Kuliah bidang apa di Jerman?

Banyak yang bertanya sebaiknya mereka kuliah apa di Jerman. Atau ada juga yang menanyakan apakah menurut kami kalau kuliah bidang A akan lebih bagus dibandingkan kuliah di bidang B, dsb. Jadi melalui posting-an ini, kami harapkan pertanyaan teman-teman akan terjawab.

Untuk menentukan sebaiknya anda kuliah apa, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi. Saya akan coba memaparkan faktor-faktor tersebut sesuai dengan pengalaman saya dan keluarga saya. Harap diperhatikan, kalau urutan faktor dibawah ini bukan berdasarkan ranking.

  • Minat & Bakat

Ada beberapa bidang kuliah yang mewajibkan kita mempunyai bakat dibidang tersebut, contohnya Arsitek. Memang di Jerman tidak ada ujian menggambar untuk bisa diterima masuk kuliah arsitek, tidak seperti di Unpar (Bandung), misalnya. Tetapi kebanyakan uni/fh Jerman mengharuskan calon mahasiswa untuk mempunya pengalaman kerja praktek sebelum mulai kuliah. Kalau bidang arsitek, mereka meminta calon mahasiswa pernah magang di kantor arsitek, atau bidang bisnis di tempat yang bisa memperkenalkan bisnis atau management. Dengan alasan supaya calon mahasiswa tersebut tau kira-kira kesempatan kerja yang ada saat mereka lulus nanti dan bisa menilai apakah mereka cocok kuliah dan hidup dibidang tersebut.

Hanya kita sendiri yang bisa menilai dengan jujur, apakah kita cocok atau mempunyai bakat dibidang kuliah tersebut. Mahasiswa arsitek akan dituntut untuk mengembangkan ide dan “menggambar” melalui berbagai media, mulai dari memakai pensil sampai menggunakan berbagai macam software. Atau menilai fungsi dan seni dari suatu bangunan atau design. Kalau anda tidak suka menggambar atau tidak tertarik dengan design suatu bangunan, mungkin kuliah arsitek bukan bidang yang cocok untuk anda.

  • Nilai Akhir Sekolah

Nilai akhir sekolah 6,0 adalah persyaratan dasar untuk masuk Studkol. Nilai semakin bagus, kesempatan juga semakin besar. Faktor nilai lebih mempengaruhi kalau anda bertujuan kuliah dibidang yang banyak peminatnya atau istilah Jerman nya Numerus Clausus (NC). Sama seperti di Indonesia, program sekolah di Jerman juga dibagi menjadi berbagai jurusan, yaitu IPA, Biologi, IPS, dan Bahasa. Jadi kalau mau sekolah kedokteran, nilai Biologi dan Kimia harus bagus supaya bisa bersaing dengan calon mahasiswa lain.

  • Rencana setelah lulus kuliah

Menurut saya ini faktor yang sangat penting. Kalau anda bercita-cita menjadi dosen atau peneliti, lebih baik mengambil kuliah di universitas. Tidak semua bidang studi ditawarkan di universitas. Ada beberapa bidang studi yang lebih banyak ditawarkan oleh FH, contohnya art.
Atau kalau anda ingin bekerja di Jerman setelah lulus kuliah, lebih baik mencari bidang yang sedang dicari di Jerman, contohnya saat ini Jerman sedang membutuhkan banyak dokter, ilmuwan, IT spesialis, ahli matematik, dsb. Jadi kita harus banyak membaca berita untuk mengetahui pekerjaan apa yang kira-kira akan dibutuhkan di Jerman setelah kita lulus nanti.
Kalau setelah lulus anda ingin pulang ke Indonesia, mungkin bidang yang dibutuhkan di Indonesia lain lagi.

  • Bahasa

Faktor ini tidak terlalu penting buat semua orang, tetapi untuk sebagian orang, contohnya untuk saya, faktor ini cukup mempengaruhi juga. Tidak semua uni/fh di Jerman menawarkan program dalam bahasa Inggris. Malah ada beberapa program/bidang kuliah yang hanya berbahasa Jerman, contohnya kedokteran. Kalau anda masih belum pasti untuk pilih kuliah apa di Jerman dan anda mau nya hanya program berbahasa Inggris, pilihannya akan semakin sedikit. Sebagian besar program berbahasa Inggris mengenakan biaya kuliah yang lebih mahal. Jadi kalau budget anda untuk kuliah tidak besar, makan pilihannya akan semakin sedikit lagi.

Menurut saya, sebelum teman-teman memutuskan untuk kuliah di bidang apa pun juga, teman-teman sebaiknya mempertimbangkan faktor-faktor diatas. Jangan hanya dengan alasan supaya dapat Studienkolleg lebih gampang, jadinya teman-teman salah jurusan. Semoga posting-an ini bisa membantu menjawab pertanyaan teman-teman.

Theresia

205 thoughts on “Kuliah bidang apa di Jerman?

    1. germany2study

      Kerja praktek (dalam bahasa Jermannya Vorpraktikum) biasanya untuk S1. Vorpraktikum ini maksudnya supaya calon mahasiswa melihat dulu dunia pekerjaan dari studi yang mau diambilnya. Dalam praktek kerja ini biasanya calon mahasiswa hanya membantu pembimbing dari tempat kerja dalam tugasnya sehari-hari.
      Tidak semua bidang kuliah di uni/fh meminta Vorpraktikum. Jadi sebaiknya lihat benar-benar persyaratan setiap uni/fh.

      Reply
      1. andreas

        Guten tag
        saya ada pertanyaan saya ingin melanjutkan pendidikan dijerman tepatnya didüsseldorf tapi nilai mtk saya hanya 4.8 apakah jika saya mengambil jurusan ips apakah dengan rata2 un hanya 58 bisa diterima dan apakah nilai studkol bisa didapatkan jika diterima di uni saja ? Apakah ada jalur lain untuk masuk uni selain nilai diijazah ?

        Reply
        1. germany2study Post author

          Hi Andreas, kalonilai matematik kamu hanya 4,8 akan sulit sekali untuk kamu mengikuti mata kuliah di sini. Dan nilai minimum UN yang diminta adalah 6. Setau saya hanya UN satu-satunya jalur untuk bisa studi S1 di Jerman.

          Reply
  1. agi

    Saya ingin sekali ambil Medizin tapi nilai kimia UN saya jelek sekali. Kalau di ijazah nilai kimia gabungan UN + UAS saya jadi 5,4 :”'(
    Pertanyaan:
    1. Apakah yang dilihat hanya nilai UN saja buat masuk studkol?

    2. Teman saya bilang kalau ada uni yg hanya lihat nilai bahasa jerman saja dan nilai pelajaran lain tidak begitu dilihat, apa benar?

    Ich moechte sehr Medizin studieren. T______T

    Ich freue mich sehr auf Ihre Antwort.

    Agi

    Reply
    1. germany2study

      Agi, kamu harus mengerti kalau kamu harus mendaftar ke Uni bukan ke Studkol. Kalau kamu diterima, Uni akan merunjuk kamu ke Studkol. Untuk masuk Uni bidang Medizin, biasanya ada Numerus Clausus (NC). Misalnya ada 100 tempat di Uni A, 100 calon mahasiswa dengan nilai terbagus yang akan dapat tempatnya. Kalau kamu termasuk dalam 100 calon mahasiswa ini, Uni akan mengirimkan surat berisi informasi kalau kamu akan diterima 1 tahun berikutnya kalau kamu lulus Studkol yang mereka rujuk.

