Kehidupan kerja orang Jerman

Salah satu pengalaman terbaik di Jerman bukan melihat tempat-tempat pariwisata, bukan juga mencoba makanan asing. Tetapi pengalaman terbaik di luar negeri adalah yang pertama bekerja dan yang kedua adalah studi. Saya memilih bekerja di Jerman adalah pengalaman terbaik dibandingkan dengan studi, karena dunia pekerjaan lebih terintegrasi dengan orang Jerman daripada dengan studi. Selama studi kita tidak diharuskan untuk bersosialisasi dengan orang Jerman. Ada saja orang Indonesia yang selama studi sama sekali tidak berteman dengan orang Jerman dan setelah lulus langsung pulang ke Indonesia. Jadi sebenernya dalam hal itu pengalaman yang didapat adalah studi dalam bahasa Jerman dan bukan studi di Jerman. Tapi post kali ini saya mau membahas sedikit tentan kehidupan kerja orang Jerman.

Kehidupan kerja orang Jerman tergantung dengan lingkup pekerjaannya. Karena ada begitu banyak jenis pekerjaan dan tempat pekerjaan, saya membatasi post kali ini di dalam konteks kehidupan kerja orang Jerman di perusahaan sebagai seorang lulusan FH/Universitas. Kehidupan pekerjaan di pabrik dan sebagai mahasiswa agak berbeda dari apa yang saya bahas sekarang ini.

1. Jam kerja
Jam kerja di perusahaan pada umumnya mulai dari jam 8-9 sampai jam 5-6. Karena Jerman negara yang sangat menjaga hak pegawai, jumlah jam kerja dibatasi 7 – 8 jam sehari. Dan setiap 4 jam diharuskan ada istirahat. Ini bukan berarti di Jerman tidak ada lembur. Kerja lembur juga ada, tetapi pegawai mempunyai hak untuk menolak bekerja lembur kalau sudah berlebihan. Karena itu tema work life balance di Jerman sangat ditekankan. Contohnya saya pada umumnya jam 6 sudah sampai rumah dan punya waktu untuk keluarga dan pribadi.

2. Jenis tugas dalam pekerjaan
Sama seperti dalam rumah tangga tidak ada pembantu, di perusahaan Jerman juga tidak ada coffee boy, yaitu orang yang mengerjakan segala macam dari bikin minuman, fotokopi, dan lain-lain. Di perusahaan Jerman semua harus dikerjaan sendiri. Tetapi biasanya ada orang lain yang membersihkan ruang kantor. Jadi jangan heran kalo bos-bos di Jerman harus pergi ke mesin fotokopi sendiri atau mereka harus ambil teh atau kopi sendiri.

3. Terstruktur dan terencana
Orang Jerman dikenal sebagai orang yang sangat terstruktur. Khususnya di dunia kerja, orang Jerman sangat terstruktur untuk mengerjakan pekerjaan mereka. Untuk setiap bagian atau tugas ada orang yang bertanggung jawab dan setiap orang berusaha untuk melakukan kewajiban mereka. Selain itu orang Jerman selalu terencana. Sebelum memulai suatu projekt, mereka merencanakan matang-matang semuanya.

4. Diskusi dan perbedaan pendapat
Dalam kehidupan kerja selalu ada diskusi. Orang Jerman membedakan antara diskusi pekerjaan dengan hubungan sesama pegawai. Jadi karena orang Jerman suka berdiskusi dan terbiasa untuk memiliki dan mengutarakan pendapat pribadi, sering kali dalam diskusi terjadi perbedaan pendapat dan juga pertengkaran. Tetapi setelah kelar diskusi, mereka tidak membawa perbedaan ini kedalam hubungan mereka. Jadi seolah-olah setelah diskusi mereka baik-baik lagi.

5. Perfeksionis
Seperti yang kita tau banyak sekali produkt Jerman yang sangat perfekt, khususnya di bidang automobil, tetapi juga banyak dibidang lainnya. Memang pengalaman saya bekerja dengan orang Jerman, mereka sangat memperhatikan hal-hal yang sangat mendetails. Karena itu bisa dilihat hasil produkt Jerman yang sangat perfekt.

6. Hubungan dengan rekan kerja dan bos
Di Jerman senioritas tidak mempunyai nilai yang tinggi. Jadi bagi saya yang baru bekerja 4 tahun, saya tidak merasa junior dibandingkan rekan-rekan kerja saya yang sudah bekerja 10-15 tahun. Mereka juga tidak memandang saya sebagai anak baru. Yang penting adalah kemampuan kita dalam bekerja, kalo kita mampu maka kita pun akan dihargai tanpa memandang umur. Dengan bos hubungannya juga tidak berbeda jauh dengan rekan kerja. Karena itu biasanya bos juga bukan seorang yang diktator.

7. Kontrak kerja
Biasanya kontrak kerja di Jerman dimulai dengan 6 bulan masa percobaan, setelah itu kontrak kerja seumur hidup. Dan hukum Jerman sangat melindungi pegawai, karena itu tidak ada istilah “hire and fire” di Jerman. Selain itu fluktuasi di perusahaan Jerman sangat rendah. Sebagian besar orang Jerman bekerja di satu perusahaan sampai mereka pensiun.Umur pensiun di Jerman adalah 67 untuk laki-laki dan beberapa tahun lebih cepat untuk perempuan.

