Pertanyaan tentang Studienkolleg

Di post yang sebelumnya “Apa itu Studienkolleg?” saya membahas secara umum mengenai Studienkolleg. Post yang kali ini saya akan membahas beberapa pertanyaan spesifik mengenai Studienkolleg dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar ke Studienkolleg dan selama di Studienkolleg.

Kurs-kurs di Studienkolleg
Karena Studienkolleg ada persiapan untuk masuk universitas, artinya pelajaran di Studienkolleg juga sudah diarahkan berdasarkan program studi yang kamu pilih sewaktu melamar ke universitas. Di Studienkolleg ada 5 Kurse(penjurusan), tetapi tidak semua Studienkolleg menawarkan 5 Kurse ini. 5 Kurse ini adalah:
1. M-Kurs: Untuk studi kedokteran, biologi, dan farmasi
2. T-Kurs: Untuk studi tehnik dan mathematik (arsitek, tehnik kimia, biotechnologi biasanya juga masuk ke sini)
3. W-Kurs: Untuk studi ekonomi dan ilmu sosial
4. G-Kurs: Untuk studi bahasa (termasuk bahasa Jerman) dan seni
5. S-Kurs: Untuk studi bahasa (S-Kurs dan G-Kurs sering kali digabung)
Untuk Studienkolleg FH ada juga Kurse seperti diatas, tetapi pada dasarnya mirip seperti Studienkolleg Universitas.

Pilih Studienkolleg FH atau Universitas?
Studienkolleg pada umumnya bagian dari Universitas atau FH. Karena itu ada Studienkolleg FH, artinya lulusannya hanya bisa melanjutkan ke FH. Dan ada Studienkolleg Universitas, lulusannya bisa melanjutkan ke FH dan Universitas. Setau saya walaupun ada perbedaan ini, tetapi materi dan tingkat kesulitan kedua jenis Studienkolleg ini sama. Karena itu tips dari saya, sebaiknya diusahakan untuk masuk Studienkolleg Universitas, kalo nantinya mau masuk ke Universitas. Tidak semua Universitas dan FH memiliki Studienkolleg, karena itu untuk Universitas dan FH yang tidak memiliki Studienkolleg mereka akan menggunakan Studienkolleg yang ada di provinsi yang sama.

Kapan pendaftaran ke Studienkolleg?
Jadwal pendaftaran ke Studienkolleg berbeda-beda. Karena itu kamu harus mencek website dari setiap Studienkolleg. Studienkolleg pada umumnya bisa dimulai di Sommersemster(musim panas) sekitar bulan Maret atau Wintersemester(musim dingin) yaitu sekitar bulan September. Contohnya di website TU Darmstadt untuk Studienkolleg di Darmstadt: http://www.stk.tu-darmstadt.de/tkurs_stk/bewerbung_tkurs_stk/index.de.jsp. Pendaftaran di Studienkolleg Darmstadt untuk Sommersemester sampai 15 Oktober dan untuk Wintersemester sampai 15 April.

Berapa biaya Studienkolleg per semester?
Biaya yang ada untuk Studienkolleg sama seperti biaya di Universitas, yaitu Semesterbeitrag(biaya administrasi). Biaya ini berbeda-beda di setiap Universitas dan FH. Contoh Semesterbeitrag di Studienkolleg Darmstadt adalah 282,20€ per semester.

Bagaimana mendaftar ke Studienkolleg?
Pada umumnya Studienkolleg selalu berada di bawah naungan satu Universitas/FH. Jadi biasanya tidak ada pendaftaran ke Studienkolleg. Ini yang sering kali orang Indonesia salah berfikir. Kamu selalu mendaftar ke Uni/FH yang mau dituju dengan bidang studi yang spesifik, contohnya mesin, elektro, dll. Di formular pendaftarannya biasa ada pertanyaan, apakah kamu perlu ikutan studienkolleg. Kalo kamu hanya lulus SMA, kamu harus jawab Ya. Seandainya pertanyaan ini tidak ada, pihak Universitas/FH akan memeriksa ijasah kelulusan SMA kamu dan akan memberitahukan kamu, bahwa kamu harus mengikuti Studienkolleg sebelum memulai studi. Universitas/FH itu sendiri yang akan mendaftarkan kamu ke untuk ujian masuk(Aufnahmetest) di Studienkolleg untuk kurs yang sesuai dengan bidang studi kamu. Jadi dari awal kamu sudah mendaftar ke Universitas/FH tertentu dengan bidang studi tertentu.