      Reply
  2. Tanty Nitami

    Jadi kalau mau dapet studkol di jerman harus mendaftar di uni dulu ya baru bisa daftar studkol? atau harus daftar studkol baru jadi persyaratan keterima uni?

    Danke schoen :)

    Reply
    1. germany2study

      Syarat masuk Uni adalah lulus Studkol untuk orang Indonesia. Jadi kalau kamu mendaftar di Uni, mereka akan lihat ijazah kamu. Uni akan menerima kamu dengan persyaratan kamu lulus Studkol dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh Uni tersebut. Lulusan Sekolah Menengah dari Indonesia akan dirujuk ke Studkol oleh Uni tersebut.

      Reply
      1. Tanty Nitami

        Oh, jadi setelah uni melihat nilai kita dari ijazah, uni akan memberikan surat rekomendasi ke kita untuk bisa masuk studienkolleg, begitu ya? Jadi bebas bisa memilih studienkolleg mana aja atau ada studkol yang mempunyai kerja sama dengan uni yang kita daftarkan?

        Reply
      2. Ida Rudy

        berarti step_nya ke Univ dulu, bari kita tau nanti harus ke stud koll mana? bagaimana kalau stud koll yang ada di Indonesia? apakah juga hanya berafiliasi dg univ tertentu, atau berlaku untuk semua univ di German?

        Reply
        1. germany2study

          Di formular untuk melamar universitas, ada pertanyaan apakah studienkolleg diperlukan. Kalo kamu pilih itu, maka kamu akan automatis dilamarkan ke studienkolleg yang bekerja sama dengan universitas tersebut. Kalo untuk proses studienkolleg di Indonesia saya kurang jelas.

          Reply
  3. Audrey Priscillia

    kak, mau tanya.. jadi intinya apply ke uninya kan? cara aplynya gimana ya kak? saya baru akan lulus tahun ini.. saya mau ambil medizin..
    vielen dank.. :)

    Reply
    1. germany2study

      Lihat ke website uni yang kamu mau daftarin. Mereka kasih tau dokumen apa saja yang harus dilampirkan. lalu kirim dokumennya ke mereka. Caranya sama saja seperti kamu daftar uni di Indonesia.

      Reply
  4. teguh srinardi

    Anak saya saat ini kelas tiga sma dan ingin melanjutkan studi bisnis admnistrasi di Jerman.
    Kalau pilihannya di manheim bussiness school apakah langsung melamar ke sekolah tersebut atau ikut studkol baru melamar ke sekolah. Terima kasih atas informasinya.

    Reply
    1. sjtirtha

      Untuk uni mannheim melamarnya langsung ke uni tersebut. Nanti mereka akan kirim lamarannya ke studienkolleg. Untuk lebih jelasnya bisa baca di sini: http://www.uni-mannheim.de/ionas/n/uni/akademisches_auslandsamt/english/international_degree_seeking_students/application/bachelor_programmes/index.html. Ada juga informasi lebih detail, tapi dalam bahasa Jerman: https://bewerbung.uni-mannheim.de/1/downloads/infobroschuere_bachelor_lehramt/infos_bachelorstudium_mannheim.pdf. Hanya info tambahan, studi business administration di Uni Mannheim itu numerus clausus, jadi nilai SMA dan Studkollnya harus bener-bener bagus.

      Reply
  5. Ida Rudy

    anak saya mau kuliah arsitek di German. apakah semua univ, mempersyaratkan sertifikat magang seperti yang disebutkan dalam postingan diatas? bagaimana magang ini bisa dilakukan untuk anak yang baru saja berangkat dari Indonesia untuk meneruskan kuliah S1 di German? ini artinya memerlukan waktu khusus untuk ini. mohon kalau ada yang bisa di share bagaimana bisa meng arrange kegiatan magang ini bersamaan dengan kegiatan studien kolleg di German. atau jika mengambil studien kolleg di Indonesia terlebih dahulu. Terima kasih

    Reply
    1. germany2study

      Vorpraktikum(kerja praktek/magang) yang dimaksud di sini tidak sama dengan pengertian magang seperti di Indonesia. Di Jerman anak SMP dan SMA juga sudah magang untuk beberapa minggu. Tujuan dari Vorpraktikum ini adalah supaya calon studentnya mengenal dunia pekerjaan dari bidang studi yang mau diambil. Tentunya selama magang anak bapak harusnya tidak diminta untuk mengerjakan pekerjaan arsitek. Tapi anak bapak contohnya bisa membantu arsitek untuk fotocopy, membuat maket, dan pekerjaan-pekerjaan arsitek lainnya yang bisa dikerjaan oleh anak SMA. Biasanya ada waktu antara lulus SMA dan mulai Studienkolleg, waktu ini bisa dipakai untuk magang. Saya lebih menyarankan untuk mengambil magang(Vorpraktikum) di Indonesia, karena lebih mudah untuk mendapat tempat magang di Indonesia. Sebaiknya dicek dulu dengan universitas/FH yang mau dituju apakah Vorpraktikum di Indonesia juga diakui.

      Reply
  6. Ida Rudy

    Salam, maaf bisa bantu info jurusan apa saja yang ada fakultas Arsitektur di TU Darmstadt? saya sudah buka situs resmi TU Darmstadt, tapi tidak ada disitu. Thanks infonya.

    Reply
  7. muthia

    Mau tanya kalo kuliah jurusan teknik industri di Jerman ada rekomendasi FH yang bagus ngga ya? Makasih hehe

    Reply
    1. germany2study Post author

      FH di Jerman pada umumnya bagus. Sebaiknya kamu list semua FH yang nawarin teknik industri, lalu kamu liat website fakultasnya satu-satu supaya dapat informasi lebih tentang setiap FH nawarin program teknik industrinya seperti apa. Kalo rekomendasi sih saya bisa kasih Darmstadt dan Karlsruhe.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Setau saya tidak ada universitas yang menawarkan bidang studi culinary. Chef/Koch di Jerman yang saya tau mengambil Ausbildung. Ausbildung jadinya belajar dan praktek langsung di tempat kerja.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Saya tidak banyak pengalaman dengan beasiswa. Sebaiknya langsung cari di google.de dalam bahasa Jerman. Beasiswa bahasa Jermannya Stipendium.

      Reply
  8. Niza Yolanda Putri

    kak, mau tanya, aku mau ambil ilmu komunikasi di jerman. nah aku bingung nih kak, pilih FH atau Uni. kalo menurut kakak enaknya yg mana? terus kasih tau donk kak uni dan FH di jerman yg ada jurusan ilmu komunikasi. thanks

    Reply
    1. germany2study Post author

      ilmu komunikasi seperti yang ada di Indonesia setau saya tidak ada di Jerman. Tapi kamu bisa coba cek di daad.de. Untuk ilmu/bidang studi seperti ini biasanya hanya ditawarkan di FH.

      Reply
  9. Ella

    Kak, adik saya kebetulan ingin melanjutkan kuliah di Jerman (khususnya Kedokteran) tetapi yang jadi permasalahan, nilai yang diperhitungkan itu hanya Nilai UN atau Nilai NA (Nilai Akhir Gabungan antara UN dan Ujian Akhir Sekolah)? Sebab, pada waktu UN kemarin, kebetulan adik saya sakit, sehingga nilai UN’nya untuk Matematika & Fisika benar – benar turun drastis dari nilai harian’nya di sekolah. Nilai Math’nya 5.25 dengan NA 6.7 sedangkan Nilai Fisika’nya 4.25 dengan NA 6.0. Apakah dengan nilai tersebut adik saya masih memungkinkan melanjutkan kuliah di Jerman? vielen Dank.