8. Hari libur dan sakit
Hari libur pegawai di Jerman berkisar 25-30 hari dalam satu tahun tergantung dari perusahaan. Selain itu perusahaan harus juga menjamin kalo pegawainya setidaknya mengambil libur 20 hari dalam setahun dan setidaknya 10 hari libur diambil dalam 1 waktu. Peraturan ini ditetapkan oleh pemerintahan Jerman untuk meyakinkan pegawai di Jerman tidak “burn out” atau stress. Selain itu karena semua pegawai di Jerman harus memiliki asuransi kesehatan, setiap kali sakit gaji kita ditanggung oleh asuransi kesehatan.

9. Kerja part time
Tergantung dengan jenis pekerjaan dan perusahaan, beberapa perusahaan mengijinkan pegawainya untuk bekerja hanya 50%. Contohnya teman saya perempuan punya 1 anak dan dia kerja 50% karena setelah siang hari dia harus menjemput anaknya dari Kindergarten dan menjaga anaknya.

10. Parental leave
Ini satu aspek yang sangat bagus di Jerman. Pemerintah Jerman menjamin perempuan hamil untuk tidak bekerja 6 minggu sebelum tanggal kelahiran dan 8 minggu setelah tanggal kelahiran. Selama ini mereka yang akan mempunyai anak mendapat gaji penuh. Setelah itu selama 3 tahun dari tanggal kelahiran perusahaan harus menjamin kalo posisi pekerjaannya. Jadi mereka yang melahirkan terjamin akan mendapat pekerjaannya kembali setelah 3 tahun. 3 tahun ini juga berlaku untuk suami. Istilahnya untuk 3 tahun ini adalah Elternzeit. Selain itu selama 12-14 bulan pertama sejak kelahiran, jika kita tinggal di rumah untuk menjaga anak maka kita akan mendapat 67% dari gaji netto selama 1 tahun sebelum kelahiran anak. Istilah untuk 67% gaji netto ini adalah Elterngeld. Sejak adanya program Elterngeld semakin banyak orang tua yang menyisihkan 12-14 bulan pertama bersama anak mereka, walaupun mereka mendapat pemasukan 33% lebih sedikit. Bagi mereka pengalaman dengan anak mereka lebih bearti dari materi yang mereka dapat kalo bekerja.

10 contoh kehidupan kerja orang Jerman di atas saya generalisasikan dari beberapa contoh perusahaan dan cerita dari saya dan teman-teman saya. Pastinya ada banyak pengecualian lain.

103 thoughts on “Kehidupan kerja orang Jerman

  1. adi

    ooh gitu ya gimana klo lu2san indonesia kerja di jerman apakah akan diterima spt lu2san asing yg bekerja di indonesia? sy rencana akan ikut dengan saudara saya yg di jerman

    Reply
    1. sjtirtha

      teorinya sih bisa aja lulusan indo kerja di Jerman. Dengan persyaratan utamanya bisa bahasa Jerman. Tapi selama ini saya belum pernah dengar lulusan indo yang langsung kerja di Jerman. Yang pernah ada orang Indo dapet projekt sementara di Jerman, itu pun karena dia kerja untuk perusahaan Jerman di Singapore.

      Reply
      1. Ebeth Resmol

        Ini salah satu dari beberapa posting menarik dan sarat informasi yang pernah saya baca. Tulisan diatas memberi pesan integrasi yang kental dari penulisnya selama bekerja di Jerman. Selamat dan sukses terus! Semoga kedepan lebih banyak kesempatan yang bisa diciptakan tiap anak bangsa untuk berkompetisi dalam dunia kerja di Jerman.

        Reply
  2. yasti lumempouws

    mau tanya nih. Kira-kira sampai stufe berapa kita memungkinkan diterima kerja di Jerman. Saya masih first graduate dan belum memiliki pengalaman kerja apa-apa. Pada bulan november berencana menikah dengan WNA Jerman dan menetap disana. Kira-kira memungkinkan tidak kalau saya mencari pekerjaan di Jerman?? Saya sudah lulus test hingga A2 dan berencana melanjutkan B1 dan mengambil test ZD. Bisa diberikan informasi lengkapnya? Email:Stephanandyasti@gmail.com

    Reply
    1. sjtirtha

      persyaratan kerja di Jerman biasanya gelar(S1/S2) dan kemampuan bahasa Jerman. Untuk kemampuan bahasa Jerman, biasanya mereka ga minta ijasah. Karena sebagian besar yang melamar lulusan uni/fh dari Jerman. Biasanya kemampuan bahasa Jerman ketauan pas interview.

      Reply
  3. yasti lumempouws

    Kira-kira ada saran nggak mengenai pekerjaan yang mudah didapat kalau pun akhirnya titel sarjana saya kurang memadai di Jerman? Selain itu bidang apa saja yang kira-kira tepat dijalani bagi orang-orang seperti saya ? Ada kah skill tertentu yang mungkin tidak terpikir oleh saya namun ternyata cukup diminati di Jerman?

    Reply
    1. sjtirtha

      di Jerman jenis kerjaan ada macem-macem, dari kerja di restaurant, pabrik, universitas, rumah sakit, sampai perkantoran. Dari indonya lulusan apa?

