S1, S2 atau S3 di Jerman

Belakangan ini karena disibukkan dengan pekerjaan di kantor dan di rumah, saya tidak pernah kesempatan untuk membalas komentar-komentar yang ada dan juga menulis artikel baru. Artikel kali ini berkenaan tentang jenjang pendidikan yang bisa diambil di Jerman dan apakah semuanya banyak manfaatnya.

Banyak orang yang bertanya ke saya apakah lebih baik ambil S1 atau S2 di Jerman, atau mungkin S3. Setelah studi S1 dan S2 di Jerman dan sekarang sudah memasuki dunia pekerjaan selama 7 tahun lebih, ini pendapat saya mengenai tingkat pendidikan dan beberapa tips praksis untuk mengambil keputusan.

Kalo kamu lulus SMA, kamu harus sebaiknya S1, baik itu di Jerman atau di Indonesia. Jaman sekarang itu S1 sudah seperti SMA. S1 memberikan dasar berpikir yang cukup untuk nantinya bekerja di perusahaan. Tanpa S1 kemungkinan untuk mencari kerja sangat sulit. Bagaimana dengan D3/D4, kalo kamu ada kesempatan sebaiknya pindah ke program studi yang nantinya kamu bisa mendapat gelar S1. Karena S1 pada umumnya lebih diakui secara international. Di Jerman luusan D3/D4 kesulitan untuk melanjutkan S2 di sini.

Kalo kamu lulus S1 di Jerman, keinginan untuk mengambil S2, saya lebih menyarankan untuk langsung bekerja. Karena selama 2 tahun di dunia pekerjaan, kamu akan jauh lebih banyak belajar dari pada S2. Kecuali kalo kamu mengambil S2 dibidang yang berbeda. Pengalaman saya sendiri mengambil S2, karena saya berpikir masih ingin memperdalam bidang software development di S2. Memang ada banyak hal yang saya pelajari selama S2. Tetapi kalo saya bandingkan 2 tahun S2 dan 2 tahun bekerja. Saya akan lebih memilih 2 tahun bekerja. Karena dengan mengambil S2, saya telat 2 tahun masuk dunia pekerjaan. Artinya telat mendapat pemasukan tetap selama 2 tahun, telat mendapat pengalaman kerja selama 2 tahun, telat menikmati kehidupan bekerja selama 2 tahun.

Kalo kamu lulus S1 di Indonesia, ingin untuk mengambil S2 di Jerman. Kamu harus pertimbangkan, apakah kamu ingin nantinya bekerja di Jerman atau kembali ke Indonesia. Kalo kamu ingin bekerja di Jerman, sebaiknya mengambil program dalam bahasa Jerman. Karena untuk bisa bekerja di Jerman kamu harus bisa berbahasa Jerman, dan S2 di Jerman menjadi tempat kamu juga untuk belajar bahasa Jerman. Kalo kamu nantinya mau kembali ke Indonesia, kamu bisa memilih program bahasa Jerman atau Inggris. Studi S2 di Jerman juga bagus untuk kamu belajar bagaimana sistem belajar di Jerman, ini akan sangat membantu nantinya di dunia pekerjaan.

Kalo kamu ingin mengambil S3 di Jerman, baik kamu lulusan Indonesia atau Jerman, saya sarankan ambil S3 hanya kalo nantinya kamu mau bekerja sebagai peneliti atau dosen. Bagi yang benar-benar tertarik untuk mengambil S3 di Jerman ini menarik. Karena S3 di Jerman bukan program studi seperti pada umumnya. S3 di Jerman biasanya adalah posisi pekerjaan di Universitas. Jadi biasanya S3 kamu akan digaji dan kamu bekerja di Universitas sebagai peneliti dan asisten dosen.

Jadi apakah S1, S2, atau S3, pada intinya tergantung rencana kamu ke depannya. Apakah kamu nantinya ingin bekerja di Indonesia atau di Jerman. Apakah nanti kamu ingin bekerja di perusahaan atau di universitas.

98 thoughts on “S1, S2 atau S3 di Jerman

  1. Ayu Annisa

    malam, saya mau bertanya. kalau lulusan S1 di Indonesia dan ingin lanjut S2 di Jerman, apa saja persyaratannya? apakah saya harus punya pengelaman bekerja 2 tahun setelah S1 dulu, baru bisa melanjutkan S2? dari beberapa web yang saya baca, diharuskan punya pengalaman kerja 2 tahun, baru bisa S2 ke Jerman. Mohon bantuan jawabannya. Terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ayu,
      Persyaratan S2 di Jerman berbeda-beda. Ada yang minta pengalaman kerja, ada juga yang bisa langsung mulai setelah lulus S1.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, karena di Jerman biaya studi gratis, kamu harus menghitung studi kedokteran kira-kira 5-7 tahun + 1 tahun studienkolleg. Biaya administrasi per semester 200-300€, biaya hidup per bulan 500-600€.