    Reply
    1. Ella

      Sedangkan untuk Nilai Biologi adik saya mendapatkan nilai 8.75 dan Kimia 8.6.

      Mohon informasinya ya Kak. Wir freuen uns auf Ihre Antwort. Danke

      Reply
    2. germany2study Post author

      Berdasarkan pengalaman saya yang diperhitungkan nilai dari SMA dan nilai akhir dari Studienkolleg. Apakah nilai UN atau NA yang diambil, saya tidak begitu yakin. Persaingan untuk masuk kedokteran sangat ketat, karena itu nilai keseluruhan adik kamu harus sangat bagus. Untuk studi di Jerman nilai minimum SMA harus 6. Setau saya tidak ada masalah dengan nilai mathe dan fisikanya, tapi sebaiknya langsung tanya ke Studienkolleg juga.

      Reply
  10. Ella

    Berarti maksud kalimat Kakak yang menyatakan “Untuk studi di Jerman nilai minimum harus 6″ itu sudah nilai gabungan antar Nilai SMA Asal dan Nilai Studienkolleg ya Kak? Jadi, jika adik saya benar – benar ingin masuk kedokteran, di Studienkolleg’nya nanti dia harus sangat berjuang! Maaf Kak, apakah Kakak mengetahuirumus konversi nilai asal ke nilai Jerman? Kemudian Kak, setelah saya baca blog Kakak, saya masih kurang paham mengenai pendaftaran studienkolleg. Untuk pendaftarannya dilakukan langsung ke STK atau langsung mendaftar ke UNI dan dari UNI akan menyarankan untuk Aufnahmeprüfung ke STK? Vielen Dank

    Reply
    1. germany2study Post author

      Pertama-tama untuk mendaftar Studienkolleg kamu harus punya nilai UN minimum 6. Liat http://anabin.kmk.org/no_cache/filter/schulabschluesse-mit-hochschulzugang.html#land_gewaehlt. Saya tidak tau rumus konversi nilai asal ke nilai Jerman, sebaiknya kamu tanya Studienkollegnya langsung. Studienkolleg itu selalu bagian dari Universitas. Jadi kalo kamu istilahnya mendaftar ke Studienkolleg, kamu itu mendaftar ke Universitas. Biasanya Universitas ada formular pendaftaran khusus untuk orang asing atau di formular pendaftaran yang biasa ada pertanyaan, apakah adik kamu perlu mengambil studienkolleg atau tidak. Kalo adik kamu tertarik untuk konsultasi dan bimbingan lebih, adik kamu bisa mengambil service ini: http://studi-di-jerman.com/service-untuk-studi-di-jerman/

      Reply
  11. Ella

    dengan keterangan dari ANABIN, berarti nilai UN Mathe 5.25 dan Fisika 4.25 tetapi yang nilai UN mata pelajaran lain lain 9 dan 8 tidak memungkinkan untuk mendaftar studienkolleg ya Kak?

    Reply
  12. Ella

    berarti masih ada kemungkinan ya Kak? baik Kak, terima kasih banyak atas segala informasi dan bantuannya. saya akan segera bicarakan hal ini dengan adik saya.

    Reply
  13. Auci

    Saya mau nanya nih ka, apasih bedanya teknologi industri sama teknik industri, kalo di jerman teknologi indutri itu bagusnya dimana ya? Ada rekomendasi ga? Terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Seharusnya sih teknologi industri dan teknik industri sama. Kualitas universitas dan FH di Jerman cukup merata. Kalo kamu tanya rekomendasi mungkin kamu bisa coba Karlsruhe atau Darmstadt.

      Reply
  14. Lala

    Maaf ka saya mau tanya. Kalau masuk IT jerman itu nilai amannya berapa ya? Saya dari program IPA. Terus kalo misalnya saya kuliah di Jerman ambil jurusan IPS kaya bisnis administrasi gitu memangnya bisa?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Tergantung kamu mau ambil ITnya di mana. Di beberapa universitas mereka ada nilai minimum, tapi ada juga banyak universitas yang tidak ada nilai minimum. Perkisaran saya kalo nilai kamu 1 – 2,5 seharusnya ok untuk ambil IT. Dari program IPA kamu juga bisa ambil bisnis administrasi, tapi artinya di sininya kamu perlu ambil Studienkolleg kurs W. Kalo mau ambil jurusan tehnik, kamu perlu ambil Studienkolleg kurs T.

      Reply
  15. Lala

    Oh iya kak lupa kalo saya mau ambil S1 arsitek nilai ijazah saya harus kaya apa? Terus kalo kuliah sambil ambil les bahasa inggris di jerman bisa ga? Maaf ya kak nanya2 hehe

    Reply
    1. germany2study Post author

      Persyaratan nilai untuk S1 arsitek tergantung universitasnya. Jadi setiap universitas punya persyaratan nilai yang berbeda-beda. Kamu juga bisa ambil les inggris di Jerman.

      Reply
  16. Irul

    Ka, kalau saya dari jurusan IPS tapi mau ambil jurusan teknik di Jerman bisa gak ya? Soalnya kan di rapor dan UN tidak ada nilai fisika dan kimia. atau yang penting saya ambil studkol yang T?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Setau saya dulu ada beberapa temen saya dari IPS yang juga masuk T-Kurs. Mendingan tanya saja pihak Studienkollegnya langsung. Ada kemungkinan setiap Studienkolleg punya kebijaksanaan yang berbeda.

      Reply
  17. ungguh

    kalau fh untuk jurusan radiologic technology/radiation technology/nuclear medicine technology/radiation theraphy/ di fh mana yaa adanya? atau ada link yg bisa saya baca?

    makasi sebelumnya..

    Reply
  18. Rosyid

    Halo..

    mau tanya kak.. skrg kan saya udh kelas 3 SMA.. Tahun depan Insya Allah lulus dan mau daftar di Studkol Heidelberg buat Biologie Mollekulare… cmn masalahnya Biologie Mollekulare itu mulainya Winter Semester.. nah sdangkan skrg aku blm dapet sertifikat bahasa B1 ( meskipun skrg msh Sprachkurs ) tp aku lait di situs Goethe sertifikat B1 hanya di keluarin 1thn skali tiap Agustus T_____T..

    Jd minta sarang dong kak.. klo msalnya aku ambil STK yg SommerSemester tp Bachelorku mulainya di WinterSemester kira2 bakalan nganggur terlalu lama g ya aku ?? Oh ya.. Aku liat kak Steve jg org Heidel kan??

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Rosyid,

      kalo kamu melamar bidang studi yang mulainya Wintersemester kamu akan mendapat panggilan untuk studienkolleg Wintersemester juga. Kalo kamu kamu mulai Studienkolleg Sommersemester, kamu harus mendaftar ke bidang studi yang mulainya Sommersemester. Tapi artinya kalo nanti setelah kelar Studienkolleg, kamu akan nganggur 1 semester untuk mulai di Wintersemester. Dalam hal ini kamu bisa mendaftar bidang studi yang kira-kira mirip dengan Biologie Molekulare, lalu nanti sewaktu pindah ke Biologie Molekulare beberapa mata kuliah yang sudah kamu ambil di Sommersemester bisa kamu minta diakui. Iya saya juga berlokasi di Heidelberg.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Culinary biasanya ga di Uni/FH. Adanya biasa sebagai Ausbildung. Kamu harus coba cari di google “koch ausbildung”.