      Reply
  4. yasti lumempouws

    saya lulusan sastra Indonesia d slh satu univ. negri d Jatinangor. Cukup tertarik juga belajar bahasa Jerman. Makannya sekarang lagi les untuk bisa dapat sertifikat minimal ZD dulu. Oiya, kalau mau ambil Ausbildung syaratnya apa aja ya kira2?

    Reply
  5. ando

    menarik sekali ya tinggal di jerman…mau bagi infonya dong saya lulusan perawat di indo apakah ijazah saya berlaku ya di jerman??

    Reply
    1. sjtirtha

      saya ga gitu tau banyak tentang lulusan perawat indo di Jerman. Tapi taun 70-an banyak perawat indo yang datang ke Jerman dan sampai sekarang kerja dan pensiun di Jerman. Jadi kayanya pengakuan ijasahnya lebih mudah.

      Reply
  6. Angga Putra Aditya

    Saya sudah bekerja selama 5 tahun di perusahaan minyak nasional di Indonesia, sebagai Technical Support (saya lulusan IT) dan istri saya seorang dokter umum. Namun istri saya sangat ingin sekali ambil spesialis (dikarenakan diIndonesia sangat susah oleh banyak faktor) oleh karena itu kami berdiskusi dan berwacana untuk pindah ke German. Istri saya akan sekolah spesialis sementara saya berusaha mencari pekerjaan (jenis pekerjaan apapun saya akan jalani). Untuk informasi kami sedang mengandung anak pertama kami. Yang ingin saya tanyakan dimanakah saya bisa mendapat bantuan untuk informasi pekerjaan di german. Dan apakah banyak persyaratan untuk bekerja dan tinggal di german. Terima kasih banyak atas bantuannya

    Reply
  7. Retno

    hello say retno saya lulusan management pendidikan S1. dan saya bekerja di bidang tour and travel saat ini. minta infonya dunk kira-kira WNI yang kerja di Jerman mayoritasnya sebagai apa. mau mempersiapkan diri bekerja di jerman tapi masih belum dapet ide kerja apa disana. di mohon info selengkapnya.terima kasih

    Reply
    1. sjtirtha

      Sebagian besar orang Indo yang bekerja di Jerman, mereka bekerja sebagai engineer. Dan mereka semua lulusan Jerman. Kerja di Jerman mensyaratkan kemampuan. Lebih mudah kalo studi dulu di Jerman, lalu cari kerja.

      Reply
  8. ghesa

    Ka saya mau tanya kan saya lulusan s1 indo teknik elektro di telkom bisa gak kalau saya ngelamar kerja di jerman??
    Atau harus ada persyaratannya??

    Reply
  9. Nirwana

    Saya sdh berumur 37 tahun. Pendidikan S1 guru Bahasa Inggris. Pengalaman kerja di retail business/toko perkakas. Ada keinginan kerja di Jerman. apakah bisa kerja juga di Jerman yg sesuai dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja saya? Mohon informasinya.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, sejujurnya dengan background pendidikan dan pekerjaan sulit untuk bekerja di Jerman. Jerman biasanya mencari tenaga ahli di bidang engineering dan itu pun mereka lebih memilih orang asing yang lulusan Jerman. Salah satu kendala orang asing untuk bekerja di Jerman adalah bahasa.

      Reply
  10. Mochamad Rezki

    saya tertarik sekali untuk bekerja di jerman. saya lulusan sarjana jurusan software engineering. adakah peluang yang bagus untuk saya. untuk dapat B1 berapa lama yaaa proses belajar nya perkiraan? saya masih awam dengan bahasa jerman.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Lulusan software engineering sangat dicari di Jerman. Tantangan yang kamu hadapi sekarang sebenarnya adalah bahasa Jerman. B1/B2 itu level dasar bahasa Jerman, tidak cukup untuk bisa mulai bekerja. Untuk dapat B1/B2 kira-kira 6 bulan kurs intensiv. Saran saya adalah kamu mengambil S2 di sini, jadi itu sebagai batu loncatan untuk bisa bekerja di Jerman.

      Reply
  11. surya

    Bagaimana dengan saya gan??
    saya tamatan d3 teknik mesin

    Apakah ijasah D3 berlaku untuk perusahaan dsana??

    Reply
    1. germany2study Post author

      Kalo kamu mau kerja, sebaiknya kamu studi dulu di sini. Karena tanpa kemampuan bahasa Jerman yang kurang fasih, kamu akan sulit untuk mencari pekerjaan. Selain itu D3/D4 tidak diakui di sini, jadi kamu harus mengulang S1 dari awal di sini. Saran saya sebaiknya ambil extension supaya kamu dapat S1, lalu ke sini ambil S2. Nanti setelah S2 baru cari pekerjaan di sini.

      Reply
  12. Hiba

    Saya, lulusan It dgn usia 20 thn. Keahlian saya di bidang bahasa pemrograman ( C/C++, java dan C#) dan Matlab.. Apakah saya memenuhi untuk bsa kerja di German ?

    Reply
    1. germany2study Post author

      LT apa yah? Untuk kerja di Jerman kamu harus punya kualifikasi S1/S2 dan juga kemampuan bahasa Jerman yang cukup. Karena itu kebanyakan yang datang ke sini itu untuk studi dulu, baru setelah itu mereka mencari pekerjaan.