      Reply
  2. markisa

    Malam. Mau tanya, berapa umur maksimal untuk ambil S3 di Jerman, dengan pemikiran bahwa saya dulunya adalah pekerja kantor, lalu lanjut S2. Saat lulus S2, umur saya adalah 41 tahun. Apakah bekerja di universitas sambil mengambil S3 memberikan pendapatan yang cukup untuk menghidupi keluarga? Terima-kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Di Jerman tidak ada batasan umur untuk S3. S3 di Jerman itu seperti bekerja, jadi kamu akan mendapat penghasilan. Penghasilannya tapi cukup minim untuk menghidupi keluarga. Biasanya mahasiswa S3 yang datang ke Jerman dengan keluarga, walaupun sudah berpenghasilan dari S3nya, kualitas hidupnya masih seperti student.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Di Jerman tidak ada ekstensi dari D3 ke S1. Jadi kamu harus mengulan lagi dari Studienkolleg. Lebih baik lanjutkan sampai S1 di Indonesia, lalu S2 di Jerman.

      Reply
  3. samsudin

    Maaf saya mau bertanya,
    Anak saya sekarang hampir sebulan di studiencoleg di Halle kemudian diterima di studiencoleg di Hannover.
    dia mau ngambil mechanical.
    Pertanyaannya :
    1. Perbedaanny apa ( Kekuranga/kelebihan) antara kedua studiencolle itu
    2. Mana yg lebih baik studiencolleg Halle atau Hannover…

    Terima kasih atas masukan dan bantuannya.

    Samsudin

    Reply
    1. germany2study Post author

      Saya tidak ada pengalaman dengan kedua studienkolleg tersebut. Satu hal yang bisa saya bilang, Hannover letaknya di Jerman barat, sedangkan Halle di Jerman timur. Kalo saya selalu lebih memilih untuk studi di Jerman barat. Mungkin yang bisa jadi pertimbangan adalah nantinya mau studi di universitas/FH di mana. Karena lebih baik cari Studienkolleg yang dekat dengan universitas/FH tersebut.

      Reply
  4. bagas

    hallo.. maaf sebelumnya.. saya mau bertanya, saya barusan lulus kuliah S1 kelas ekstensi ( dikarenakan saya kerja sambil kuliah ) umur saya 24 tahun, saya mempunyai impian bisa S2 lalu bekerja di jerman, planning awal saya, saya mau mengambil program au pair dulu ke jerman untuk batu loncatan saya S2 disana. kira kira bisa dikasih saran bagaimana langkah awal yg baik? apakah dengan plan au pair sudah cukup baik? dikarenakan saya juga perlu belajar bahasa jerman lebih bagus lagi.
    danke..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Bagas, apa alasan ambil program au pair dulu, apakah karena uang jaminan yang 8000 atau ingin belajar bahasa Jerman? Kalo mau lebih privacy bisa kontak saya langsung lewat link kontak.

      Reply
      1. ayu

        assalamualaikum saya sementara mau menyelesaikan S1 saya jurusan bahasa inggris n akan wisuda bulan 8 nnti. apakah di Jerman ada jurusan yang fokusnya ke jurusan pendidikan atau perkembangan anak. saya sangat tertarik utk meneliti perkembangan anak. mohon bantuannya saran penerimaan beasiswa atau langkah pertama yg saya ambil seperti apa n apakah saya perlu utk mengikuti program au pair

        Reply
  5. indraa

    malam
    saya lulusan akuntansi dan berencana ambil s2 di jerman. sya pernah denger klo jurusan akuntansi di jerman gak ada. saya mau tanya apakah bisa saya melanjutkan s2 Betriebswirtschaftslehre? makasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Iya bisa, saya ada beberapa teman yang lulusan akutansi, di sini lanjut S2 BWL. Terkadang persyaratannya juga tergantung setiap universitas.

      Reply
        1. germany2study Post author

          Maksudnya praktisi apa yah? Apakah maksudnya Internship? Kalo iya, FH/Uni tidak menawarkan Intership. Hanya perusahaan yang menawarkan Intership. Kalo kamu tidak berbahasa Jerman, agak sulit untuk mendapatkan Intership. Tapi tetap bisa dicoba.