Apa bisa pindah bidang studi setelah masuk Studienkolleg?
Ya, nanti sebelum masuk benar-benar ke Universitas/FH. Kamu punya kesempatan untuk melamar bidang studi lain. Bidang studi ini tetapi harus sesuai dengan kurs yang kamu ambil di Studienkolleg. Dulu sewaktu mulai Studienkolleg saya terdaftar untuk masuk bidang mesin di TU Darmstadt. Sebelum kelar Studienkolleg, saya sudah mendaftar ke bidang Informatik di FH Darmstadt. Dan jadinya saya studi Informatik di FH Darmstadt.

Apa bisa pindah universitas setelah masuk Studienkolleg?
Ya, seperti contoh di atas saya pindah dari TU Darmstadt ke FH Darmstadt. Kamu juga bisa pindah ke Universitas/FH di kota lain.

Apa bisa bekerja selama di Studienkolleg?
Selama Studienkolleg kamu mendapatkan visa untuk persiapan studi. Jadi ini visa yang sama seperti visa sekolah bahasa. Visa ini tidak setara dengan visa studi. Dengan visa ini kamu hanya bisa bekerja selama liburan.

Apakah lulusan SMK bisa masuk Studienkolleg?
Berdasarkan anabin.de hanya lulusan SMK dibidang administrasi yang bisa masuk Studienkolleg. Saya dengar juga beberapa Studienkolleg di Jerman Timur seperti Köthen dan Nordhausen menerima lulusan SMK. Mungkin ada pengalaman yang berbeda, karena itu lebih baik tanya langsung ke Studienkollegnya.

Apakah lulusan D3/D4 perlu Studienkolleg?
Berdasarkan pengalaman yang saya dengar sampai sekarang lulusan D3/D4 harus mengambil Studienkolleg. Mungkin ada pengalaman yang berbeda, karena itu lebih baik tanya langsung ke Studienkollegnya.

Apa itu uni-assist.de?
Uni-assist adalah organisasi yang membantu Universitas/FH untuk proses melamar. Jadi Universitas/FH yang bekerja sama dengan uni-assist hanya menerima dokumen lamaran yang lengkap. Pada intinya kamu tetap melamar ke Universitas/FH, tetapi dokumennya kamu kirim ke uni-assist. Uni-assist akan memeriksa kelengkapan dokumen yang kamu kirim, kalo dokumennya lengkap, mereka akan mengirimkan dokumen lamaran kamu ke Universitas/FH yang kamu tuju. Kalo dokumennya kurang lengkap, biasanya mereka akan menginformasikan kamu. Untuk service ini uni-assist memungut biaya sebesar 68€ untuk lamaran pertama dan 15€ untuk lamaran-lamaran berikutnya dalam satu semester.

24 thoughts on “Pertanyaan tentang Studienkolleg

  1. Amina

    Apakah lulusan MAK bisa mendaftar di Tubingen untuk studi teologi islam? karena di MAK tidak ada pelajaran Ilmu Alam sepeti Fisika, Kimia dan biologi. terima kasih atas jawabannya

    Reply
  2. garuda

    Hallo kak ..
    gini kak , saya garuda , kelas 2 smk , saya jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)saya bener” pengen banget kuliah di jerman kak , jurusan perkuliahan di jerman yg sejalan dengan jurusan saya skarang apa nih kak ? Saya skalian mau blajar dari pengalaman kaka di sana , tapi saya punya kendala yg bener” kendala banget kak , yaitu dana ..
    saya harus gmana nih kak ? 
    saya udh nanya” ke web” yg sperti web kaka ini , tapi blum ada respon ..
    tolong di respon ya kak
    tolong kasi saran dan masukan ke saya yaa kak ..
    thanks ..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Garuda, lulusan SMK agak sulit untuk studi di Jerman. Karena untuk studi di Jerman kamu perlu masuk Studienkolleg dulu. Untuk itu hanya sedikit Studienkolleg yg menerima lulusan SMK. Tapi kamu bisa coba, sepengetahuan saya beberapa Studienkolleg di Jerman timur menerima lulusan SMK.