      Reply
  13. Titik Sumekar

    Salam.
    Saya Titik, lulusan Fakultas Ilmu Keperawatan, Univ.Indonesia.

    Saya tertarik ingin bekerja di Jerman, yang ingin saya tanyakan:
    1.Apakah peluang kerja untuk lulusan S1 Keperawatan di Jerman besar?
    2. Kira-kira pekerjaan apa saja yg bisa saya dapat dengan ijazah S1 Keperawatan?
    3. Kira2 untuk biaya hidup, kozt satu bulan, cukup tidak dengan gaji disana (misalnya kerja part time atau kerja di pabrik). Terima kasih kak.

    Reply
    1. germany2study Post author

      1. Peluang untuk bekerja sebagai perawat di Jerman setau saya cukup besar. Karena di tahun 70-an banyak perawat Indonesia yang merantau ke sini.
      2. Dengan ijazah perawat, pekerjaannya perawat di rumah sakit/panti jompo
      3. Kalo kerja sebagai perawat artinya tidak perlu parttime/kerja pabrik lagi. Dan gajinya pasti cukup untuk single, bahkan bisa menabung.
      Yang menjadi persyaratan utama adalah kemampuan bahasa Jerman, karena itu persyaratan mutlak untuk bekerja di Jerman.

      Reply
  14. aanna

    Says adalah lulusan S1 pertanian jurusam hama Dan penyakit tumbuhan, tetapi saya malah bekerja sebagai guru Dan dozen bahasa inggris. S2 saya adalah pendidikan bahasa inggris. Says ingin mendalami S2 dalam bidang pertanian di jerman,. Spakah memungkinkan tuk belajar Dan bekerja di Sana?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Aanna,
      iya kamu bisa ambil S2 pertanian di sini. Dan juga kemungkinan untuk bekerja cukup besar di Jerman, kalo kamu bisa berbahasa Jerman.
      Jadi sebaiknya cari program yang dalam bahasa Jerman.

      Reply
  15. Bagas

    Mas, saya mau ke Jerman buat kuliah dari S1 di Jerman, tapi sebelum itu saya mau kerja dulu disana sambil adaptasi sama cari modal buat kuliah. Ada saran gak mas biar saya gak kebingungan ngambil keputusan ini?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Bagas, kamu tidak bisa datang ke Jerman untuk bekerja kalo kamu tidak punya visa kerja. Untuk punya visa kerja kamu perlu sudah ada kontrak kerja dengan perusahaan di Jerman. Jadi dalam situasi kamu, kamu harus mulai langsung dengan S1 di Jerman.

      Reply
  16. dee

    Menarik… saya lulusan s1 Teknik Sipil indonesia dan rencananya saya akan menyusul suami saya yang kebetulan WN jerman… apakah peluang kerja untuk lulusan seperti saya memungkinkan?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Dee, sipil di Indonesia dan Jerman sangat berbeda kemungkinan besar kamu harus melanjutkan studi S2 dulu di sini sebelum bekerja.

      Reply
  17. Titi

    Saya adalah lulusan s1 di salah satu universitas di jakarta, tetapi saya tertarik dengan ausbildung Bäcker di jerman. Hobby saya dari dulu memang suka membuat roti, boleh tau persyaratan apa aja yg harus saya punya slain bahasa jerman? Apakah saya mempunyai kesempatan yg besar di jerman?
    Terima kasih sbelumnya.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Titi, Ausbildung itu agak sulit. Karena ini seperti bekerja. Artinya kamu harus cari Bäcker di Jerman yang mau mempekerjakan kamu.

      Reply
  18. dewa putu erik sanjaya

    Halo selamat malam
    Saya erik dari bali , saya punya kenalan tamu dari switzerland dan dia menggunakan bahasa german ! Dia mengajak saya untuk bekerja di restaurant miliknya tahun lalu , dia ngasi saya kesempatan kursus dan mereka akan kembali august tahun ini, ! Saya cuma tamatan SMA dan bahasa german saya tidak bagus ! Seandainya teman saya mau jadi sponsor dan dia bisa ngasi saya kontrak kerja dan tempat tinggal kira2 apa saja kendala yang akan saya dapat dalam kepengurusan visa kerja disana pak ? Makasi banyak

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Dewa, kalo kamu ada kontrak kerja dan tempat tinggal seharusnya tidak ada kendala dengan visa kerja. Tetapi pihak kedutaan Jerman biasanya juga cukup ketat, karena mereka akan cek apakah gaji kamu cukup, jangan sampai kamu dibayar terlalu rendah. Saya tidak tau kalo di Swiss gimana.