          Reply
  6. fadhil

    Saya mau tanya. Saya sekarang kuliah S1 progam teknik sipil di indonesia. Rencana saya ada ketertarikan untuk melanjutkan progam S2 ke jerman. Saya butuh saran fh/uni apa yang bagus untuk melanjutkan progam studi S2 teknik sipilnya?
    Makasih sebelumnya

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Fadhil, kamu bisa cari di daad.de untuk program sipil S2. Selain itu saya lebih sarankan untuk melanjutkan S2 di FH.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Budi, pertama kamu harus cari dulu professor yang menawarkan S3 di jurusan yang kamu mau ambil. S3 di Jerman itu seperti bekerja, jadi untuk posisi S3 itu selalu ada lowongan pekerjaan.

      Reply
  7. Susan

    Halo. Saya baru lulus S1 di Indonesia, tapi saya ingin mengambil lagi S1 di Jerman. Usia sy skrng 22 tahun. Kira-kira siklus pembukaan pendaftaran universitas di Jerman dalam satu tahun itu di bulan apa aja ya? Apakah Bapak tahu ada kursus atau agency yang mempersiapkan student untuk kuliah di Jerman?

    Terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Susan, deadline pendaftaran uni di Jerman kira-kira selalu pertengahan Juli. Beberapa program studi juga ada yang deadlinenya pertengahan Januari. Untuk studi di Jerman kamu bisa urus sendiri, persiapan yang paling dibutuhkan adalah bahasa Jerman yang bisa kamu ambil di Goethe Institut.

      Reply
  8. Rifo Reynaldo

    Selamat Sore. Maaf saya mau bertanya. Saya lulusan D4 Perguruan tinggi kedinasan di Indonesia, dan saya berencana ingin melanjutkan S2 di Jerman. Apakah peluang S2 di Jerman untuk lulusan D4 seperti saya masih ada? tolong minta saran dan masukannya. Atau saya harus S1 dulu baru bisa lanjut S2 di Jerman? Terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Rifo, setau saya D4 di Jerman tidak diakui. Karena itu kamu harus ambil S1. Sebaiknya kamu lanjutkan sampai S1 dulu di Indo, lalu ambil S2 di Jerman.

      Reply
  9. Rifo Reynaldo

    Oiya, jurusan saya manajemen sumber daya aparatur di salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia. Terima kasih..

    Reply
  10. Annisa

    Hai kak aku mau tanya. sekarang aku kuliah S1 kedokteran gigi di indo, rencananya saya ingin ngelanjutin S2 di jerman dan kerja disana. kira2 uni apa ya yg bisa jadi rekomendasi dan biaya nya bagaimana. menurut teman saya yg sekarang sedang di jerman, kuliah pend. dok. gigi di jerman mahal, apa benar? makasih :)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Annisa, studi di Jerman gratis termasuk juga studi dokter gigi. Kamu bisa coba cek di daad.de universitas yang menawarkan jurusan kedokteran gigi. Lalu kamu kontak universitasnya, tanyakan bagaimana kamu bisa menlanjutkan kedokteran gigi di Jerman kalo kamu sudah punya S1 dari Indo.

      Reply
  11. Dewi

    Hallo…maaf saya mau tanya, saya ingin sekali melanjutkan studi S3 di Jerman…jurusan yang ingin saya ambil berkaitan dengan mikrobiologi/biologi. Kira2 di universitas mana yang sesuai untuk jurusan tersebut, biasanya kalo di Indonesia kan S3 lebih ke research dengan sedikit teori…kalau di Jerman bagaimana? dan apa yang harus di prsiapkan?

    Terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Dewi, S3 di Jerman itu seperti bekerja dan juga digaji. Jadi S3 pada umumnya ditawarkan langsung oleh professor yang memang punya lowongan pekerjaan. Karena itu kamu harus cek dulu pertama-tama universitas yang punya fakultas biologi, lalu dari sana kamu perlu cari lowongan pekerjaan. Untuk cari universitasnya kamu bisa cek di daad.de

      Reply
  12. Muhamad Indra

    Halo…saya mau tanya sekaranh saya sedang study s1 di indonesia jurusan sistem informasi,rencananya saya ingin menajutakan S2 di jerman dengan jurusan yg sama dan bekerja di jerman?apakah ada jurusan sistem informasi? Danke:)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Muhamad, jurusan sistem informasi kan mirip dengan Informatika yah. Di Jerman banyak jurusan seperti ini dan lowongan pekerjaannya juga banyak.