      Reply
  19. Lenardi

    kak mau nanya, kalo teknik kimia di jerman prospek kerjanya bagus ga? trus uni yg bagus buat teknik kimia di jerman dimana ya? makasih 😀

    Reply
    1. germany2study Post author

      Prospek kerja lulusan teknik kimia bagus di Jerman. Bahkan setau saya di asia dan Indonesia juga bagus. Tehnik kimia hampir ada disetiap universitas tehnik di Jerman, contohnya TU Darmstadt.

      Reply
  20. Dinda G

    Kak aku mau tanya. Rencananya setelah aku lulus kuliah aku pengen kuliah di jerman dan orangtua juga sudah setuju, tapi aku berangkat pakai agen. Yang jadi pertanyaanku aku masih bingung harus ambil jurusan apa. Orangtua maunya aku jurusan IT, tapi dulu aku anak IPS. Bisa ngga sih kalau kita ambil jurusan IPA seperti IT? Kalau aku pribadi mau ambil jurusan manajemen atau psikologi. Psikologi di jerman haruskah IPA? Lalu kalau aku ambil jurusan manajemen/psikologi cari kerja di jerman susah ngga? Apa jurusan manajemen/psikologi sama dibutuhinnya kayak di indonesia? Terima kasih :)

    Reply
  21. mariaclr

    kak saya mau nanya . bedanya fh sama univ itu apa ? dan saya rencana mau ambil musik , bagudnya dimana ya ? dan studkol nya juga untuk yg bagusnya ? danke ^^

    Reply
    1. germany2study Post author

      Perbedaan fh dan univ kamu bisa baca di sini : http://studi-di-jerman.com/fh-atau-universitas/. Untuk sekolah musik, biasanya ada universitas khusus. Kemungkinan besar untuk sekolah musik kamu ga perlu ambil Studienkolleg, tapi untuk masuknya ada tes bakat. Mendingan kamu langsung kontak dengan sekolahnya untuk tau persyaratannya. Kalo cari di google keywordsnya “Musikschule”

      Reply
    1. germany2study Post author

      Biasanya nilai Studienkolleg dan nilai akhir SMA nanti digabung lalu kamu akan dapat nilai yang dipakai untuk melamar ke universitas.

      Reply
  22. christine

    Ka mau tanya, aku skrg puji Tuhan sdh lulus S1 tinggal tunggu hari wisuda jumat besok. Aku rencana mau ambil S2 di jerman bisnis international atau akuntansi manajemen. Tapi masih Bingung bagusan uni/fh yg mana yg bagus. Ada info gak ka untuk bidang ini dimana yg bagus. Gbu

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Christine,

      di Jerman tidak ada bidang studi akutansi, karena akutansi biasanya masuk ke dalam ekonomi. Kualitas Universitas/FH di Jerman cukup merata. Jadi kamu tidak perlu khawatir mau ambil univeritas/FH yang mana. Saran saya sih sebaiknya ambil FH di Jerman Barat. Pengecualian untuk Jerman Timur adalah Berlin. Selain itu lebih baik ambil FH karena lebih praksis dan bisa lebih cepet lulus. Kecuali kalo kamu mau jadi peneliti atau bekerja sebagai dosen sebaiknya ambil universitas. Untuk list unveristasnya kamu bisa cek di daad.de

      Reply
  23. fanisha

    hai kak mau tanya nih :)
    aku sekarang kan masih kelas 12 jurusan ips trs skrg udh daftar ke lembaga penyalur buat kuliah di jerman. nah ak bingung mau ambil jurusan apa. pengennya ambil ipa soalnya aku lebih suka yg hitung2an tp kalo misal aku disana ambil ipa apa enggak berat nih? makasih sebelumnya :)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Kalo mau ambil jurusan IPA nantinya di Jerman, artinya kamu harus punya dasar matematik/fisika/kimia yang kuat. Karena di Studienkolleg kamu akan belajar mata pelajaran ini.

      Reply
  24. nayla

    Kak, klu q dr keluarga menengah trus kyk biaya gitu gimana klu misalx q mw ambil s1 kan gk da beasiswa.emang biaya hidup disana gk tinggi soalx q msh agak ragu mw kuliah disana tnpa beasiswa.kasih saran donk kak??

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Nayla, biaya hidup di sini kamu bisa perhitungkan 1 bulan sekitar 500-600€. Jadi kamu bisa bicarakan dengan orang tua, apakah biayanya ok.

      Reply
  25. Annisa Sophia Rainy

    kak, aku rencana mau kuliah di jerman. aku masih kelas 2 sma. ingin ambil fashion desainer, disana masuknya universitas atau fachohschule dan dimana? danke :)

    Reply
  26. Fhyita ahmed

    Assalamualaikum……

    mau tanya nih, saya sedang kuliah di D3 KEBIDANAN. rencananya saya ingin melanjutkan S1 Ahli gizi / S1 Kebidanan di jerman. tapi saya ingin lewat jalur beasiswa. apakah ada universitas yg membuka beasiswa untuk S1 ahli gizi / S1 kebidanan , mohon jawabannya.

    terimakasih :)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Saya tidak ada pengalaman untuk dibidang gizi dan kebidanan. Mungkin bisa coba contact daad.de

      Reply
  27. salsabila

    Kak, mau tanya dong kalau mau ngambil S2 ahli gizi/manajemen ada kan? Terus ada rekomen FH/uni dimana gitu ga?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi,
      S2 management ada. Kalo S2 ahli gizi saya kurang tahu. Tetapi harusnya ada juga. Uni/FH di Jerman kualitasnya bagus-bagus. Jadi sebaiknya kamu coba lamar ke beberapa uni/FH ynag sesuai dengan persyaratan yang kamu punya.

      Reply
  28. Elvari

    kak, saya rencana mau ambil fahrzeugtechnik. kan harus vorpraktikum minimal 2 minggu. nah, kira kira saya harus ikut di perusahaan kendaraan gitu juga atau boleh perusahaan lain? terus kalo vorpraktikum itu boleh dilakuin pas masih stk semester 1 gak kak? terimakasih :)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Elvari,

      persyaratan Vorpraktikum untuk Fahrzeugtechnik berbeda-beda tergantung FH/universitasnya, ada yang 2 minggu ada juga yang lebih. Untuk Vorpraktikum kamu bisa ambil juga di bengkel mobil/motor. Setau saya sih Vorpraktikum persyaratan untuk masuk FH/universitas, jadi kalo kamu bisa manage untuk lakuin itu sewaktu Studienkolleg juga ok. Saran saya kalo kamu masih di Indonesia, usahain untuk bikin di Indonesia. Soalnya untuk cari Vorpraktikum di Jerman tidak begitu mudah, apalagi kalo kamu belum fasih bahasa Jerman.

      Reply
      1. Agindasari

        Kak, untuk point yang “rencana masa depan” , saya ingin kuliah mengambil medizin di Jerman. Jika nantinya saya ingin berkarir di Indonesia, apakah itu akan sulit dalam kepengurusan izin prakteknya apa tidak?

        Reply
        1. germany2study Post author

          Setau saya kalo kamu lulus kedokteran di Jerman dan nanti mau mengurus izin praktek di Indonesia sekarang ini jauh lebih mudah dari pada 10-20 tahun yang lalu. Dan di Indonesia juga banyak sekali dokter lulusan Jerman.

          Reply
  29. Aupair

    kak, pernah dengar tentang program aupair di sana gak? aku rencana mau ambl aupair program di jerman habis itu lanjut kuliah perhotelan disana tapi katanya susah soalnya mereka gak fokus ke jurusan itu.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, Aupair itu tidak ada hubungannya dengan studi. Aupair itu hanya kamu tinggal dengan keluarga Jerman dan membantu menjaga anak mereka. Bersamaan dengan itu kamu ada kesempatan untuk belajar bahasa Jerman.