      Reply
  19. dea

    halo halo,
    mohon infonya ya mas/mbak..
    saya berencana kuliah s2 di jerman tahun depan, bulan depan kursus intensif bhs jerman A1-B1 selama 6bulan. di jerman mau ngambil political communication course. pertanyaan saya:
    1. apakah benar bhwa setelah lulus s2 kita bisa mendapat visa mencari kerja slama 6bulan disana? dan,
    2. apakah benar bila blm mendapat kerja di jerman selama 6bln tsb kemudian bisa kembali ke indonesia dan disalurkan oleh ZAV ,dan memperoleh gaji dr pemerintah Jerman juga?
    mohon informasinya. terima kasih..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Dea, untuk S2 kamu perlu level bahasa Jerman lebih dari B1. Biasanya S2 mensyaratkan level bahasa Jerman C1/C2. Kalo programnya dalam bahasa Inggris, bisa jadi kamu hanya perlu B2. Setelah kamu lulus dari uni di Jerman baik S1/S2, kamu ada waktu 1 tahun untuk mencari pekerjaan di sini. Setau saya ZAV tidak membayar gaji, bagi lulusan Jerman yang pulang ke Indo. ZAV tujuannya adalah membantu lulusan Jerman dari negara berkembang(seperti Indonesia) untuk kembali ke negaranya dan membangun negaranya. Jumlah yang dibayarkan ZAV bervariasi dari kasus per kasus. Dan ini tidak selalu pasti kamu bisa dapat.

      Reply
  20. Kukuh

    Terimakasih atas Penjabaran yg sangat bermanfaat , saya lulusan D3 tahun ini di salah satu sekolah tinggi di bandung jurusan perhotelan, lebih tepatnya pastry dan bakery apakah lulusan d3 seperti saya bisa mendapatkan pekerjaan disana? Dan rencana bulan juli ini saya mau ambil kursus bahasa jerman terimakasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Kukuh, berdasarkan informasi yang saya punya sampai saat ini lulusan D3 tidak diakui di Jerman. Tapi dalam kasus kamu karena pastry dan bakery cukup spesifik. Untuk itu biasanya kamu perlu ambil Ausbildung(ini semacam 3 tahun belajar pastry/bakery langsung di tempat kerja). Kamu bisa cek website ini: http://www.konditoren.de/ausbildung/.

      Reply
  21. tiara

    hai .. saya tiara saya lukusan S1 pendidikan ekonomi.. saya ditawarkan untuk bekerja di jerman sebagai perawat lansia namun saya harus les bahasa jerman dulu.. yang ingin saya tanyakan jika ingin menjadi perawat lansia gt apa memerlukan ijasah S1 saya? terimakasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Tiara, seharusnya untuk jadi perawat kamu tidak perlu S1 ekonomi kamu. Yang pasti persyaratan utamanya bahasa jerman.

      Reply
      1. Dwiky febryan

        Dan sekolah penerbangan yang bagus apa yaa disana ?? , kalo kuliah disana harus bisa bahasa jerman ? Kalo bisa bahasa inggris gimana ?

        Reply
        1. germany2study Post author

          Universitas di sini levelnya cukup sama, jadi tidak ada perbedaan jauh antara Universitas. Studi untuk penerbangan sepertinya kebanyakan dalam bahasa Jerman.

          Reply
      2. Dwiky febryan

        Atau kalo sekolah penerbangan lebih bagus di jerman , amerika , atau australia yang pastinya bermutu dan biaya terjangkau juga #thanks

        Reply
        1. germany2study Post author

          Kalo biaya terjangkau pasti Jerman, karena tidak ada tuition fee. Kalo mengenai mutu, saya juga masih cukup yakin di Jerman masih lebih bagus.

          Reply
  22. haiff

    halo kakk. aku rencana mau kuliah di jerman. setelah lulus pengen juga kerja disana.
    1. kira kira disana peluang pekerjaan untuk wanita berjilbab gimana ya? apakah lebih susah?
    2. aku pengen jadi web designer/web developer. kira kira kuliahnya jurusan apa ya? makasih sebelumnya..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, untuk perempuan berjilbab memang mungkin agak lebih sulit. Tapi kalo kamu berkualifikasi dan fasih berbahasa Jerman harusnya bisa juga untuk mendapat pekerjaan. Untuk Web Designer/Web Developer kamu harus cari bidang studi Medieninformatik.

      Reply
  23. ricky

    Hai mbak, luar biasa informasinya. Saya termasuk telat ini. Kurang berminat mencari tahu karena bahasa.

    Mba, umur saya 34, S1 accounting, apakah terbuka peluang saya bekerja di jerman? Indsutrinya terserah.
    Setelah baca2, mbak selalu jawab S2 aja dulu biar gampang mencari kerja sesudahnya.

    Saya benar2 buta ttg jerman. Dengan umur saya yg sudah maksimal, utk belajar bahasa jerman, minimal berapa tahun saya kursus agar bisa mencapai level kemampuan bahasa utk rpofesional?? Ada batasan umur utk kerja di sana????? Dengan sertifikat bahasa level profesional, apakah bisa langsung apply kerja di sana dan peluang diterima kerja besar tanpa harus S2 dulu?????

    Thanks a lot atas infonya.

    Luar biasa penjelasan dan respon2nya, mbak

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ricky, kualifikasi Accounting di sini agak kurang dicari, karena Accounting di sini bukan selevel S1 tapi selevel D3. Peluang untuk melamar kerja langsung juga agak sulit, karena itu lebih baik ambil S2 dulu sambil memantapkan bahasa Jerman. Di Jerman tidak ada batasan umur untuk studi.

