Pengalaman online advertisements

Sejak beberapa bulan yang lalu, saya mengaktivkan beberapa advertisements di website ini. Satu dari google dan yang satu lagi affiliate marketing untuk penjualan notebook. Awalnya ide saya adalah untuk membiayai web hosting ini dari online advertisements. Tetapi setelah menjalankan online advertisements selama beberapa bulan, hasilnya tidak cukup untuk membiayai web hosting. Karena itu saya memutuskan mulai hari ini untuk mematikan semua online advertisements di website ini.

Sejak awal sebenarnya saya anti website/blog yang menggunakan begitu banyak online advertisements, sehingga isi sebenarnya dari website/blog tersebut tidak jelas lagi. Khususnya websites dari Indonesia banyak sekali yang menggunakan advertisements. Juga sama seperti di jalan-jalan di Indonesia yang di mana-mana ada palang iklan tinggi dan besar-besar. Iklan-iklan ini pada akhirnya lebih mengganggu pemandangan dan keindahan kota. Juga samanya dengan iklan(online advertisement) di website/blog. Karena itu ketika saya memutuskan untuk memasang beberapa online advertisements, saya memastikan supaya isi website sebenarnya jangan sampai tertimpa dengan advertisements yang ada. Tetapi setelah melihat ternyata dampak positif dari online advertisements tidak begitu banyak, baik untuk pembaca dan untuk pemilik website(saya), lebih baik dimatikan saja.

Inisiatif saya yang sebenarnya dari online advertisements ini bukan untuk membiayai webhosting, tetapi lebih untuk belajar bagaimana memasang dan mengoptimisasikan online advertisements. Dalam hal tehnik memasang online advertisements, saya jadinya banyak belajar. Dalam hal mengoptimisasikan online advertisement, sepertinya website seperti ini tidak begitu cocok. Pertama marketnya sangat kecil dan spesifik, yaitu orang berbahasa Indonesia yang tertarik ingin studi di Jerman. Kedua fokus websitenya tidak berbicara tentang produkt apapun, baik makanan, alat elektronik, fashion, dll. Jadinya website seperti ini sulit untuk mempromosikan produkt, karena pembaca yang datang bukan untuk mencari produkt, tetapi informasi mengenai studi di Jerman.

Tetapi buat saya satu pengalaman sangat menarik yang pastinya sangat membantu saya untuk melangkah di masa depan. Buat saya ini pengalaman ini menjadi pengetahuan yang sangat berharga dan dengan biaya yang sangat rendah, yaitu sedikit dari waktu luang saya.

Pelajaran yang saya mau sampaikan di sini juga, kalo kamu ingin mencapai sesuatu(contohnya studi/bekerja di Jerman), kamu harus memulai langkah pertama untuk mencapai tujuan itu. Mulai dari langkah-langkah yang mudah dan murah. Contohnya belajar bahasa Jerman online, kontak saya kalo ada pertanyaan-pertanyaan, kontak Universitas/FH yang mau dituju. Semua langkah-langkah ini gratis dan mudah dicapai. Semakin banyak kamu mencoba, semakin jelas bagaimana merealisasikan impian kamu untuk studi/kerja di Jerman. “You never know until you try”.

One thought on “Pengalaman online advertisements

  1. libertymeivert

    Setuju… website ini lebih mengarah ke layanan informasi yang ingin studi ke Jerman, jadi dengan adanya ads malah sepertinya mengurangi kenyamanan para pembaca. Perimbangan yang bijak, ketika tidak memberikan hasil yang signifikan, ya dihilangkan saja. Sukses ya !

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>