banyak keluar produkt-produkt seperti Facebook, YouTube, dan lain-lain.

Semoga post ini bisa memberi gambaran tentang Informatik untuk studi dan juga masa depan lulusan Informatik.

37 thoughts on “Studi Informatik di Jerman

  1. firman jufri yasin

    keren infonya mas,.. mau nanya nih. saya anak elektro arus kuat (Electrical Power System), rencana mau ngambil kuliah lanjut s2 ke jerman di FH/TU/TH/uni pada bidang teknologi informasi. kira kira bisa nggak ya kyk gitu..? maksud saya saya S2 di IT tapi background S1 saya di electrical, kira kira bisa di approve gak ya..?

    Reply
    1. sjtirtha

      dari beberapa FH dan Uni yang saya cek, mereka semua mensyaratkan S1 dari bidang informatik. Kalo kamu selama S1 di elektro banyak mata kuliah yang berhubungan dengan informatik, mungkin itu bisa membantu. Dicoba aja kontakt FH dan Uninya per e-Mail.

      Reply
  2. Alam wibawa

    Sebelumnya terima kasih untuk informasinya. Kebetulan mas jurusanya ke bidang informatika, saya juga sekarang sedang mengambil kuliah s1 teknik informatika di salah satu kampus swasta di bandung. Ternyata selama 4 tahun saya kuliah teknik informatika saya kurang tertarik dengan bidang ini apalagi bagian pemrograman atau kemampuan coding, kemampuan coding saya rendah tetapi untuk teori-teori informatika dan matematika saya masih cukup mampu. pertanyaanya adakah jurusan s2/master di FH yang prerequisite nya s1 teknik informatika tetapi mata kuliahnya tidak ada yang berhubungan dengan pemrograman/coding. terima kasih atas perhatianya

    Reply
  3. Adexon (@adex_on)

    Mas, saya mhsisawa S1 sistem informasi, apa saya bisa masuk graduate Furtwangen dgn background jurusan SI ini?
    bisa jelaskan lebih detail ttg Wirtschaftsinformatik itu ? btw saya lbh tertarik dgn Internet Engineering…jurusan & kampus mana yg cocok utk saya ?

    Reply
    1. sjtirtha

      Jurusan sistem informasi berhubungan erat dengan Wirtschaftsinformatik(business information), jadi harusnya bisa untuk masuk jurusan wirtschaftsinformatik. Wirtschaftsinformatik itu mempelajari penerapan dari ilmu komputer yang digunakan untuk business. Contohnya aplikasi business adalah accounting dan logistik. Yang tidak termasuk wirtschaftsinformatik contohnya game programming, network, operating system, dll. Kalo jurusan internet engineering coba cari aja langsung di daad.de

      Reply
  4. GrahaFauzi

    makasih infonya mas,
    saya mau tanya, saya rencana mau studi lanjut S2 di jerman. S1 saya informatik, dan saya bingung s2 nya mau mengambil spesifik WI , Infrmtik murni, bio infrmtik… sy lbh condong ke WI sih, krn pemrograman sya kurang kuat, dan lumayan tertarik dengan ekonomi, mnta pencerahannya mas untk penentuan studi lnjut s2 ny mau ngmbil apa, apa aja mungkin yang perlu dipertimbangkan, termasuk UNi/FH…

    Reply
    1. germany2study Post author

      Kalo programmingnya kurang kuat, mendingan ambilnya Wirtschaftsinformatik(WI). Karena setau saya Informatik dan Bioinformatik cukup banyak programmingnya. Selain itu kalo di bioinformatik, kamu juga perlu pengetahuan di kimia dan biologi. Kamu S1 dari Indonesia atau Jerman? Kalo dari Jerman Uni/FH? Pertimbangannya kalo kamu nantinya mau kerja, lebih baik ambil FH. Tapi kalo kamu mau jadi dosen atau kerja sebagai peneliti, lebih baik ambil Uni.