      Reply
  13. libertymeivert

    Menurut saya pribadi pada intinya kualitas individu yang menentukan, bukannya lulusan dari negara mana. Bisa saja seseorang yang menyelesaikan pendidikan di dalam negeri akan lebih berkualitas dengan lulusan luar negeri namun tidak mempunyai integritas kususnya menyangkut ilmu yang dia dalami. Begitu juga sebaliknya. Namun dari beberapa aspek tentunya mengenyam pendidikan di luar negeri akan sangat membantu pengembangan skil dan pengetahuan seseorang 😀

    Reply
  14. eka

    Selamat siang.
    Saya lulusan S1 Matematika di Indonesia, beberapa bulan setelah lulus saya memutuskan untuk bekerja. Tetapi saya juga punya impian bisa S2 dan bekerja di Jerman. Yang ingin saya tanyakan, universitas mana yang bagus untuk mengambil program S2 matematika atau S2 management bisnis (bisnis)?
    Terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Eka, kamu bisa cek dulu di daad.de untuk jursan matematika. Pada umumnya universitas di Jerman levelnya sama, jadi kamu harus lebih konkret liat isi program studinya.

      Reply
  15. teddy

    permisi bang/om, saya bentar lagi lulus S.Ked (sarjana kedokteran), dan saya ada niat untuk melanjutkan kegiatan (per-koass-an / internship assistant) di jerman, apakah bisa ? yang kedua seandainya memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan koass di luar negeri, saya berencana melanjutkan studi ke S2 yang masih berkaitan dengan dunia medis, apakah ada biaya masuk (semacam uang pangkal) untuk masuk ke universitas ? terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Teddy, kalo kamu sudah ada Sarjana Kedokteran kamu bisa koass di sini. Tapi artinya kamu perlu daftar langsung ke rumah sakit. Untuk itu kamu juga perlu level bahasa Jerman yang cukup untuk bisa berkomunikasi selama kerja praktek. Kalo tidak kamu juga bisa lanjutkan studi di sini. Kedokteran di sini tidak ada S1/S2, jadi kamu harus cek dengan pihak universitasnya langsung apakah S1 kamu bisa diakui sampai semester berapa. Di sini tidak ada biaya masuk.

      Reply
  16. aziza

    Hai pak,
    Saya lulusan s1 atmajaya USIA 24 dan ingin s2 di German dengan jurusan maritime law.. Saya ada beberapa bantuan
    1. Kira2 univ apa yg bagus untuk maritime law d German?
    2. Saya sudah dapat sertifikat B2, apakah itu cukup untuk kuliah?
    3. Apakah TOEFL juga d wajibkan?

    Terimakasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Aziza,
      1. Coba cek di daad.de
      2. Untuk S2 kamu akan perlu ijasah DSH, ini kira-kira se-level C1/C2
      3. Persyaratan Toefl itu tergantung universitas yang kamu pilih, tiap universitas bisa punya persyaratan yang berbeda

      Reply
  17. Alya

    Saya mau tanya. Sekarang saya masih kelas 1 SMA. Saat kuliah nanti level b.jerman harus B1 atau B2 jika saya mengambil kedokteran? dan Universitas di Jerman apa yang bagus untuk jurusan kedokteran?
    Terima Kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Alya, kamu perlu bahasa Jerman level B2. Universitas di Jerman levelnya hampir sama, jadi tidak ada banyak perbedaan dari kualitasnya.

      Reply
  18. salma

    Hallo kak,
    aku baru lulus SMA tanggal 23 may kemaren. Nah pengen banget kak kuliah disana kyknya tuh survive dan segala macemnya bner2 menantang, aku pengen ambil chemistry. tp kak mending S1 di indonesia ntar S2 baru abroad? atau S1 langsung ke jerman? Itu presentasinya ntar disana takut kikuk karna belum fasih bahasa inggris, apalagi jerman:(.
    mohon balasannya kak:)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Salma
      Kelebihan dan kekurangan s1di Jerman atau di indo sudah saya bahas di sini dan juga di artikel lain. Kalo menurut saya lebih baik s1 di Jerman

      Reply
  19. Wulanayu

    hai kak, maaf mau tanya, buat lanjut s2 ato specialis di bidang kedokteran gigi jerman. apa ada syarat nilai yang harus dipenuhi? kriteria nilai yang ditentukan oleh universitasnya sendiri? thankyu

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Wulanayu, sebaiknya kamu langsung cek website uni yg menawarkan kedokteran gigi. Karena di Jerman studi kedokteran agak berbeda.

