Pertama kali di stasion kereta Jerman

Bagi yang pertama kali datang ke Jerman ada banyak hal yang tiba-tiba sangat baru. Pertama-tama keluar dari pesawat dan ambil barang di airport. Dari airport ke stasion kereta, dari stasion kereta(Bahnhof) ke kota yang dituju. Kesulitan pertama adalah bahasa dan kedua adalah sistem transportasi di Jerman. Di post ini saya mau memberi beberapa info keadaan dan sistem transportasi di Jerman. Sebagai contohnya saya ambil stasion kereta Frankfurt dan diakhir post ini saya akan beri satu tip tambahan untuk makan enak dekat stasion kereta.

Banyak hal yang musti diperhatikan di stasion kereta di Jerman, dari jadwal keberangkatan(Abfahrt) kedatangan(Ankunft) dan nomer rel(Gleis) kereta, jenis kereta, tiket kereta, dan lain-lain. Foto-foto berikut ini akan menjelaskan sistem transportasi kereta di Jerman(Frankfurt).

Ini foto stasion kereta utama(Hauptbahnhof) di Frankfurt. Diatas tulisan Hauptbahnhof ada lambang DB/Deutsche Bahn, yaitu perusahaan kereta Jerman. Di sebelah kiri ada tanda S dan U. Yang artinya S-Bahn yaitu kereta yang berhenti di setiap stasion. Kereta ini disebut S-Bahn atau Schnell Bahn, karena percepatannya dari berhenti sampai kecepatan maksimal lebih cepat dari kereta biasa. Kereta ini biasa hanya menempuh jarak pendek, yaitu dalam kota atau ke beberapa kota terdekat. Contohnya ada S-Bahn dari Frankfurt ke Darmstadt. U artinya U-Bahn yaitu kereta bawah tanah. Kereta ini pada umumnya hanya berjalan di dalam kota.

Kalo masuk Bahnhof besar biasanya ada display yang menunjukan jadwal kereta yang paling aktuel. Untuk penjelasan saya ambil satu contoh dari papan sebelah kanan baris kedua. Kolom yang pertama adalah jam keberangkatan 21:54, kolom kedua adalah jenis kereta IC. IC adalah InterCity yaitu kereta cepat yang hanya berhenti di beberapa kota besar, contohnya di sini berhenti di Darmstadt(kolom ketiga). Ada juga ICE yaitu InterCityExpress yang berhenti di kota yang lebih besar. Dua jenis kereta ini biasanya lebih mahal tiketnya. Kolom keempat tujuan akhir yaitu Karlsruhe. Kolom kelima adalah nomer rel(Gleis) yaitu nomer 13. Kolom terakhir adalah pengumuman jika kereta terlambat atau pindah ke Gleis yang lain.

Pembelian tiket bisa dilakukan di loket atau di mesin(Automat). Untuk beberapa jenis tiket, seperti tiket weekend(Wochenende Ticket) pembelian dari Automat lebih murah. Disebelah kanan ada jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta di Hauptbahnhof Frankfurt.

Sebagai contoh saya ambil keberangkatan jam 10:17 dengan menggunakan S-Bahn nomer 3. melalui Frankfurt Süd, Langen, dan tujuan akhir Darmstadt. S-Bahn ini berangkat dari Gleis 101.

Ini adalah kereta yang saya ambil sebagai contoh di foto kedua diatas. Yaitu kereta InterCity ke Karlsruhe berangkat jam 21:54 dari Gleis 13 berhenti di Darmstadt, Bensheim, Weinheim, dan Heidelberg.

Sekarang tips tambahan untuk yang sudah sampai di Frankfurt. Kira-kira 5-10 menit jalan kaki dari Hauptbahnhof Frankfurt ada tempat makan namanya Jade Magic Wok. Pemiliknya orang Malaysia jadi bisa bahasa indo dan sangat ramah ke orang indo. Buka setiap hari dari jam 11:30 – 23:30, alamatnya Moselstrasse 25, 60329 Frankfurt am Main. Terakhir kali saya dengan istri, kami makan bebek panggang, kangkung dan kwe tiau sapi. Setelah itu dapat dessert buah dan kolak ubi gratis. Jadi benar-benar saya bisa rekomedasiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>