Service untuk studi di Jerman

Akhirnya adik ipar saya sudah mulai kuliah S2 dia di Frankfurt. Banyak hal yang bisa saya pelajari selama proses dia sampai bisa kuliah disini. Ada hal atau proses yang sama seperti waktu dulu saya mau mulai kuliah disini, ada juga hal yang berubah. Dia bercerita ada beberapa temannya yang mengalami kesulitan untuk mendaftar kuliah di Jerman, satu hal karena bahasa, atau pengiriman aplikasi yang memakan banyak waktu dan biaya, atau mencari program dan universitas yang cocok, dll. Ada beberapa yang menggunakan jasa agen yang memakan biaya sangat tinggi. Bukannya saya anti agen, tetapi kalau adik ipar saya menggunakan jasa agen dengan biaya setinggi itu, adik ipar saya sudah bisa membayar biaya hidupnya selama hampir 1 tahun.

Dengan alasan itu, saya ingin menawarkan bantuan untuk teman-teman atau adik-adik yang mau kuliah di Jerman. Saya menekan biaya seminimal mungkin, supaya siapa pun bisa menggunakan penawaran ini. Saya dan istri saya tinggal dan bekerja di Jerman, jadi saya juga bisa dihubungi saat teman-teman sudah tiba di Jerman.

Proses saat teman-teman masih di Indonesia

1. Pengiriman aplikasi ke sekolah-sekolah membutuhkan biaya dan waktu yang lama. Kalau aplikasi nya lengkap dan dikirim dari Jerman, aplikasi itu akan tiba tepat waktu. Keamanan pengiriman aplikasi juga lebih terjamin kalau dikirim dari Jerman.

Kalau Studienkollege yang anda ingin daftar menggunakan uni-assist, kami juga dapat membantu mentransfer uang pendaftaran tanpa dikenai biaya transfer.

2. Motivation letter dan CV merupakan salah satu faktor penting dalam satu aplikasi. Tiap sekolah menerima ratusan bahkan ribuan aplikasi dari berbagai negara, menurut saya, mereka tidak akan memroses semua lembar aplikasi, tetap mereka akan memokuskan pada motivation letter dan CV. Dari motivation letter dan CV, keahlian berbasa dan menyampaikan pendapat juga dapat dilihat. Jadi, dua hal ini cukup penting untuk dipertimbangkan.

3. Kita sebaiknya memilih sekolah yang sesuai dengan keadaan dan keinginan kita. Setiap orang mempunyai kondisi dan kemauan yang berbeda-beda. Ada yang mau sekolah saja di Jerman dan bekerja di luar Jerman, atau mau kuliah di kota besar supaya bisa dapat kemungkinan kerja student lebih tinggi. Atau ada juga yang tidak masalah kuliah di kota manapun, asalkan bisa lulus lebih cepat. Ada universitas/fh yang mempunyai jatah tempat duduk, jadi mereka memilih calon mahasiswa lebih ketat, ada juga universitas/fh yang mempunya jatah tempat duduk yang banyak. Saya mengerti kalau ini semua merupakan suatu topik yang asing bagi calon mahasiswa yang masih tinggal di Indonesia karena belum mempunyai pengalaman sedalam itu. Saya bisa bantu memadukan kondisi anda dengan tempat kuliah yang baik. Saya hanya bisa memberikan konsultasi, tetapi keputusan akhir tetap ditangan anda.

4. Selain hal-hal diatas, ada banyak lagi pertanyaan yang saya terima melalui blog ini. Saya akan meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman dalam waktu 2×24 jam.

Proses saat teman-teman sudah tiba di Jerman

Pertama kali tiba di negara orang itu cukup membingungkan. Ini pengalaman pribadi saya. Mulai dari bahasa yang beda, suasana yang beda, dan juga nervous yang kadang membuat semuanya jadi lebih membingungkan.

Update: sementara ini apartment yang kami punya sudah penuh!

Saya bisa menawarkan tempat tinggal sementara di dekat Heidelberg (15 menit naik kereta lambat dari Heidelberg). Heidelberg tidak terlalu jauh dari Frankfurt. Dengan kereta cepat, kota ini berjarak 1 jam 20 menit dari Frankfurt Airport. Apartment yang saya tawarkan sudah dilengkapi dengan meubel, perlengkapan rumah, dan peralatan dapur. Selama tinggal di apartment ini, teman-teman bisa berkonsultasi dengan saya secara langsung. Saya juga bisa membantu membuka rekening bank, asuransi kesehatan, dan daftar diri di balai kota. Harap diperhatikan, daftar diri sangat penting dan sebaiknya dilakukan secepatnya teman-teman tiba di Jerman. Service ini seperti homestay, jadi persediaan terbatas. Kami juga akan memperkenalkan kultur Jerman dengan jalan-jalan di kota Heidelberg, memperkenalkan sistem transportasi umum di Jerman, mendampingi belanja makanan dan keperluan sehari-hari selama minggu pertama.
Apartment yang kami tawarkan dilengkapi dengan dapur, ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, kamar mandi, balkon, dan taman. Dapur sudah dilengkapi dengan perlengkapan masak dan peralatan makan. Ruang tamu dilengkapi dengan TV, internet, dan sofa. Kamar tidur dilengkapi dengan tempat tidur, meja belajar, dan lemari pakaian.

Bagi yang tertarik dengan service diatas silahkan hubungin saya melalui http://www.studi-di-jerman.com/kontakt/.

Theresia & Steve