      Reply
  20. Koko abraham

    Pak..mohon ceritain tentang waktu rata2 lama studi master di jerman?? Prosentase keberhasilan mahasiswa indonesia di jerman dalam menyelesaikan masternya, apakah tepat waktu atau gmn? Traumadosenkiller# :) ty

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, rata-rata studi master di Jerman 3-4 semester. Dari pengalaman yang sering saya dengar, kebanyakan yang master di FH lebih mudah untuk berhasil.

      Reply
  21. santi

    salam ka
    saya sekarang masih menjalani studi di institut negeri di Indonesia jurusan Farmasi program S1.
    saya berencana setelah saya lulus, saya akan ambil apoteker dan lanjut S2 di german.
    saya ingin menanyakan, apakah S2 farmasi di german akan memberikan peluang besar saya untuk bisa bekerja di sana setelah lulus?
    dan apakah banyak lulusan S2 farmasi german yang berasal dari Indonesia?

    mohon balasannya ka, terimakasih :)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Santi, saya sampai sekarang belum pernah dengar orang Indonesia yang ambil Farmasi di Jerman. Tapi peluang lulusan Farmasi dari Jerman untuk bekerja pastinya besar.

      Reply
  22. ayu

    Hi kak. Sy baru2 ini ketrima di poltek D4 adm bisnis trus d4 utk lanjut s2 di jerman katanya sulit dan sy skrg udh level b2,
    -Apakah sy tetap bisa ngelanjutin study sy yg di poltek itu sambil studienkolleg di indo?
    -dan setelah lulus ngambil s1 VWL di jerman? Atau
    -sy bisa ngulang s1 di jerman dgn jurusan yg sama? Mohon balasannya. Danke

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ayu,
      Setau saya Studienkolleg itu full time. Jadi kamu akan sulit untuk kuliah di Poltek dan juga Studienkolleg.
      Kalo kamu berencana untuk S2 di Jerman, kamu tidak perlu Studienkolleg lagi. Tapi kamu perlu cek apakah D4 kamu disetarakan dengan S1 di Jerman atau tidak.

      Reply
  23. ali ridho

    Selamat sore, mohon informasinya. Saya sedang mengerjakan thesis s2 di fakultas hukum. Saya ingin melanjutka s3 ke jerman. Kebetulan istri saya juga sedang kuliah s2 dan nantinya ingin sekloah di jerman. Istri saya di fakultas psikologi. Apa saja yg harus kami persiapkan agar saya dan istri saya bisa kuliah sama2 di jerman. Terimakasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ali, persiapan paling penting untuk studi di Jerman adalah bahasa Jerman. Apalagi untuk S2/S3 persyaratan bahasanya minimum level C1. Jadi kamu dan istri sudah bisa mulai kursus bahasa Jerman.

      Reply
  24. Tasya Gustiyana

    Selamat malam kak. Saya mau tanya, sekarang saya sedang menempuh jenjang pendidikan SMK jurusan farmasi. Jika saya ingin kuliah S1 kedokteran di jerman bisa tidak? dan soal biaya dalam rupiahnya berapa kak? Terus universitas mana yg menurut kakak paling bagus? Mohon bantuannya kak. Terimakasih.

    Reply
  25. Lola

    Hi ka , aku mau tanya aku kan saat ini baru masuk kuliah S1 jurusan ilmu komunikasi tapi aku kuliah sambil kerja umur aku 19 tahun, aku punya rencana bisa S2 lalu bekerja di jerman atau langsung bekerja disana, tapi planning awal aku mau ngambil program au pair dulu ke jerman untuk batu loncatan aku S2 atau kerja disana. kira kira bisa dikasih saran bagaimana langkah awal yg baik? apakah dengan plan au pair sudah cukup baik? dan apakah bisa kalau lulusan S1 di indonesia bisa langsung bekerja disana? tolong ka sarannya untuk pertimbangan karena lulus S1 pun aku masih agak lama jadi masih bisa di pertimbangkan. Makasih

    Reply
  26. umar

    Hi, saya sudah punya gelar s1 dari indonesia dan ingin mengambil s1 lagi di jerman. Setelah saya baca2 di blog ini, saya tidak perlu mengambil studienkolleg lagi, tapi masih butuh sertifikat kursus B1/B2. Saya sudah googling sebelumnya dan nemu bahwa oleh anabin, universitas asal saya diakreditasi H +/-

    Lalu bagaimana praktiknya saya mendaftar ke uni tujuan saya?
    any idea tentang website yang bisa saya ubek2?
    apa kasus seperti ini banyak?