      Reply
  30. terrence

    Hai ,
    Saya mau tanya, skrng saya klas 12 di program IPS.
    Fakultas yang ingin saya ambil di jerman jg berhubungan dengan IPS (prefer ekonomi,manajemen,dll.)
    Dan skrng saya blm punya persiapan apa-apa utk kesana.
    Yang ingin sy tnykan.
    1. Utk belajar bahasa jerman butuh wktu brp lama?
    2. Bisa gak belajar bahasa jerman dlu disana, lalu baru th kedua atau smt ke 2 dimulai kuliahnya
    3. Katanya di jerman fakultas yg bgus teknik, apakah saya rugi jika masuk fakultas ekonomi?
    4. Untuk masuk fakultas teknik, apakah anak ips bisa masuk?
    Thx before, mohon pencerahannya

    Reply
    1. germany2study Post author

      1. Belajar bahasa Jerman intensif minimal 6 bulan
      2. Bisa. Di Jerman sebelum S1 kamu harus masuk Studienkolleg dulu. Jadi kamu belajar bahasa dulu, lalu Studienkolleg, lalu mulai studi.
      3. Universitas di Jerman levelnya cukup merata, jadi tidak masalah kamu masuk universitas mana pun.
      4. Kalo kamu ingin kerja di Jerman, lulusan tehnik lebih mudah mencari kerja di Jerman.

      Reply
  31. vanny

    Hola Kak,

    Kakak aku mau minta informasi jurusan psikologi di jerman dong kak. Lebih baik masuk Uni atau FH? dan aku mau minta pendapat kakak lebih baik ambil perguruan tinggi dimana karena aku masih bingung untuk memilih Universitas Georg August Goettingen. Kalo jurusan psikologi di jerman itu dari IPA atau IPS ya kak?. Aku dari IPA kak.

    Danke
    Vanny

    Reply
    1. germany2study Post author

      Psikologi hanya ada di Universitas setau saya. Kayanya kamu bisa saja masuk Psikologi dari IPA.

      Reply
  32. shofa

    Hay kak aku mau nanya dong :) kalo misalnya aku mau kuliah dijerman, tapi b.jerman juga b.inggris ku masih blm terlalu bisa,terus apa disana bisa kursus kedua bahasa itu?
    Terimakasih

    Reply
  33. Lisa K S

    Hi, aku bakal lulus MBA dari perancis, terus kepingin lanjut kuliah lg di Jerman dgn jurusan hotel manegement (kls bhs inggris). Kira2 universitas yang bagus untuk jurusan ini apa saja ya? Terus ada ga ya kuliah S2 yang nyambi kerja gitu? misal 1 semester kuliah dan 1 semester kerja praktek yang dibayar.
    Terus juga, mungkin ga sih kerja buat ngebiayain hidup sehari-hari dijerman sambil kuliah S2?
    Makasih

    Reply
  34. fachri firdaus

    Ka boleh nanya. Kalo jurusan teknik yang bagus di jerman apa? Yang persaingannya ga begitu sengit, makasih

    Reply
  35. ipang

    kak kalau untuk S2 public health di jerman mending ambil fh/uni? trus fh/uni yg bagus untuk jurusan itu apa kak? danke

    Reply
    1. germany2study Post author

      Saran umum saya biasanya lebih baik ambil FH. Karena lebih praksis dan program studinya lebih terstruktur di FH. Kualitas FH/Uni di Jerman cukup merata, jadi kamu bisa daftar ke mana saja.

      Reply
  36. ratu fatma adinda

    Kak kalo untuk jurusan IPS kira2 ada pilihan jurusan apa aja ya? karena saya sma jurusan
    IPS, saya Sekarang kelas12 dan berencana untuk nerusin ke jerman

    Reply
    1. germany2study Post author

      Kalo IPS, jurusannya di sini lebih ke arah ekonomi, managemen, dll. Tapi kalo kamu merasa mampu, kamu bisa juga coba ambil tehnik di sini, walaupun kamu dari jurusan IPS.

      Reply
  37. Nur Laily Haryanti

    kak mau tanya dong… kuliah S2 di Jerman jurusan teknik industri yang bagus di Univ mana yaa? boleh minta list univ yang ada jurusan teknik industri nya?

    Reply
  38. icha

    ass . kak sy skrg sedang kuliah jurusan teknik industri rencana stelah selesai sy mau ngelanjutin S2 di jerman . kalo sy mau dapat beasiswa S2 ke jerman itu gimana yah ? trus apaa aja yg mesti dipersiapkan ? makasih

    Reply
  39. Hamzah Shafardan

    Kak aku mau nanya nih, aku sekarang kelas 11 ipa di depok. Aku juga udah daftar ke agensi layanan buat bantu studi ke jerman. Pertanyaan aku ada tiga nih mohon di jawab yaa :)
    1. Apa yang dilihat hanya nilai terkhir sekolah atau semua nilai di rapot setiap semesternya? kalau nilai semua semester kira kira biar aman berapa ya?
    2. Kalau aku lulusan ipa tapi aku mau masuk jurusan yang berhubungan sama finance apakah bisa?
    3. apakah masuk uni di jerman akan sesusah snmptn di indonesia? Dan apakah pesaing nya akan sebanyak snmptn?

    Reply
    1. germany2study Post author

      1. Yang diliat nilai UN
      2. Kamu bisa ambil finance dari IPA
      3. Masuk ke uni di Jerman lebih mudah

      Reply
  40. carina

    Hi Kak,
    Saya mau nanya nih.., saya lulusan S1 tek.sipil dan rencana mau melanjutkan S2 di jerman (mendapatkan beasiswa) master yg mau sy ambil geologi tek. Apakah boleh kalau berbeda jurusan dengan S1. Dan mohon di bantu info untuk uni/fh master geologi bagusnya di jerman timur atau barat.

    Reply
  41. ghina

    Kk mau nanya, aku udah searching brpa hri ini tpi ga nemu-nemu. Ada ga sih di jerman jurusan tekni. Telekomunikasi. Klau ada, di universitas mna yh? Mksih sblumnya.

    Reply
  42. Ellen

    Hai kak, mau tanya dong… kira kira kampus khusus musik yang bagus di jerman itu nama kampusnya dan letaknya dimana yah kak? (:

    Reply
    1. germany2study Post author

      Saya tidak ada pengalaman dan info untuk studi di bidang musik. Setau saya di Mannheim ada salah satu sekolah musik yang bagus.

      Reply
  43. Fajrin

    Hi, mau nanya dong. Jerman itu jarang ya jurusan komunikasi? Tp skrg aku ambil komunikasi & udh mau smstr 4. Bener gak sih di universitat zu koln ada jurusan interkulturalle komunikation? waktu itu pernah liat tp lupa bener atau ngga nya. berencana pengen exchange/s2 kesana. please reply, thank you so muchhh

    Reply
  44. Mr.Rich

    Maaf saya mau tanya, saya rencana mau ngambil s2 di jerman setelah lulus s1 di Jkarta, kebetulan jurusan s1 yg saya ambil ini Tek.Industri, dan saya mau memperdalam jurusan ini di Jerman, ada referensi ga buat jurusan yg baik dan univ yg baik di Jerman ???
    Terimakasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, tehnik industri di sini namanya Wirtschaftingenieurwesen. Jurusan ini cukup sangat digemari di Jerman karena prospek kerjanya juga bagus. Uni di Jerman kualitasnya cukup sama jadi kamu bisa pilih mana saja.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Vivien, kuliner itu biasanya tidak dipelajari di FH. Kamu untuk itu biasanya harus ambil Ausbildung. Dan kalo kamu ambilnya ausbildung itu kamu dibayar juga.

