Membiayai studi di Jerman dengan bekerja sambilan?

Bagi yang memiliki keuangan terbatas tetapi bercita-cita tinggi ingin studi di luar negeri, negeri Jerman menjadi salah satu pilihan pertama. Pertanyaan yang sering saya dengar, apakah mungkin membiayai studi di Jerman dengan bekerja sambilan? Saya sengaja memformulasikan pertanyaannya seperti ini, karena ada saja yang mampu tinggal di Jerman bertahun-tahun hanya dengan bekerja sambilan, tetapi akhirnya studinya diselesaikan. Karena itu post ini membahas perhitungan apakah dengan bekerja sambilan dapat menutupi biaya-biaya yang ada selama studi dengan benar.

Sebelum saya memulai dengan perhitungan dibawah, ada beberapa hal penting mengenai bekerja selama studi di Jerman. Pemerintah Jerman berusaha untuk memastikan agar mahasiswa asing studi dengan benar. Karena itu selain ada batas bekerja 90 hari, beberapa kantor imigrasi juga memeriksa perkembangan studi kita. Dan salah satu syarat untuk memperpanjang visa studi adalah jaminan bahwa kita dapat hidup di Jerman tanpa bekerja. Jaminan dapat berbentuk seseorang yang sudah bekerja di Jerman menjamin kehidupan kita di Jerman, namanya Verpflichtungserklärung. Atau jaminan juga bisa berbentuk uang yang diblok (Sperrkonto) di rekening bank, jumlahnya saat ini(2012) sebesar 8040 € untuk satu tahun.

Sekarang kembali ke perhitungan, seperti saya bahas di post sebelumnya, sebagai mahasiswa kita hanya dijinkan untuk bekerja 90 hari atau 180 setengah hari per tahun. Karena di Jerman gaji selalu dihitung perjam (Stundensatz) dan gaji brutto sebagai mahasiswa bisa bervariasi dari 5 € sampai 15 €, saya ambil 10 € sebagai contoh. Contoh masa liburan 2012 di FH Darmstadt  lihat di link http://www.h-da.de/studium/information-und-beratung/semestertermine/.

Jadi ringkasan perhitungan gaji 10 € per jam dan waktu untuk bekerja selama liburan adalah sebagai berikut:

  • libur natal hanya di tahun 2012 dari 1. Januari sampai 8. Januari: 5 hari kerja
  • libur musim dingin dari 11. Februari sampai 18. Maret: 25 hari kerja
  • libur musim panas dari 14. Juli sampai 7. Oktober: 60 hari kerja

Di sini saya tidak memperhitungkan libur paskah dan libur pentakosta, karena jumlah hari kerja di atas sudah 90 hari. Jadi dengan perhitungan gaji 10 € per jam, 1 hari kerja 8 jam, dan setahun bekerja selama 90 hari, gaji brutto tahun 2012 adalah 7200 €.

Setelah ini saya harus menghitung gaji netto. Untuk itu saya ambil  contoh bulan Agustus 2012 dengan 23 hari kerja, dengan gaji brutto 1840 €. Dengan menggunakan http://www.nettolohn.de/, saya dapat menghitung kira-kira gaji netto berdasarkan beberapa data pribadi saya. Ini data yang dimasukkan di nettolohn.de. Yang mungkin berbeda dari tiap orang adalah Kirchensteuer, Bundesland, dan Alter.

Dan ini hasilnya.Saya hitung kira-kira gaji netto yang didapat 1253,62 €. Jumlah ini yang nantinya ditransfer ke rekening bank.

Artinya kira-kira gaji netto 68% dari gaji bruto. Kalau sekarang dihitung dari gaji brutto tahun 2012 adalah 7200 €, artinya gaji nettonya berkisar 4896 € per tahun atau 408 per bulan.

Perhitungan saya di atas cukup sangat optimis dengan 90 hari kerja, karena pada prakteknya tidak selalu kita dapat kerja terus. Gaji 10 € juga hanya satu contoh yang realistis, ada yang dapat lebih rendah tetapi ada juga yang dapat lebih tinggi. Perhitungan gaji netto dari nettolohn.de hanya sebagai acuan saja.