    Danke..

    Reply
  27. Erna Puji Susanti

    Hallo , selamat sore
    Nama saya Santi.kebetulan saya tinggal di Munich.mohon bantuan informasinya karena saya tidak tahu pasti.
    Rencana saya mau mengambil adik saya yg lulusan S1 perawat .untuk saya sponsoringin datang belajar bahasa Jerman kemudian bekerja di Hospital di pantai jompo.yg saya tahu , mereka butuh banyak perawat .tapi yg saya tdk yakin pertama visa apakah yg harus adik saya minta nanti di Embassy Germany?
    Dan kenapa dua apakah dengan S1 perawat ( tanpa surat ijin perawat ) dpt diterima di kedutaan Jerman ataupun diakui di Jerman ? Maaf karena menurut adik saya klau sudah lulus S1 perawat harus melanjutkan ke ners 1,5 thn untuk mendapatkan surat ijin perawat .sementara adik saya tdk meneruskan dan ingin bekerja di Jerman.
    Mohon saran dan informasinya.
    Saya ucapkan terima kasih sebelumnya .
    Liebe grüße

    Reply
  28. azizah

    Assalmualaykum, saya mahasiswa baru di indonesia tahun ini, saya ada rencana melanjutkan s2 di jerman, pertanyaannya pertama adl persiapan matang apa saja yg bisa saya lakukan dr sekarang agar kelak setelah wisuda nanti bisa langsung lanjut studi s2 di jerman tanpa menunggu lama. Pertanyaan kedua adl di negara mana dr uni eropa yg meluluskan lulusan terbaiknya dalam jurusan sosial? Trims

    Reply
  29. lily beti

    selamat sore putra saya tahun 2016 lulus sma ingin ambil kedokteran d indo dulu dokter umum kemudian ntar baru ke jerman biasanya butuh berapa lama untuk spesialist di jerman trus kalau tidak di indo dulu langsung ke jerman kedokteran total brp lama dan kira kira biaya brp yang haru saya sediakan sampai dia lulus dan apakah kalau tamat sma langsung dokter ke jerman sewaktu waktu pulang ke indonesia bisa langsung praktek atau kuliah lagi? trims

    Reply
  30. Yudha

    Saya ingin bertanya jika saya mau melanjutkan studi politik S2 di jerman dimanakah universitas yg cocok dengan program bidang studi tersebut. Terima kasih

    Reply
  31. Firly

    Salam ka,
    Saya sedang kuliah S1 jurusan manajemen. Berniat lanjut S2 di jerman. Dan sedang mengikuti kursus jerman. Saya mau tanya,
    1. apa saja syarat2 yang harus saya siapkan untuk dokumen S2 dijerman. Dan step/langkah awal sampai akhir apa saja yang harus saya lakukan jika saya tidak memakai agen?

    2. Mohon penjelasan lebih tentang au pair itu apa dan saya bisa mendapat au pair yg terpercaya dari mana?

    Terima kasih banyak atas informasi dan kesediaannya :)

    Reply
  32. Fadelvariza

    Selamat malam, mohon informasinya, kalau misalnya saya mau ngambil jurusan ekonomi akuntansi dijerman dan mau bekerja di perusahaan indonesia apakah bisa? Apakah perbedaan standar ekonomi di jerman dan di indonesia bisa menyulitkan bekerja di indonesia ketika selesai lulus?

    Reply
  33. Yo athan

    Selamat siang. Mohon informasinya. Saya mahasiswa lulusan S1 jurusan Akuntansi di Jakarta. Tahun depan berniat untuk lanjut S2 di Jerman tetapi saya ingin sekolah bahasa dulu di Jerman minimal 1 tahun. Saya mempunyai keluarga di Frankfurt yg siap mendaftarkan Sprachschule dan menanggung biaya hidup selama saya di sana. Pertanyaannya jika saya ingin mengajukan Visa Pelamar Studi ada syarat Bukti Rekomendasi dari UNI/Studkoll atau UNI ASSIST, apa yang harus saya lakukan jika saya tidak ada bukti tsb? Terima kasih.

    Reply
  34. laila

    mohon informasinya. sy mngambil s1 pendidikn bahasa dan sastra indonesia. saya rencna mau s2 dulu di bidang manajemen pendidikan. saya pengin kuliah di luar negeri, tapi kalau dari jurusan s1 saya kok kayaknya susah ya? saya baiknya bagaimana ya? terima kasih..