      Reply
  45. Yulia Erviana

    Kak .. saya mau tanya. Kuliah teknik kimia bagusnya di jepang atau jerman? Trus kira kira univ yg bagus d jerman untuk teknik kimia univ mana? Danke

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Yulia, kalo kamu tanya saya, saya pastinya bilang bagusan Jerman. Untuk teknik kimia kamu bisa coba TU Darmstadt.

      Reply
  46. wiratama

    kak. saya mau tanya. Jika saya S1 jurusan teknik sipil dan ingin melanjutkan studi lanjut S2 di jerman jurusan bisnis dalam bahasa inggris apakah memungkinkan ? Saya sudah coba search namun belum menemukan informasi tentang hal tersebut. Terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Wiratama, di Jerman kamu hanya bisa ambil S2 yang sama dengan S1 kamu. Saya juga sempat liat-liat S2 jurusan bisnis seperti MBA, kebanyakan mensyaratkan untuk punya pengetahuan dasar di business/ekonomi.

      Reply
  47. eny

    kak mau tnya. saya eny. skrng sdng menempuh studi pendidikan matematika di slh satu univ negeri. insyaallah thn ni lulus dan ingin segera melanjutkan studi S2 ke jerman. kira2 prospek jurusan matemtika dsna gmn ya kak? lbh baik saya masuk uni apa fh? trus uni/fh mana saja yg cocok dg jurusan yg akan saya ambil? apa saja syaratnya terima kasih :-)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Eny, apa rencana kamu setelah lulus dari Jerman? Kalo kamu ingin jadi pengajar, peneliti atau ambil S3, sebaiknya kamu ambil Universitas.
      Kalo kamu mau bekerja di perusahaan, saya lebih menyarankan untuk ambil program studi aplikasi dari matematik, contohnya Informatik. Dan juga sebaiknya ambil di FH.

      Reply
  48. Arad ografas

    Hi. Maaf mau tanya, kalau meneruskan D3 ke S1 di German persyaratannya apa saja dan universitas mana yg ada fakultas komunikasi ya? Karena sekarang saya sarjana D3 Komunikasi. Terimakasih sebelumnya..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Arad, kamu bisa cek di daad.de untuk cari jurusan komunikasi. Kalo dari D3 kamu perlu ambil Studienkolleg lagi di sini.

      Reply
  49. putri

    kak, aku udah ada kerjasama sama lembaga buat kuliah ke jerman. tapi aku baru tau kalo ternyata nilai un penting buat kuliah disana. biar bisa keterima jurusan teknik, minimal nilai harus berapa kak? :’

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Lulu, tidak semua Studienkolleg menerima lulusan Studienkolleg. Setau saya beberapa Studienkolleg di Jerman timur menerima lulusan SMK. Kalo kamu bisa masuk dan lulus dari Studienkolleg itu, kamu bisa studi di Jerman.

      Reply
  50. Ivan

    Kak mau tanya,kalau untuk jurusan teknik sipil kira” gimana di Jerman ?
    1. Prospek kerjanya bagus kan ?
    2. Kalo mau kuliah kira” di univ mana ?
    3. Apa benar sebulan hanya 500-600 £ ? Karena kata saudara saya yang sudah berkeluarga disana saat ini untuk orang kuliah rata” butuh 1500 £ Perbulannya .

    Terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ivan, jurusan sipil dan arsitek di Jerman prospek pekerjaannya agak berkurang, karena negara jerman sudah cukup terbangun. Jurusan mesin, elektro, dan informatika lebih dicari di sini. Untuk mencari universitas kamu bisa cek website http://www.daad.de. Biaya hidup untuk student perbulan di Jerman berkisar 500-600€. Mungking keluarga kamu di Jerman memperhitungkan biaya studi yang tidak gratis.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Chaezar, jawabannya bisa sangat panjang. Kamu bisa langsung gunakan link kontak.

      Reply
  51. elly

    Kak ponakan saya jurusan sosial tapi tidak begitu suka pelajaran sosial. Pelajaran favoritnya matematika. Kira2 jurusan apa ya yang cocok untuknya? Kemungkinan kalau bisa dia akan memilih bidang studi yang cenderung memprioritaskan matematika tapi yang lebih ke penerapan. Terimakasih sebelumnya.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi ibu Elly, lulusan IPS dari Indonesia bisa juga ambil jurusan yang ada matematiknya. Jurusan yang menarik dan prospek kerjanya bagus informatik.

      Reply
  52. ratih

    hi, sy mau tanya klo untuk kuliah S1 jurusan arsitek di jerman ,,universitas yg bagus dimana ?
    jika nanti kembali ke tanah air, apakah penerimaan perusahaan di indonesia positif untuk lulusan jurusan arsitek di jerman ?
    minta saran dong,,,sebaiknya s1 arsitek di indonesia lalu S2 di jerman ato S1 darsitek di jerman.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ratih
      Universitas di Jerman levelnya cukup merata, jadi kamu bisa pilih universitas mana saja. Kalo ingin nantinya bekerja di Jerman lebih baik cari bidang studi lain yang prospek kerja lebib bagus. Karena jerman sudah sangat berkembang secara pembangunan. Tp kalo memang sangat hobi dengan arsitek, juga tidak apa2 ambil arsitek. Menurut saya lebih baik ambil s1 langsung di Jerman.

      Reply
  53. Debby

    Hai kak mau nanyaa dong.. Jurusan atau fakultas komunikasi di jerman tuh beneran gak ada ya? Terus kalau ilmu ilmu sosial itu seperti apa ya di indonesia? Pengen banget kuliah di jerman tapi mau ngambil jurusan komunikasi..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Debby, ilmu komunikasi seperti yg kamu cari di Jerman namanya public policy atau politikwissenschaft.

      Reply
  54. Aulia

    Morgen ka, saudara aku ada yang sekolah di internasional school nah dia nanya klo SMA nya ga ada nilai un bsa ga? Tp dia ada nilai akhr sekolah dan rapot tp bukan un
    Itu bisa ga ka ? bingung juga kalo sekolah internasional tp ga bisa lanjut ke jerman
    Danke

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Aulia, ijasah dari international schoolnya apa? Ngikutin sistem pendidikan dari mana? Kalo tau itu bisa cek di anabin.de

      Reply
  55. Aulia

    Guten Abend
    ijazahnya IB-diplom dari swiss,
    Udah di cek di anabin ada klik negara swiss terus ada pilihan ib-diplom, artinya memang bisa kan?
    Terima kasih sudah dibalas sebelumnya ..

    Reply
  56. clarissa

    Hello kak, saya dari ipa tapi lebih prefer ke ekonomi. Nah kan di jerman andalannya adalah jurusan teknik. apalagi yg berprospek itu kayak informatika, mesin, dan elektro. Tapi yang jadi pertanyaan saya :
    1. Apakah jurusan seperti fakultas Ekonomi di indonesia (akuntansi, manajemen, ilmu ekonomi) tersedia di jerman?
    2. Apakah saya rugi mengambil program ekonomi di jerman? karena yg jadi andalan jerman adalah teknik.
    3. selesai studi di jerman, apakah saya diterima baik di indonesia sebagai dosen? karena dari apa yg saya dengar “lulusan luar negeri sangat sulit mendapatkan pekerjaan di indonesia dan mengharuskan penyetaraan ilmu di indonesia” apakah ini benar?

