Proaktiv cari info untuk studi di Jerman

Sebelum saya lanjutkan dengan post-post berikutnya, saya mau kasih satu tips penting untuk persiapan dan masa studi di Jerman. Selama 11 tahun di Jerman , menurut saya ini tips yang sangat penting.

!! PROAKTIV CARI INFORMASI SENDIRI !!

Karena proses persiapan studi dan juga masa selama studi di Jerman adalah sesuatu yang cukup komplex dan sering kali orang-orang mencari jalan yang mudah untuk mendapat informasi ini. Informasi mengenai studi di Jerman bisa didapat dari berbagai macam sumber, contohnya dari blogs orang-orang yang pernah studi/sedang studi di Jerman. Juga mungkin informasi bisa didapat dari teman atau keluarga yang sudah pernah studi di Jerman. Atau dari agent-agent yang membantu untuk process studi ke Jerman. Kaskus.us juga memiliki forum khusus tentang studi di Jerman. Juga saya kira sekarang ini banyak buku-buku berbahasa Indonesia mengenai studi di Jerman. Goethe Institut juga sumber yang bagus untuk persiapan studi di Jerman. Dari pengalaman saya orang-orang yang mempersiapkan studi di Jerman, biasaya menggunakan sumber-sumber di atas. Karena semuanya berbahasa Indonesia, jadi informasinya sangat mudah untuk dimengerti.

Semua sumber di atas sangat bagus, tetapi semua informasi harus diverifikasi konteks dan masa berlakuannya. Dan saya juga menganjurkan untuk memverikasi isi blog ini. Karena itu saya menyarankan !! PROAKTIV CARI INFORMASI SENDIRI !!. Khususnya sekarang di jaman internet, semua informasi bisa ditemukan di internet. Informasi mengenai Studienkolleg, FH atau Universitas yang akan dituju, letaknya di mana, dekat kota besar apa dapat ditemukan dengan mudah di Internet, sebelum kita melamar ke sekolah atau kota yang tidak nyaman. Juga proses melamar program studi dipaparkan dengan jelas di website FH dan Universitas. Struktur website FH dan Universitas di Jerman pada umumnya sangat jelas, sehingga cukup mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Dari 2 FH yang saya kenal, saya bisa menemukan mata kuliah apa saja yang ditawarkan dan juga isinya. Jadi saya bisa lebih mengetahui, apa ini studi yang saya inginkan atau bukan. DAAD juga memberikan informasi sangat bagus tentang studi di Jerman untuk orang asing. Salah satu sumber bagus adalah wikipedia.de. Wikipedia Jerman dikenal sebagai informasi paling terpercaya untuk mencari informasi tentang kota yang dituju, informasi tentang Studiengeb├╝hren, dan juga banyak informasi lainnya. Yang membuat orang Indonesia malas mencari informasi dari sumber-sumber yang saya sebutkan adalah karena semua informasi dalam bahasa Jerman atau Inggris. Tapi justru di sini saya sarankan sangat baik juga untuk melatih bahasa Jerman dan Inggris.

Dengan memiliki banyak informasi dari berbagai sumber akan lebih mudah untuk mengerti proses studi di Jerman dan untuk menghadapi masalah-masalah yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>