      Reply
  5. William

    Salam mas,

    Saya lulusan S1 of Electrical and Electronic Engineering di malaysia. Saya berencana melanjutkan study master di jerman. Tahap sekarang masih memilih university dan jurusan. Yang saya lihat dri beberapa university spt TUM dll, mreka tidak menawarkan program master untuk electrical atau electronic. Apakah saya boleh melanjutkan study ke jurusan yg berbeda spt mechatronic atau mechanical walaupun tidak ada latar belakang di S1?

    Regards,
    william

    Reply
    1. germany2study Post author

      Persyaratan untuk studi S2 di setiap universitas agak berbeda. Kalo mechatronic karena ini adalah gabungan dari Mehanical dan Electronic, sepertinya lulusan Electronic juga bisa melamar. Sebaiknya kamu cek langsung dengan universitasnya.

      Reply
  6. Ihkam Mahardika

    Terimakasih atas infonya sebelumnya.
    Kak, saya masih SMA kelas 3 nih, niatnya nanti setelah UN, mau ngambil kursus bahasa superintensif 6 bulan (utk dpt B1) trus lanjut studkoll di jakarta. maunya sih ngambil T-kurs. Bukannya pilihannya general ya kak? (T-kurs, M-kurs, W-kurs, G-kurs, S-kurs)
    trus kalau minat masuk T-kurs, apa kira2 yg harus di MANTEPin? danke

    Reply
    1. germany2study Post author

      Untuk T-kurs bidang yang akan dipelajari bahasa Jerman, matematik, fisika, kimia, dan informatika. Tapi setau saya ujian masuknya hanya bahasa Jerman dan sedikit matematik.

      Reply
  7. Verine

    Hallo kak, saya kan lulusan TI dari universitas di Bandung, tapi belakangan ini makin tertarik dengan komputer, jadi saya mau nanya :
    – Kalau mau ulang lg S1 IT di Jerman, apa harus ke studkol dulu atau bisa langsung ya? Trus apa ada syaratnya (misalnya IPK pas S1 kemarin, mata kuliahnya, dll)
    – Saya liat S2nya banyak yg minta S1nya dari computer science. Berhubung saya jg mau lanjut ke S2 nanti, kira-kira banyak ga ya jurusan S2 yg lanjut dari S1 IT?
    – Trus untuk jurusan S1 sendiri, mau minta saran, saya tertarik dengan web design/development dan pemograman/software, tetapi ga mau yg terlalu teoritis (spt computer science), jurusan S1 apa yg plg tepat ya? Soalnya saya ga begitu suka dengan yang terlalu ‘hitungan’?

    Sekian kk, terima kasih 😀

    Reply
    1. Verine

      O ya kk, ada tambahan, soalnya sy sdh baca replynya kl saya ga perlu studkol lagi, makasih :)

      Yg sy masih bingung, ntar mereka liat aplikasinya dari hasil sma atau kuliah? Soalnya kemarin IPK sy standar (ga jelek sih), trus untuk nilai ujian, nilai UAN sy rata2nya 8,6 (termasuk mat 9), trus utk rata2 ujian sekolah 6,6 (nilai Pancasila sama Fisika merah) trus ujian sekolah praktek rata2 7,3 (termasuk fisika praktek yg nilainy 8), apakah saya sudah bisa memenuhi persyaratan nilai > 6? Dan kira2, apakah ada FH (dg program studi IT) yg menerima nilai tsb? Terima kasih atas infonya selama ini, sangat membantu, jauh dibanding blog-blog atau website agen yg pnh saya baca sebelumnya :)

      Reply
      1. germany2study Post author

        Kalo sudah punya S1 kamu tidak perlu studienkolleg lagi. Beberapa universitas/FH ada persyaratan nilai. Iya S2 di sini selalu mensyaratkan kamu punya background S1 dari bidang yang sama. Tapi kalo kamu dari Tehnik Industri, mungkin kamu bisa coba masuk ke Business Information, tapi yang pastinya bidang studi ini tidak ke arah web design/development. Web design/development hanya sebagian kecil dari bidang IT/Informatika. Biasanya web design/development itu mata kuliah untuk 1-2 semester. Selain itu mata kuliah web design biasanya lebih ditawarkan dari fakultas design sedangkan web development lebih dari fakultas informatik. Kalo kamu mau studi yang banyak prakteknya harus ambil FH. Di universitas isinya biasa lebih teori. Kalo perlu masukan lebih silahkan hubungi saya lewat link kontakt.