    Mohon penjelasannya satusatu yaa kak, terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Clarissa
      1. Akutansi, management dan ekonomi di Jerman itu semua dibawah satu bidang studi Betriebwirtschaftlehre(BWL).
      2.Tidak ada kerugian selama kamu studi sukses di sini
      3.Pertanyaan ini tergantung orangnya dan juga tempat kerja. Semua orang lulusan Jerman yg saya kenal, mereka cukup sukses di Indo.

      Reply
  57. clarissa

    Lalu, gelar untuk lulusan S1 dan S2 Betriebwirtschaftlehre(BWL) apa kak? Biar saya bisa tanyakan ke pihak penerimaan dosen disini kak. Btw, jawaban yg diatas sangat membantu kak. Terimakasih banyak…

    Reply
    1. germany2study Post author

      Gelarnya biasa Bachelor of Arts atau Master of Arts. Kadang ada juga uni yg kasih gelar Bachelor of Science.

      Reply
      1. clarissa

        Dan untuk penyetaraan ijazah S1 jerman di indonesia jadi D3 ya kak? Kan kalo gini jadi dirugikan sendiri sih

        Reply
  58. Fauzi Ahmad

    Guten Morgen.
    Kalau untuk jurusan pertelevisian, yang bagus di Uni/FH yang mana ya ka? #Thanks Before

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Fauzi, saya tidak tau mengenai studi pertelevisia di Jerman. Tapi kayanya lebih baik ambil FH.

      Reply
  59. Dewi

    Kak mau nanya. Kalau mau ikut studkol berarti harus daftar ke univ nya dulu kan? Aku rencananya mau ngambil bisnis ka, tapi aku anak ipa. Bisa ga kira2 ? Terus itu ka, kalau mau syarat2 pendaftarannya liatnya dimana? Apa sekarang masih belum terlambat buat daftar studkol? Kira2 studkolnya itu berapa lama ka? Apa nilai UN kita nnti langsung dikirim atau diterjemahkan ke dalam bahasa jerman ka? Aku belum paham masalahnya. Biasanya kalau mau kesana harus pakai agen ya ka? Cari agen nya dimana ka kira2 biar lebih mudah ngurusnya? Makasih ka sebelumnya

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Dewi, dari IPA kamu bisa ambil bisnis juga. Persyaratan pendaftarannya kamu harus cek di website uninya. Kamu juga bisa kontak saya langsung lewat link kontak utk konsultasi lebih pribadi.

      Reply
  60. bika

    Hi kakak, aku kuliah jurusan s1 perawat di uni swasta, rencananya mau lanjut kejerman. Tapi uni aku gak ada dalam daftar uni yg diakui jerman, menurut kakak gimana ya ? Aku masih punya kesempatan kuliah di jerman gak ? Danke.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Bika, di Jerman Perawat itu bukan studi tapi namanya Ausbildung, jadi seperti D3. Kayanya kalo datang ke sini kamu harus cari jalur Ausbildung atau ga langsung cari kerja di sini.

      Reply
  61. Ferdi

    Kak, temen saya ada yg pengen bgt ke jerman, dia jurusan ipa. Nah, jika nilai UN dia tidak begitu bagus, tetapi rata2 UNnya mencapai 6, bisa ga? Dan yg diliat itu hanya nila UN apa nilai akhir sekolah? Terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ferdi, setau saya nilai yang dilihat adalah nilai rata-rata UN. Jadi dengan rata-rata nilai UN 6 harusnya itu memenuhi persyaratan. Tapi kalo banyak yang melamar ke Studienkolleg, pastinya pihak Studienkolleg berdasarkan situasi dan jumlah pelamar akan membatasi jumlah yang diterima. Karena itu tidak selalu kalo kamu melamar ke Studienkolleg, kamu pasti akan dapat surat panggilan. Tapi tidak ada salahnya dicoba.

      Reply
      1. sulaiman

        Ass … kak say maw nany gini say maw kuliah s1 kedokteran atau teknik kedokteran . Nilai un say mtk 4,0 . Fisika 4,75 . Biologi dan kimia 6,75 . Itu kira” gmna kedepanny distk dan di universitas nanti ?
        Satu lgi kak klo tekhnik kedokteran tu gmn dan prospek krjany gmn ?
        Trimah kasih kak …

        Reply
  62. sulaiman

    Ass … kak gini say maw lanjut kuliah s1 kedokteran atau teknik kedokteran di jerman tapi nilai un mtk 4,0 .fisika 4,75 . Biologi dan kimia 6,75 . Itu kira” gimna ka ? Say skrg lgi ikut kursus bahasa jerman . nilai un ini menentukan buat masuk mana ?
    Trimah kasih …

    Reply
  63. muhammad nurdin

    punya niat cuman belum paham dengan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, semoga dikasih informasi dari awal persiapan,sam pe disana . makasih

    Reply
  64. fauzia annisa

    Halo selamat pagi kak, saya sekarang sedang kuliah diploma jurusan tata busana naah saya berencana ingin kuliah S1 fashion design di jerman kak, kira2 saya sebaiknya menggambil uni/fh ya kak? Dan link2 apa saja yang berhubungan dengan fashion design kak? Trus kalau kita ingin cari beasiswa bagusnya gimana ya? Saya ingin sekali mendapatkan beasiswa full jurusan ini kak,, vielen dank

    Reply
  65. Diyan

    kak mau nanya ,, klo ambil w-kurs di studkollnya untuk kulaihnya bisa ambil jurusan apa saja yah ?
    saya ingin ambil bisnis internasional tapi saya cari tidak ada yg sama seperti itu .. bisa minta tolong dijelskan untuk masalah itu ?

    Reply
  66. ghinaanggraeni

    Kak saya rencana mau melanjutkan S2 di Jerman. Saya mau tanya jurusan peternakan ada kak? Universitas mana aja yang ada peternakannya. Dan saya juga bahasa jermannya benar benar 0.

    Reply
  67. Anang

    Misi, saya mau nanya, anak saya ingin sekali ke jerman, tapi rata2 UN nya hanya 5.5 dan rata2 nilai alhir sekolah 7. kira2 bisa tidak anak saya kuliah disana? Jika ambil teknik apa kemungkinan bisa? Atau kalau ingin ambil seni nilai yg duatas brpngaruh tidak? Terimakasih

    Reply
  68. ahmed beyk al-kholill

    ka saya ingin banget kuliah di germany, tapi saya masih kelas 10. saya ingin ngambil jurusan ekonomi. kalo bisasaya minta masukan untuk bisa kuliah di sana?

    Reply
  69. ahmad arif

    ka saya ingin kuliah di germany cuma saya masih sekolah. gimana caranya agar saya bisa kuliah d sana? minta masukannya agar saya bisa kuliah d sana?.

    Reply
  70. Cindy

    Kak mau nanya kalau mau kuliah perhotelan bagusnya dimana ya? Saya jurusan ips bisa ga? Dilihat dari nilai rapor sekolah atau nilai UN? Terimakasih

    Reply
  71. Tyas

    Hallo, Gutten Tag

    Ka, mau nanya dong..