    Reply
  35. FAF

    Hi.. Saya sebentar lagi lulus S1 Indonesia jurusan Computer Science … Apakah program lanjutan yg sesuai untuk S2 di jerman ?
    Apakah perkuliahan bisa hanya menggunakan bhs inggris ?

    Reply
  36. jessica arta

    halo kak saya mau tanya, untuk yang S1 di Indonesia dan mau lanjut S2 di jerman jurusan Nutrisi dan food science universitas mana yang menyediakan program bahasa inggris ya ? Terima kasih banyak :)

    Reply
  37. Kasper

    Ka aku mau nanya rencana kalo udah lulus mau ngelanjutin studkol Di german atau yang di tanggerang, syarat bisa di terima di studkol german sama ke uni, ngaruh ga sama nilai rapot kelas 10,11? Soalnya nilai aku ada yang jelek beberapa tapi pas kelas 12 nilai rapot aku ga ada yang merah itu ngaruh ga? Kan setau aku syaratnya cuma nilai un doang dan kalo pas pasan 6 aja un nya bisa kan? Makasih

    Reply
  38. firza syafira

    saya sekarang sedang menempuh d4, dan ingin s2 ke german. tapi, disebutkan kalo dari d4 untuk s2 ke german susah. bisa tolong diperjelas ngga, susahnya kenapa? kira-kira masih ada kemungkinan ngga untuk bisa kuliah s2 di sana kalo dari d4?

    Reply
  39. didan

    Saya itu sebenarnya masih kelas 9 tapi saya mulai khawatir dengan masa depan saya kak. Bapak saya nyaranin masuk perminyaann. Saya mau nanya apakah setelah selesai s1 di indonesia sarjana perminyaan itu gampang terserap pekerjaan. Kalo langsung s2 kasihan ortu biar bisa nafas sejenak buat biayanya..dan minta saran PT di indonesia mana yang terbaik (sama mas.e alumni mana)

    Reply
  40. Anifatul Hidayah

    Saya s2 manajemen pendidikan.
    Ingin me lanjutkan s3 manajemen pendidikan pula. Apa Di Jerman Ada jurusan yg Lanier dng study saya.
    Pernah saya Cari, tidak ketemu Di Jerman untuk jurusan itu. AtAu mkn Nama nya Berbeda. Untuk orang yg nantinya bekerja Di Kementrian pendidikan Apa bidang ilmu yg harus Di kuasai Di Jerman ? Makasih

    Reply
  41. Abu

    Hi Salam! Terimakasih informasinya, sangat berguna. Ada yang mau saya tanyakan sebenrnya karena setelah saya cari di internet jarang saya temuin. Saya sedang kuliah Teknik Industri nih, pengennya sih s2 teknik industri juga di jerman. Sulit ga kak untuk kuliah teknik disana? terus untuk jaminan keuangan, kita harus punya tabungan disini minimal berapa yah?

    Thanks…. :)

    Reply
  42. Misda

    Hi kak, salam kenal… saya mau tanya, apakah di jerman ada jurusan master pendidikan matematika kak? Kalau ada universitas apa ya…
    mkasih kak…

    Reply
  43. Valeria

    Hallo,
    Saya mhsiswa magister profesi psikologi-klinis, saat ini saya sedang Tesis dan mau melanjutkan s3 dijerman, kira2 universitas mana yg ada jur. Psikologi klinisnya? Danke,…

    Reply
  44. Luqman izzudin

    Mau tanya program studi s2 farmasi di jerman ada universitas apah ajh ya.., ? Bantu informasinya cara mudah masukk s2 farmasi di salahsatu universitas di jerman..

    Reply
  45. Rama Maulana Putra

    Kak, saya sekarang sudah terlanjur masuk Politeknik Negeri Bandung dan mengambil studi D4. Tapi saya memiliki rencana untuk lanjut S2 ke Jerman, memang ini tidak disarankan, tapi apakah lulusan D4 masih mempunyai kesempatan untuk lanjut S2 disana? Kalo bisa, bagaimana langkah2nya?

    Reply
  46. Wahyu Budi A. K

    Hi mas..
    Saya lulusan S1 Sistem Informasi ingin lanjut ke S2 di jerman tp saya ada ketertarikan kuliah teknik, apakah memungkinkan saya yg sudah 27th, kuliah ulang S1 jurusan teknik? dan rekomendasinya kampus apa ya?
    terima kasih.