        Reply
  8. Fauzi Haryo

    mas, saya tertarik mau mengambil S1 informatik di jerman. saya lulusan tahun ini, kira kira yg lebih bagus itu setelah studkol ambil di uni apa FH ya? saya pernah dengar kalo misalnya saya ambil FH lalu saya ingin bekerja di indonesia, FH tidak terlalu dipandang sebagai lulusan S1 ya? itu benar apa tidak ya? terima kasih sebelumnya 😀

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Fauzi, saran saya kalo kamu nantinya mau jadi masuk duni kerja lebih baik ambil FH. Tapi kalo kamu mau jadi pengajar atau peneliti lebih baik masuk Uni. Sayangnya memang perusahaan di Indonesia masih memilah-milah lulusan Uni dan FH, tapi itu juga tergantung perusahaan dan orang yang nantinya meng-hire kamu. Kalo di Jerman untuk masuk dunia kerja pada umumnya lulusan FH setara dengan lulusan Uni.

      Reply
  9. Sucipto Elnanda

    Assalamualaikum mas,, akhirnya saya bisa ketemu blog yang membahas jurusan IT dijerman,, makasih banyak mas ,, mas mau nanya neh,, saya lulusan s1 universitas dibandung,, alhamduillah sekarang bekerja sebagai software developer dijakarta,, nah rencana tahun depan saya mau lanjut s2 dijerman,,, saya suka programming apalagi yang lebih ke sistem informasi, database, security,, semua bahasa programming suka mas tapi nggak suka programming yang model model bikin game app,, nah bagusnyanya s2 ambil jurusan nya apa ya mas yang bisa terus mengaasah kemampuan saya dibidang itu??? satu lagi mas kampus yang bagus menurut mas apa ya??? sebelumnya terima kasih banget mas,,,

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Sucipto,

      maksud kamu sistem informasi itu seperti applikasi untuk bisnis(ERP/Enterprise Resource Plannung)? Kalo gitu sebaiknya pelan-pelan kamu cari ke arah SAP(www.sap.com). Memang jarang ada Universitas yang menawarkan pendalaman ke arah SAP, karena sistem SAP sangat sulit untuk disetup dan juga mahal. Tetapi 80% perusahaan besar di dunia pakai SAP. Jadi kalo kamu bisa SAP, kamu akan mudah dapat pekerjaan di mana-mana. Jadi saran saya, bagus kalo kamu mau mendalaman programming tapi juga ambilnya ke arah business information system. Jadi di sini namanya Wirtschaftsinformatik. Kampus di Jerman kualitasnya cukup merata, jadi tidak masalah kamu mau ambil di kampus yang mana. Yang mungkin bisa jadi pertimbangan kamu, kamu cari kota, di mana kamu juga nantinya bisa punya kesempatan untuk kerja parttime. Soalnya kalo kamu sudah bisa programming, nanti tinggal belajar bahasa Jerman saja, lalu untuk dapat kerja parttime programming jauh lebih mudah.

      Reply
  10. Rivaldo Seprianto

    Asslamulaikum mas, terima kasih buat informasinya. Saya sekarang lagi Sprachkurs di Aachen, dan pertengahan Februari ini saya akan melaksanakan Aufnahmetest untuk Studenkolleg di Zittau dan di Kaiserslautern. Saya ingin mengambil kuliah Informatik, di Kaiserslautern saya dapat Zulassung untuk T-Kurs dan di Zittau saya dapat W-kurs. Saya sekarang masih bingung nih mas dengan Wirtschaftinformatik. Bisa dijelasin ngak mas Wirtschaftinformatik itu apa, apa aj yang akan kita pelajari dan contoh-contoh pekerjaannya. Vielen Dank.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Wirtschaftsinformatik itu gabungan antara business dan computer science. Di negara-negara lain mungkin bidang studi ini namanya “business information system”. Biasa lulusan Wirtschaftinformatik lebih bekerja sebagai IT consultant, business process consultant.