Jadi dari kesimpulan di atas dengan 408 € per bulan dan perhitungan biaya hidup di Jerman. Kerja sambilan kurang untuk membiayai hidup saja di Jerman. Selain itu belum lagi ada biaya studi di Jerman, Studiengebühren dan  Semesterbeitrag(iuran semester). Berdasarkan pengalaman saya, saya sarankan untuk selalu ada bantuan keuangan dari orang tua/saudara dan juga untuk selalu menabung selama bisa.

10 thoughts on “Membiayai studi di Jerman dengan bekerja sambilan?

  1. tolitz90nn

    ralat dikit sperrkonto skr 8040€ gan, ngga tau kalo tahun 2012 naek lagi.
    dilanjut terus blog nya, gut2 :)

    Reply
  2. Rahharya

    Kak tanya..
    Kalo seumpama aq bekerja sebagai Umzughelfer dan Putzfrau atau Kinderbetreuung bagaimana??
    apakah itu juga dihitung dalam 90 hari kerja??
    dan apakah itu legal??

    Beste Grusse

    Arya

    Reply
    1. sjtirtha

      90 hari itu ijin dari Ausländerbehörde(kantor imigrasi) dan 90 hari kerja cuman bisa dicek dari Arbeitsvertrag. Dari Lohnsteuerkarte aja ga ada tulisan berapa hari kita kerja. Perusahaan besar biasanya bener-bener menyakinkan kalo kamu kerja cuman 90 hari. Dari sudut pandang saya, 90 hari ini lebih untuk perusahaan supaya mereka tidak memperkerjakan mahasiswa asing sebagai pegawai biasa. Pekerjaan seperti Umzughelfer, Putzfrau dan Kinderbetreuung, setau saya juga termasuk Beschäfstigung, jadi terhitung dalam 90 hari. Kalo kamu cuman bantu teman atau kenalan sekali-sekali pindahan, bebersih rumah, jaga anak, itu bisa jadi graue Zone. Yang tidak termasuk dalam 90 hari adalah pekerjaan mahasiswa di Universitas/FH.
      Untuk lebih detailsnya lihat http://www.aufenthaltstitel.de/stichwort/studium.html

      Reply
  3. ria

    brrti lebih asikkan masuk pas tahun ajaran musim panas ya mas? dpet jth liburan/krja lbih bnyak.. betul gag ya? :))

    Reply
    1. sjtirtha

      kalo semester 1-nya musim panas, iya benar jadinya semester 1 banyak liburan. tapi setelah itu semester 2-nya musim dingin dan semester 3 musim panas lagi. jadi pada akhirnya sama aja jumlah liburan selama masa studi.

      Reply
  4. fxba77

    pertama2… ab Herbst nanti ijin kerja bukannya 90 hari/180 setengah hari lagi, tapi jadi 120/240…..
    terus di UNI/FH, gak ada yang namanya Liburan seperti liburan kalo kuliah/sekolah di Indo….. cuma ada istilahnya Vorlesungszeit dan Vorlesungsfreiezeit…..
    sebelum orang salah kaprah… Vorlesungsfreiezeit bukan berarti liburan (Ferien), tapi cuma gak ada Vorlesung, tapi bisa jadi ada ujian/praktikum/Seminar/Blockkurs dll… jadi bisa jadi tapi belum tentu FREE karena tergantung UNI/FH, Jurusan, Semester dll…..

    Reply
  5. BSW

    Hello ka.
    Bisa ga kalo kita mengambil waktu kerjanya 2 sekaligus? Saat liburan dan part time pada hari hari biasa. Atau kita harus memilih salah satu?
    Vielen danke

    Reply
    1. germany2study Post author

      Kamu bisa bekerja saat liburan dan part time. Tapi kamu harus perhatikan tidak melebih jumlah hari kerja sebagai student asing yang diijinkan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>