    Reply
  47. Muhammad Aziz

    Selamat Sore sebelumnya saya aziz ingin menanyakan saya lulusan s2 indonesia rencana ingin melanjutkan s3 di jerman dibidang linier komunikasi juga atau ingin beruf di jerman , ekspektasi jerman sendiri utk lulusan s2 di indonesia bagaiamana ya untuk peluang kerja dan melanjutkan s3 di jerman.
    Kemudian apakah ada beasiswa dari stiftung dari jerman sendiri (seperti yayasan) mengenai riset untuk s3 tentang permasalahan ilmu sosial dalam ranah ilmu komunikasi
    Dan kemampuan bahasa deutsch yg diperlukan apakah cukup di A1 , kemudian di perkuat dengan English nya
    atau kemampuan bahasa deutsch nya harus sampai di B1
    Mohon Infonya

    Viele Danke

    Reply
  48. Navy

    Mas, saya butuh saran.
    Setelah lulus S1 di Indonesia, lebih baik bekerja dulu beberapa tahun atau langsung tembak S2 di Jerman?

    Reply
  49. Kaleb Hasian

    Selamat malam pak,
    Saya sedang mengurus dokumen2 untuk kuliah di Jerman, dan kemungkinan akan berangkat bulan Nov 2016 setelah mendapat visa. Saya akan mengambil jurusan politik disana, dan rencana saya, saya akan kembali lagi ke Indonesia. Kira2 dengan pelajaran politik yang saya dapat disana, apakah bisa diterapkan di Indonesia?

    Trms

    Reply
    1. germany2study Post author

      Yang dipelajari di Uni kan theory dan konsep2nya. Apalagi kalau bidang politiknya yang international. Bisa diaplikasikan di negara mana saja.

      Reply
  50. ANIK YENNI

    Hi, Salam

    Saya ingin tanya, saya lulusan D4 Sekolah Pariwisata, untuk study S2 ke German saya harus mencari S1
    Saat ini saya bekerja di sebuah resort, pertanyaan saya :
    1. Apakah jurusan yang saya ambil harus sesuai dengan pendidikan dan pekerjaan sebelumnya
    2. Apakah ada batas umur untuk melanjutkan sekolah S2 di German

    Terimakasih dan Salam

    Reply
  51. ANIK YENNI

    Hi,

    Maaf satu lagi pertanyaan saya
    Karena saya D4 jurusan managemen kepariwisataan dan kemungkinan tidak banyak yang menawarkan jurusan tersebut
    saya akan mencari enemph kesetaraan S1, untuk pemilihan jurusan apakah saya harus mengikuti jurusan tersebut ataukah saya bisa mengambil semisal jurusan managemen

    Terimakasih dan salam,

    Reply
  52. himawan sukoco

    permisi mas, saya mau nanya, yg pertama ,kalo lulusan d4 bisa lanjut s2 di jerman apa tidak yaa? yg kedua, kalo lulusan s1 tapi sebelumnya d3 dulu, itu yg dilihat ijasah s1nya aja apa duaduanya mas? thank’s :)

    Reply
  53. AHMAD FADHLIK

    selamat pagi. sebelumnya saya mohon untuk arahan dan masukannya. saya mau bertanya, saya baru lulus kuliah S1 Teknik Industri, sekarang saya berusia 23 tahun, rencana saya mau lanjut S2 di jerman, rencana awal saya, saya mau mengambil program au pair dulu ke jerman. setelah ikut program au pair baru melanjutkan studi S2 nya. bagaimana langkah awal yang paling baik? apakah dengan rencana au pair sudah cukup baik? dikarenakan saya juga baru memulai kursus bahasa jerman.

    Reply
  54. Fachrul

    Assalamu’alaykum pak. Saya ingin bertanya. apakah untuk lanjut S2 bidang Engineering di Jerman harus lulusan ITB/Ui ? Soalnya kata teman saya, ijazah S1 dosen saya dari kampus yang gak top-top amat di Indonesia itu ditolak mentah-mentah disana. Btw dosen saya dulu kuliah di Hamburg, tapi dia ngulang lagi ngambil program diploma, baru bisa ngambil program S2. Mohon dijawab pak.. terima kasih

    Reply
  55. Niko

    Salam kenal,

    Saya mau tanya nih, saya umur 35 tahun saat ini dan saya berencana mau ambil S1 di jerman, apakah dari faktor usia saya masih bisa diterima sebagai undergraduate student di jerman?

    Terima kasih

    Niko

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>