      Reply
  3. Pascal

    Hallo kak. Ketika saya mendaftar untuk Studienkolleg, saya mendaftar ke Hochschule Rhein Main. Setelah mengikuti Aufnahmepruefung, saya diterima di Studienkolleg Darmstadt. Jika saya sudah lulus Studienkolleg, apakah saya wajib melanjutkan ke Hochschule Rhein Main? Apakah saya hanya bisa melanjutkan ke Hochschule atau boleh ke Uni? Vielen Dank.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Pascal, Studienkolleg Darmstadt itu dari TU Darmstadt. Jadi kamu bisa lanjut ke Uni. Dan kamu tidak harus melanjutkan di Hochschule Rhein Main. Tapi kamu harus pastikan beberapa bulan sebelum kelulusan Studienkolleg untuk mendaftar ke Uni/FH lain.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Hidayat, untuk design grafis harusnya kamu ambil G-Kurs. Tapi pemilihan Studienkolleg kurs kan otomatis berdasarkan jurusan yang kamu ambil.

      Reply
  4. yayan budiman

    kak saya dari bengkulu, skrang saya lagi kursus intensif bahasa jerman,.
    saya mau nanya, fh yg punya jurusan teknik lingkungan yg mna aja?
    bisa kasih rkomen gak kak?
    bitte Antworte mir bald!
    Vielen Dank

    Reply
  5. Wisnu pangestu

    hai kak, kalo boleh tahu gimana cara daftar ke universitas atu FH ny tu berlin
    Terus sama website nya
    terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Wisnu, kamu bisa google aja. Di Berlin ada beberapa FH. Di website FH biasanya cukup jelas mengenai pendaftaran. Kalo tidak kamu bisa kontak saya langsung lewat link kontak.

      Reply
  6. Benedict Brian

    Hay boleh nanya gak.. Aku kuliah s1 di indonesia skrg masuk semester 3 lalu saya ingin pindah ke sana.. Apakah sks nya bisa ansfer atau harus kuliah dari awal?

    Reply
  7. dzatta hadi nugrah

    Kak. Saya mau nanya.. kalo kerja disana.. bisa gak nutupin… kebutuhan bulann kita. . Tolong jelasin. .soalnya masih minim info soal kerja . Part time atau full

    Reply
  8. Malfey

    Hallo Ka, saya lulusan MA. Dalam persyaratannya kalo saya tidak lupa, harus sekolah SMA yg punya rekomendasi melanjutkan ke luar negeri sbg mahasiswa internasional? Saya sekalian nanya persyaratan daftar studkol apa saja kaka. Mohon bantuannya :)

    Reply
  9. Firma

    Sore kak, saya mau tanya kalau studienkolleg itu standard bahasanya kalau b1 apakah sudah bisa? Trus kalau mau ambil b2-c1 di jerman selama menunggu sommersmester bisa nggak?, kalau bisa caranya gimana??
    Terimakasih kak

    Reply
  10. Sapto

    Hallo kak,
    Saya baru lulus D3 Indonesia Jurusan Agroindustri. Rencana pengen lanjut ke jerman. Kurs apa yg sesuai dengan jurusan saya karena saya berencana ambil jurusan Foods production, engineering and business di HS Osnabruck.
    Dan kira” kalo saya mendaftar menggunakan ijazah D3, apakah akan ada pengurangan beban SKS? Atau tetep dari semester awal?

    Dan satu lagi, saat studkol tidak boleh ambil kerja part time?

    Reply
  11. Elgra

    Selamat malam Kak, saya Elgra Mau tanya jenis visa yg diurus untuk kuliah di Jerman,
    Sebelum kuliah saya ingin kursus intensif 9 minggu. Saya sudah menerima undangan dari salah satu studienkolleg juga dari salah satu Uni untuk wintersemester. Saya ingin memastikan visa yg akan saya minta visa nasional, atau visa persiapan study atau visa study? Mohon bantuannya.
    Perusahaan Asuransi kesehatan yang diakui kedutaan Jerman di Indonesia itu apa saja ya kak? Apakah ini wajib diurus sebelum berangkat atau boleh diurus setelah di Jerman?
    Terimakasih banyak untuk mau berbagi.
    Salam sejahtera, Elgra

    Reply
  12. fafa

    Kak aku mau nanya kalau saya mau ambil s2 di jerman namun dengan latar blakang s1 dari universitas terbuka apakah bisa? Dan saya juga dulu lulusan dari SMK apakah akan sulit ketrima di universitas jerman?

    Reply
  13. Vira Indah Savitri

    Hallo, Kak

    Perkenalkan, saya Vira. Saya merupakan lulusan SMA dan saya tertarik untuk melanjutkan kuliah di Jerman. Setelah saya melakukan blogwalking tentang kuliah di Jerman untuk yg lulus SMA, saya mendapatkan informasi bahwa kita diharuskan mendaftar ke universitas terlebih dahulu sebelum mengikuti studienkellog. Disini saya mau bertanya dokumen apa saja yg diperlukan untuk mendaftar ke universitas?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>