      Reply
  24. Ageung

    Hai, sebelumnya thanks ya info tentang jerman nya sangat bantu. Mau tanya, saya punya keinginan untuk kuliah di jerman tapi saya mau ambil kursus bahasa dulu di indo. Kalau misalnya saya ikut les bahasa dari A1 sampai B1 terus saya ikut les bahasa lagi di satu instansi (karena program mereka utk bantu kuliah disana) dari A1 lagi apa jadi masalah ?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Harusnya tidak ada masalah untuk ambil A1 lagi, hanya saja kamu buang-buang waktu dan uang. Kalo sudah B1, lebih baik lanjutkan ke B2. Karena sekarang banyak Studienkolleg yang mintanya B2.

      Reply
  25. Dwiky febryan

    Mau nanya donk ..kalo misalnya SMA kelas 10 nilai IPA nya rendah tapi nnti kelas 11 dan 12 akan saya perbaiki nilainya …kan kalo di indonesia udah pasti gak keterima di ITB kira kira kalo di jerman bisa keterima gak di sekolah penerbangan manapun #thanks sebelumnya

    Reply
  26. indah

    Hai,saya indah . Terimakasih postingannya sangat bermanfaat. Saya masih mahasiswa tingkat 3 di univ. Brawijaya malang jurusan pend. Dokter. Yang ingin saya tanyakan apakah kira kira ada peluang dokter lulusan indonesia untuk bekerja di Jerman?
    Terimakasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Indah, untuk lulusan dokter Indonesia langsung bekerja di Jerman mungkin agak sulit. Karena kedokteran di Jerman dan Indo berbeda, terutama juga jenis penyakit yang ada di negara tropis dan Jerman berbeda. Karena itu lebih baik kalo kamu lanjut studi dulu di sini.

      Reply
  27. Ervien Setyawan

    Saya mau tanya, jika lulusan saya hanya SMA, apakah ada pekerjaan yg bisa di kerjakan untuk saya di Jerman?

    Modal yg saya punya hanya bisa berbahasa Jerman dan mempunyai bakat di bidang design. Bisakah saya tinggal di Jerman dan menikah dengan orang Jerman?
    Saya bersedia bekerja apapun, jika ada lowongan pekerjaan di Jerman.

    Tolong bantu saya mencari jalan keluarnya, jika Anda tidak keberatan.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih. :)

    Reply
  28. Ervien Setyawan

    Saya mau tanya, jika lulusan saya hanya SMA, apakah ada pekerjaan yg bisa di kerjakan untuk saya di Jerman?

    Modal yg saya punya hanya bisa berbahasa Jerman dan mempunyai bakat di bidang design. Bisakah saya tinggal di Jerman dan menikah dengan orang Jerman?
    Saya bersedia bekerja apapun, jika ada lowongan pekerjaan di Jerman.

    Tolong bantu saya mencari solusi serta jalan keluarnya, jika Anda tidak keberatan.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih. :)

    Reply
  29. novi andani

    Hallo :)
    Saya novi. Saya tertarik untuk melanjutkan S2 di jerman. Saya S1 jurusan accounting di univ.brawijaya. saya mau bertanya jurusan apakah di S2 yang masih berkaitan dengan jurusan saya sebelumnya dan memiliki peluang kerja baik di jerman? Saya ingin bekerja di jerman.

    Reply
  30. macazzar

    salam kenal ya,
    sama dgn penanya di atas yg umurnya sdh kepala 3, sayapun demikian sudah 35 tahun desember ini. Yang saya mau tanyakan peluang kuliah spesialis untuk dokter masih terbuka ga untuk umur yg ga muda lagi?atau apakah ada jurusan spesialisasi tertentu yang mensyaratkan umur maksimal saat memulai studi seperti kampus kampus dalam negeri. terima kasih sebelumnya

    Reply
  31. silvania

    Hi kak mau tanya… 1) lulusan jurusan interior design apakah laku kalo mau cari pekerjaan di jerman? 2). Emang kalau ambil Master dlm bhs inggris, apakah saat mencari pekerjaan di jerman susah? Tp sy udah les bhasa sampai level B1. Mohon dibales ya.. Vielen Dank..

    Reply
  32. anggi anriani arifin

    Kak saya lulusan S1 hukum di salah satu universitas swasta di makassar dan saya tertarik untuk melanjutkan S2 saya di bidang hukum internasional. Yang mau saya tanyakan :
    1. Apa lulusan kampus swasta bisa diterima? Krn saya dengar agak sulit
    2. Untuk bidang hukum internasional di jerman apakah peluang kerja di jerman untuk lulusan tersebut nantinya sangat dicari?
    3. Dan apa bisa jika misalnya S1 saya hukum dan mengambil S2 dibidang ekonomi management? Terus peluang kerja di jerman apakah terbuka lebar untuk lulusan management?

    Reply
  33. anto

    Assalamualaikum,
    Selamat malam, numpang nanya dong. Sy lulusan s1 teknik mesin(koversi energi)dan sebelumnya sy kuliah sambil kerja,pengalaman kerja di pabrik sekitar 4th dan sebagai teknisi(engineer) alat berat sekitar 3th. Sy ingin mencari pekerjaan di jerman, apakah disana pengalaman kerja diperhitungkan? Dan untuk melanjutkan s2 di jerman butuh waktu berapa lama? Terima kasih
    Wassalamualaikum