    1. Ada website yang bisa liat daftar seluruh jurusan di perkuliahan jerman?
    2. Info studkol privat yang biayanya agak terjangkau dan ada M Kurz nya
    3. Info tempat tes ambil sertifikat yang paling mudah buat mahasiswa asing? Hee. Soalnya setau aku yang paling susah di Goethe

    Vielen dank

    Reply
  72. dita octavia ristiyani

    kak mau tanya, kalau mendaftar kuliah saat mengikuti homestay bisa tidak?
    terus untuk pengurusan dokumen kuliah di jerman bagaimana?apakah cukup mudah jika langsung diurus langsung di jerman?
    terima kasih

    Reply
  73. dita octavia ristiyani

    kak mau tanya, apa bisa mendaftar kuliah saat mengikuti program homestay?
    terus pengurusan dokumen kuliah nya langsung di jerman apa cukup mudah dilakukan?

    Reply
  74. Salsabiela

    Kak, kan d postingan ini disebutkan di Jerman juga dibagi jadi bbrp klompok. Ipa, biologi, ips dan bahasa. Kira-kira, untuk Bahasa, jurusan apa saja yang bisa d ambil d jerman ya kak? Terimakasih

    Reply
  75. kevin f

    Guten morgen
    Ka saya mau tanya, kalau universitas/perguruan tinggi di jerman yang punya jurusan radiologi di mana ya ka ?

    Reply
  76. Airineclairine

    ka, mau nanya. kalau misal jurusan IPS di Jerman itu yang di persiapkan apa dan ada fakultas apa aja disana? terus nilai UN yang pengaruh itu UN sma atau UN smp juga pengaruh? makasih :)

    Reply
  77. Karunia

    Selamat sore kak, maaf kak mau tanya di Jerman ada nggak tehnik geologi ? Prospek kerja 5 tahun kedepan yg bagus apa ya kak ?

    Reply
  78. Titin

    Hi kak. saya Titin dari Merauke, sekarang lagi menempuh kuliah S1 pendidikan matematika. rencananya mau kuliah di Jerman nanti, baiknya ulang dari S1 atau ambil S2 langsung ya? kalau S2 untuk pendidikan di Jerman di Univertitaet mana ya? Danke.

    Reply
  79. ayu

    hai kaa.
    saya ayu sdh lulus s1 public health di indo, pngin lanjut s2 dsna. dan bhasa german saya minim skali, apakah sblum kuliah s2 dsna harus kursus bhsa german dulu atw bgmna kaa?

    karena bbrapa pengalaman teman mereka blum msuk kuliah krna hrus learn bhsa german dlu di sana

    danke :)

    Reply
  80. Sasha

    Hay ka saya mau tanya nih saya berminat bgt kuliah di jerman tapi saya masih kelas 2 SMA dan lulus tahun depan, saya berencana ambil jurusan Ilmu kesehatan masyarakat karna saya dari jurusan ipa kak tolong kasih masukan gimana baiknya & target nilainya sama universitas yang cocok
    Danke

    Reply
  81. cempaka

    Hallo.

    Saya adalah S1 Desain Komunikasi Visual di Indonesia. Saya ingin bekerja di Jerman, untuk itu saya berencana untuk S2. Jurusan apa yang sebaiknya saya ambil mengingat kebutuhan kerja di bidang tehnik sangat menonjol di Jerman?
    Apakah basic ilmu s1 saya tidak dpt di aplikasikan di Jerman?

    Terimakasih sebelumnya.

    Reply
  82. M Imam Fauzan

    Halo ka,
    Aku pingin banget kuliah s1 di jerman. Udh ikut les bahasa juga. Tapi aku ‘down’ pas liat nilai rata-rata UNku dibawah 60 (tidak memenuhi persyaratan studienkollege). Dan aku dapet banyak info untuk s1 disana dengan jalur lain. Nah yang mau aku tanya itu:
    1. Katanya untuk s1 di jerman itu ada jalur sprachkursvisum ya? Jadi ga perlu pake nilai un untuk berangkat. Sampe sana aku belajar bahasa dan cari zulassung.

    2. Untuk dapetin zulassung itu syaratnya deutsch b2 atau dilihat nilai UN juga? Banyak yang bilang zulassung bakal dikasih untuk orang yang giat belajar di tempat kursus bahasa disana, jadi ga perlu nilai UN (katanya).

    3. Aku ikut agen yang bantu aku ke jerman. Dengan nilai UN aku rata2 dibawah 60, mungkin ga aku dapet zulassung dari studkoll yang bekerjasama dengan agen yang aku ikuti?

    Mohon bantuannya ka, harusnya oktober tahun ini aku berangkat. Tapi nilai UN udh ga bisa dirubah lagi. Dan aku ini bingung tetep bisa kesana atau engga.

    Danke schön,

    M Imam Fauzan

    Reply
    1. germany2study Post author

      Seharusnya Agen kamu bisa kasih banyak informasi. Saran saya, lebih baik coba dulu lamar ke Studkol. Setahu saya tidak ada Studkol yang bekerja sama dengan agen manapun.

      Reply
  83. Niki

    Halo kak aq niki . Aq uda d jerman ni tpi msh bingung mw stk tw lgsg k uni. Msalahy dlu q kuliah d3 kebidanan kira2 bsa g ya direkt k uni . Cz yg q tahu kebidanan dsni ausbildung. Jdi ngulang lg dink dr nol?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Lulusan D3 tidak bisa langsung masuk Uni. Harus Studkol dulu. Ada juga dualstudium untuk Hebamme. Coba diresearch lagi yah.

      Reply
      1. Adi

        Kak aku bagi info dong, untuk kuliah hubungan internasional di jerman kira2 ada gak?
        Dan kalau ada sepengetahuan kakak ada persyaratan khusus gak kak?

        Reply
  84. Desy

    Kak aku baru lulus Smk pariwisata di denpasar, bisa rekomendasi uni pariwisata di jerman yg murah dan bagus ka, trimakasih informasinya :)

    Reply
    1. Dennis

      Permisi, mohon bantuannya, saya sudah lulus S1 arsitektut dan bekerja arsitektur, lalu sekarang ada rencana mau melanjutkan S2 ke jerman dengan program study arsitektur juga… apakah ada pengalaman atau info dari saudara saudari mengenai studi S2 arsitektur? Dimana yang bagus? Dan lebih kearah design dan praktek?
      Mungkin ada yang mengetahui info2 yg dapat membantu saya…

      Lalu bagaimana dengan prospek lapangan pekerjaan arsitektur di jerman?

      Sementara ini. Terimakasih.

      Reply
  85. Fitria

    Hallo kak,

    Kak aku mau tanya.. Kan aku SMAnya IPS, aku niat untuk masuk psikologi. Apakah di Jerman bisa masuk Psikologi tapi dari IPS?

    Reply
  86. Vanessa

    Kak, saya ingin mengambil jurusan psikologi di jerman, tapi universitas di jerman memiliki program s1 untuk jurusan tersebut atau tidak yah ?

    Reply
  87. Mauli

    Kaa , rekomendasi dong untuk lulusan s1 peternakan jika ingin melanjutkan ke univ jerman kira2 univ apa aja ya? trims

    Reply
    1. germany2study Post author

      Coba lihat daad.de dulu. Kalau mau tanya lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui kontak.

      Reply
  88. Christian Hermawan

    Mau tanya kalo anak saya mau kuliah di jerman jurusan bio maritim/marine biologi,di universitas mana yg ada jurusan tsb,mohon penjelasan nya,terima kasih.saya tunggu lewat email.

    Reply
  89. Khaira

    Hallo kak..
    Mau nanya nih, dulu aku di Indonesia tamatan D3. Sekarang di Jerman mau ikut program Ausbildung. Kak, jika udah selesai Ausbildung, bisa lanjut kuliah S1 gak? Atau harus ikut studien college lgi dulu?

    Vielen Dank

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>