Kenapa memilih studi di Jerman

Sering kali saya ditanya mengapa saya memilih untuk sekolah di Jerman. Ada begitu banyak alasan untuk studi di Jerman. Di sini saya akan memaparkan 5 alasan penting mengapa memilih studi di Jerman. Angka-angka biaya dan harga di bawah saya ambil dari contoh nyata. Tentunya angka-angka ini mungkin berubah setiap waktu.

1. Biaya studi (Studiengebühren)
Alasan pertama banyak orang memilih Jerman adalah karena biaya studi yang rendah. Pemerintah Jerman memberikan edukasi sebagai hak dan bukan sebagai kewajiban. Karena edukasi adalah hak, maka pemerintah Jerman berusaha sedemikian rupa untuk menekan biaya studi yang dibebankan ke mahasiswa. Biaya studi ini bebeda-beda tergantung bidang dan provinisi. Bidang studi seperti MBA memungut biaya cukup tinggi. Tetapi bidang studi pada umumnya menuntut biaya standard tergantung provinsi. Rata-rata biaya studi standard adalah 500 € per semester. Selain itu biaya studi ada juga biaya semester (Semesterbeitrag). Sebagai contoh di Darmstadt(20 km dari Frankfurt) biaya semeseter berkisar 240 € (inklusiv tiket transport). Selain ini ada biaya sewa kamar, buku, asuransi kesehatan, makan, dan biaya hidur sehari-hari. Untuk lebih details mengenai biaya, saya akan membahas di salah satu post berikutnya.

2. Standard edukasi yang tinggi
Sejarah Jerman membuktikan hasil edukasi yang tinggi. Alkitab Kristen pertama kali diterjemahkan dari bahasa latin ke bahasa lain (bahasa Jerman) oleh orang Jerman. Mesin cetak pertama juga ditemukan di Jerman untuk mencetak buku pertama Alkitab. Mobil, TV, Komputer, MP3 dan banyak yang lainnya ditemukan juga oleh orang Jerman. Edukasi Jerman tidak hanya menuntut untuk memiliki banyak pengetahuan, tetapi juga bagaimana mengaplikasikan pengetahuan ini untuk meningkatkan standard hidup. Sekolah-sekolah tinggi Jerman menawarkan fasilitas yang memungkinkan kita untuk berkembang melebihi program edukasi yang ditawarkan.

3. Made in Germany
Barang-barang buatan Jerman sudah dikenal dari abad 19 sebagai barang yang sangat berkualitas. Pengalaman saya bekerja dengan orang Jerman di Jerman menunjukan bagaimana mereka sangat details dan sangat mementingkan kualitas.

4. Eropa
Kesempatan tinggaldi Jerman memberi kemungkinan untuk mengenal kultur negara-negara di Eropa. Jerman sendiri berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, Cekoslowakia, Polen, Denmark, Belanda, Belgia, Luxemburg. Semua negara ini dapat ditempuh dalam waktu 2-5 jam dari Jerman tengah. Spanyol dan Itali juga termasuk negara yang dapat dengan mudah dijangkau. Selain itu dengan adanya Europa Union dan Euro, travel ke negara-negara Eropa menjadi lebih mudah. Tiket weekend memungkinkan mahasiswa untuk keliling Jerman dengan biaya hanya 39 € sehari untuk 5 orang. Atau terbang ke Roma dengan Ryanair, tiket termurah bisa sampai 1 €.

5. Negara sosialis
Salah satu alasan yang menarik adalah Jerman sebagai negara sosialis, dibandingkan dengan negara-negara di Asia dan Amerika yang adalah kapitalis. Sebagian besar negara di Eropa berprinsip sosialis, yang berusaha mengurangi perbedaan antara kaya dan miskin. 2 hal yang menunjukan sosialis di Jerman adalah edukasi, seperti yang saya paparkan di atas. Dan yang kedua kesehatan. Pemerintah Jerman mengatur agar biaya kesehatan yang ditanggung lewat asuransi kesehatan dibebankan kepada masyarakat berdasarkan penghasilan mereka. Dengan ini perbedaan antara kaya dan miskin tidak terlalu menonjol. Juga dikalangan mahasiswa, contohnya jarang sekali di Jerman ada mahasiswa yang menggunakan mobil.

Tentunya masih banyak alasan lain mengapa memilih sekolah di Jerman. Silahkan share alasan-alasan lain sebagai komentar.

One thought on “Kenapa memilih studi di Jerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>