    Reply
  34. Dannen narendra

    Hallo, maaf sy mau bertanya, saya lulusan d3 mnajmen informatika, yg sy dengar d jerman ijazah d3 tidak di akui, jadi sy berencana untuk mengulang s1 di jerman..tapi umur sy skrg 23 les bahasa dan persiapan studkoll 1 tahun, lalu studkooll dan kuliah krg lebih 5 tahun, jadi saya akan lulus di umur 29, yang saya ingin tanyakan
    1. Apakah di umur 29 masih mudah untuk mencari pekerjaan di jerman?
    2. Sy jg dengar bhwa syarat untuk dapat visa kerja di jerman harus mendapat pekerjaan dengan penghasilan 40rb euro pertahun, apa itu benar?
    3. Adakah bidang ilmu yang paling mudah bekerja di jerman ?(untuk referensi mengambil jurusan saat kuliah)
    Trimakasih…

    Reply
  35. Suci Legowo

    Hello kak.. aku kelas 3 dan niatnya mau nglanjutin kuliyah..sebenernya masih agak bingung.. tapi kalo nggk d4 keperawatan ya s1 IKK kak.. dan pengennya nerusin s2 di jerman.. apakah ada kak? Dan apa yg harus dipersiapkan dari sekarang ya kak? Dan kalau misal kerj di jerman.. apakah bisa kembali ke indonesia? Terimakasih jawabannya kak..

    Reply
  36. Ishell

    Selamat siang, saya lulusan S1 manajemen pemasaran pariwisata di salah satu universitas di bandung, apa memungkinkan bagi saya untuk kerja di jerman ? Sebelumnya saya sudah menjalani 2x praktik kerja lapangan ( job training) masing masing program job training jangka waktunya 6 bulan

    Reply
  37. Daniel

    Hello saya daniel, saya skrng sedang kuliah jurusan tour and travel D3, kalau saya ke jerman belajar jadi S1 bisa tidak ya ? disana kerja di bandara bagus tidak ya ?

    Reply
  38. mel

    hallo, thanks banget info nya sangat membantu dan detail (:
    aku skg tingkat akhir mahasiswi kedokteran d Indo, kira” disana untuk lanjut spesialis besar kemungkinan gak ya untuk WNA? dan kira” asal univ dan nilai yg diliat gmn? aku dgr jg kta na mending cb k daerah kecilnya dlu kalo apply? dan klo selese spesialisasi d sana sy mau krj dsana apa bs lgsg krj atau gmn? sama ada gak sih beda perlakuan/kesempatan bwt krj/kul anatara lulusan Jerman na dan luar? makasih yaa (:

    Reply
  39. mel

    hallo, thanks banget info nya sangat membantu dan detail (:
    aku skg tingkat akhir mahasiswi kedokteran d Indo, kira” disana untuk lanjut spesialis besar kemungkinan gak ya untuk WNA? dan kira” asal univ dan nilai yg diliat gmn? aku dgr jg kta na mending cb k daerah kecilnya dlu kalo apply? dan klo selese spesialisasi d sana sy mau krj dsana apa bs lgsg krj atau gmn? sama ada gak sih beda perlakuan/kesempatan bwt krj/kul anatara lulusan Jerman na dan luar? makasih yaa (:

    Reply
  40. Agastya

    Halo saya lulusan teknik metalurgi/material ITB, berencana untuk melanjutkan studi S2 di jerman dengan beasiswa Erasmus Mundus. Saya ingin bertanya:
    1. Bagaimanakah tanggapan perusahaan jerman terhadap program erasmus mundus? (Tahun pertama s2 di prancis, tahun kedua di jerman) yang di Jerman khususnya di LMU Munich.
    2. Berapakah rata2 gaji untuk engineer freshgraduate master tanpa pengalaman kerja (ataupun hanya intern beberapa bulan)?
    3. Berapa biaya hidup rata2? Dan dari data no.2 berapa banyak yang bisa disimpan dikurangi biaya hidup perbulan/tahun?

    Reply
  41. Arif maulana

    Selamat malam
    Saya ingin bertanya tentang dunia kerja di Jerman.
    Saya lulusan SMK teknik listrik otomasi industri.
    Usia saya 21 tahun.
    Saat ini saya sedang melanjutkan studi S1 teknik industri.
    Pertanyaan
    1. Bagaimana kita dapat informasi lowongan pekerjaan di Jerman apakah ada perwakilan nya di Indonesia
    2. Persyaratan apa saja untuk dapat bekerja di Jerman
    3 jika kita belum punya Link atau kontrak kerja dengan perusahaan di Jerman, apakah kita bisa sambil mencari disana atau kita ikut pelatihan dan bagaimana cara untuk mengikuti nya
    Mohon dapat di respon juga via email
    arifmaulanafitrah@yahoo.co.id
    Terima kasih

    Reply
  42. Arif maulana

    Selamat malam
    Saya ingin bertanya tentang dunia kerja di Jerman.
    Saya lulusan SMK teknik listrik otomasi industri.
    Usia saya 21 tahun.
    Saat ini saya sedang melanjutkan studi S1 teknik industri.
    Pertanyaan
    1. Bagaimana kita dapat informasi lowongan pekerjaan di Jerman apakah ada perwakilan nya di Indonesia

    3 jika kita belum punya Link atau kontrak kerja dengan perusahaan di Jerman, apakah kita bisa sambil mencari disana atau kita ikut pelatihan dan bagaimana cara untuk mengikuti nya
    Mohon dapat di respon juga via email
    arifmaulanafitrah@yahoo.co.id
    Terima kasih

    Reply
  43. bekti

    Salam kenal, saya bekti,

    Saya rencana studi S3 di belgia dan mengajak suami. Suami saya kerja di bidang software engineering. mungkinkah suami saya kerja di jerman, sedangkan saya kuliah di Belgia. Atau jika saya kuliah di Jerman, bolehkan pasangan kita bekerja disana.