      Reply
        1. germany2study Post author

          lulusan Wirtschafsinformatik banyak yang ambil spesialisasi di bidang SAP. Nantinya bisa bekerja di perusahaan mana saja yang menggunakan SAP system. Selain itu juga kamu bisa bekerja sebagai IT consultant di perusahaan seperti Logica, Accenture, dll. Kalo kamu mau bekerja di software vendor, ada perusahan seperti SAP.

          Reply
  11. alex

    salam,

    mau minta saran donk, untuk jurusan wirtscahfsinformatik di jerman ada di UNI mana yah?
    apakah jurusan tersebut juga ada di FH?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Jurusan Wirtschaftsinformatik juga ada banyak di FH. Menurut saya lebih baik ambil di FH, karena lebih mudah dan praksis.

      Reply
      1. alex

        danke herr, tapi kalau FH yang terbaik untuk Wirtschaftsinformatik ada di mana ya?
        lalu kalau misalnya dari Indo jurusan S1 adalah Teknik Komputer (networking) itu bisa ambil S2 apa ya di jerman? mohon saran dan bimbingannya :) ..

        Reply
        1. germany2study Post author

          Kalo kamu dari S1 teknik komputer, pastinya kamu juga punya pengetahuan dasar programming dan database kan. Kalo gitu lebih baik ambil Informatik. FH-FH di sini levelnya sama, jadi ga masalah kamu mau masuk FH mana juga.

          Reply
  12. Vivi

    Guten Tag, Herr Steve.
    Saya ingin minta saran untuk masalah studi informatik ini. Saya lulusan S1 Manajemen dan sudah bekerja sebagai Finance. Kalau saya ingin melanjutkan ke S2 wirtschaftsinformatik, apakah bisa? Atau lebih baik mengambil S1 lagi?
    Mohon sarannya.
    Danke

    Reply
    1. germany2study Post author

      Kalo sudah punya S1, lebih baik ambil S2 Wirtschaftsinformatik(WI). Tapi memang WI biasanya mensyaratkan kamu punya pengetahuan dasar mengenai Informatik, jadi kalo kamu sekarang bisa ambil beberapa kelas tambahan informatik, ini akan sangat membantu.

      Reply
      1. Vivi

        Dear Herr Steve,
        Noted atas sarannya. Kalau boleh tahu, Herr Steve juga mengambil Wirtschaftsinformatik kan? Biasanya kuliah tersebut mempelajari bahasa pemograman apa saja?

        Reply
  13. Destiawan_N

    terimakasih atas informasinya..
    saya kan lulusan S1 Sistem Informasi dan saya ingin meneruskan S2 di Jerman. yg saya ingin tanyakan, jurusan apa yg sesuai untuk melanjutkan S2 saya? apakah program Master of Computer Science in Business Consulting itu sesuai?
    mohon sarannya…

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Destiawan, untuk S2 Informatik ada beberapa penjurusan. Apakah MSc. in Business Consulting yang kamu sebut itu dari HS Furtwangen? Kalo kamu tertarik kamu bisa kontak saya langsung lewat link kontakt. Karena untuk jurusan Informatik saya bisa kasih banyak masukan.

      Reply
      1. Destiawan_N

        iya, saya ingin mengambil MSc. in Business Consulting di HFU Furtwangen.
        kalau begitu saya akan kontak supaya bertanya lebih jelas.

        Reply
  14. Iqbal

    kalau saya boleh tau, dijerman untuk bidang komputer yang mengarah ke teknologi informasi apa ada. karna rencana saya mau melanjutkan study untuk program doktoral (S3). dan dijerman untuk komunikasi menggunakan bahasa inggris atau lebih diutamakan bahasa jerman. thanks

    Reply
  15. Trisna

    Mohon info..anak sy skrg STK.ingin lanjut univ jurusan informatika..fia minat di AI/Artificial Intelegency.univ/FH yg py pengalaman mendalam di bidang tsb..trmksh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>