Laporan pajak pemasukan di Jerman

Akhirnya kamis minggu lalu saya baru selesai membuat Einkommensteuererklärung(laporan pajak pemasukan) tahun 2010. Seharusnya Einkommensteuererklärung dibuat biasanya sampai akhir bulan Mai tahun berikutnya. Jadi untuk Einkommensteuererklärung 2011, ada batas sampai 31. Mai 2012. Apa itu Einkommensteuererklärung?

Bagi yang bekerja di Jerman baik sebagai mahasiswa atau bekerja tetap, jika penghasilannya melebihi basis 400€ per bulan, maka harus memakai Lohnsteuerkarte/LSK (kartu pajak gaji). LSK bisa didapat dari Einwohnermeldeamt(kantor pendaftaran diri) dan kalo bekerja, harus diberikan kepada Arbeitsgeber(perusahaan yang memberi pekerjaan). Pada akhir tahun biasanya kita dapat LSK kita kembali beserta Lohnsteuerbescheinigung (surat pajak gaji). Di dalam Lohnsteuerbescheinigung tertulis secara jelas, dari gaji kita berapa yang dibayar untuk pensiun, uang pengangguran, asuransi kesehatan, pajak, dan lain-lain. Contoh lihat di bawah.

Perhitungan  Lohnsteuerbescheinigung dibuat oleh perusahaan, sedangkan Finanzamt (kantor pajak) menghitung pajak secara keseluruhan untuk satu tahun. Biasanya kita sebagai pekerja (termasuk mahasiswa) membayar pajak kelebihan. Selain itu juga ada perhitungan, jika penghasilan kita dibawah jumlah tertentu salam 1 tahun, maka kita tidak kena pajak. Bagi yang mengerti pajak, ada banyak hal juga yang bisa dilaporkan agar pajak kita bisa berkurang.

Karena itu Finanzamt harus menghitung itu semua sendiri. Untuk itu kita harus memberikan Einkommensteuererklärung, agar Finanzamt dapat menghitung pajak kita. Dari pengalaman saya bekerja sebagai mahasiswa dan bekerja sebagai pegawai, saya selalu dapat uang pajak balik. Saya kurang ingat sewaktu mahasiswa, kalo tidak salah saya mendapat antara 100-300 € pajak balik. Karena itu bagi yang bekerja menggunakan LSK, jangan lupa buat Einkommensteuererklärung. Bagi yang hanya bekerja sebagai mahasiswa, biasanya Einkommensteuererklärung sangat simple. Ada 2 formular yang harus diisi, yaitu Mantelbogen dan Anlage N. Mantelbogen adalah formular yang berisi data-data umum seperti nama, nomer pajak, bank, dan lain-lain. Anlage N adalah formular untuk pendapat dari pekerjaan yang bukan wiraswasta(Einkünfte aus nicht selbständiger Arbeit).

Saya tidak bisa cerita lebih banyak tentang Einkommensteuererklärung, karena saya juga masih banyak belajar untuk mengerti pajak di Jerman. Pihak Finanzamt biasanya sangat membantu, kalo perlu informasi bagaimana mengisi formular-formular di atas.

Untuk info lebihnya bisa dibaca di beberapa wiki berikut ini:
http://de.wikipedia.org/wiki/Einkommensteuererkl%C3%A4rung
http://de.wikipedia.org/wiki/Lohnsteuerkarte
http://de.wikipedia.org/wiki/Lohnsteuerbescheinigung
http://de.wikipedia.org/wiki/Grundfreibetrag

Dan bagi yang lupa membuat Einkommensteuererklärung 2009 dan 2010, bisa juga dibuat sekarang. Biasanya Finanzamt masih menerima. Formular untuk Einkommensteuererklärung bisa didapat di Finanzamt, atau bisa juga buat langsung pakai softwarenya Finanzamt, namanya Elster. Untuk info lebih detailsnya bisa dihubungi Finanzamt di kota masing-masing. Bagi yang tinggal di kota kecil, biasanya Finanzamt ada di kota besar berikutnya.

One thought on “Laporan pajak pemasukan di Jerman

  1. Pingback: Urusan pajak di Jerman « Ignatius Sapto Condro Atmawan Bisawarna-warni Wordpress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>