    Mohon informasinya.
    terim kasih
    Bekti

    Reply
  44. Agus

    Saya lulusan dokter indo, mw ambil s2 master neuroscience apakah bisa utk bekerja di sana memulai kehidupan setelah lulus nanti?
    Terima kasih infonya

    Reply
  45. Kurnia

    Hai terimakasih penjabarannya. Saya sudah lulus apoteker, kira” banyak tidak peluang apoteker d jerman? Untuk bahasa saya baru akan belajar. Terimakasih

    Reply
  46. Stefan

    Saya lulusan arkeologi dari…kira2 mudah gak dapat kerja di jerman…
    kemungkinan saya mau ambil studi egyptology..dan mungkin harus dari s1 lagi,,maunya sih di Heidelberg…
    apa sulit?
    mohon pendapatnya…Thanks

    Reply
  47. Marla

    Hai, sy Marla. Lulusan S1 keperawatan dan sekarang lagi dalam proses menyelesaikan S2 bidang Kesehatan masyarakat. Sy sama sekali belum punya kemampuan berbahasa jerman tapi sy ingin sekali bekerja di jerman sambil melanjutkan studi S2 ilmu keperawatan. Kira2 peluang saya gimana ya? trus untuk bisa fasih bahasa jerman butuh kursus berapa lama? Trima kasih.

    Reply
  48. Ana

    Hallo
    Saya ingin menanyakan kalo untuk melanjutkan smu di german apakah bisa..
    Dan apakah bs ditemani ibu sya..
    Dan untuk ibu saya yg sdh berumur 45 masih bskah ikut ausbildung
    Tq infonya

    Reply
    1. germany2study Post author

      Di Jerman tidak ada batasan umur untuk Ausbildung selama ada yg mau menawarkan tempat untuk Ausbildung. Ibu kamu juga bisa mulai dengan les bahasa Jerman.

      Reply
  49. Lenny

    saya ingin bertanya untk s2 jurusan keperawatn di jerman ada tidak yahk, kalo boleh tahu universitas apa aja, soalnya asaya mengalami kesulitan dalam mencari informasinya. terimakasih

    Reply
  50. Joni

    Hai, saya Joni, ingin menanyakan, saya kebetulan telah bekerja di perusahaan otomotif di indo selama 3 tahun dan berencana untuk mencari pekerjaan dibidang yang sama di jerman, besarkah peluang untuk saya mendapatkan pekerjaan disana? namun disayangkan karena saya hanya lulusan D3 Teknik.

    Mohon petunjuknya dan terima kasih sharingnya.
    Salam,

    Reply
  51. Aryani

    Hallo there,

    Saya akan menikah dgn pria Jerman dan menetap di sana bln depan. Rencananya disana saya akan kursus bhs Jerman di Goethe spy bhs jerman saya lbh lancar. Pertanyaan saya, bagaimana caranya saya mendapatkan pekerjaan part time disana? Apakah ada tautan yg reliable utk memberikan info ttg kerja part time disana? Mengingat yg saya baca di artikel lain, kebykan part timer adalah pelajar. Yg saya maksudkan part time job disini adalah mini job yg informal.

    Danke schön

    Reply
  52. Achmad rifai

    Hay kak, salam kenal saya achmad rifai, saya ingin sekali bisa bekerja dan kuliah di sana, sekarang saya semester awal jurusan teknik mesin di universitas swasta di balikpapan dengan akreditasi C , saya juga telah bekerja di perusahaan minyak di indonesia, yang ingin saya tanyakan apakah akreditasi kampus di indonesia berpengaruh jika ingin lanjut untuk S2 di jerman dan pengalaman kerja saya bisa di gunakan untuk mencari pekerjaan di jerman sambil saya bekerja di sana, untuk memenuhi biaya kuliah di sana, sebelum makasih kak penjelasannya

    Reply
  53. Agustinus Welly Adi Nugroho

    Halo Kak, sebelumnya perkenalkan saya Agustinus Welly. Saya sangat tertarik dengan Eropa namun saya sangat interest dengan Germany terutama di bidang technology nya karena kita tahu kalau bidang technology di sana sangat unggul. Saya mempunyai cita-cita suatu saat nanti saya bisa melanjutkan study dan Bekerja di Germany.
    Namun yang masih menjadi kendala bagi saya adalah Bahasa German. Saya lulusan D3 Mechatronics dan S1 teknik Elektro. Dan usia saya skrng 27th. Saya mohon info dan saran dari Kakak supaya saya dapat melanjutkan study sambil bekerja di Germany donk Kak..
    Apakah masih ada kesempatan bagi saya?
    Kemudian apa saja yg harus saya persiapkan dari sini supaya nnti jika diberi kesempatan ke Germany saya sudah siap.

    Terima Kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      hi Augstinus,

      Kami menuliskan beberapa artikel terkait pertanyaan kamu ini. Silahkan dibaca2 dulu yah. Jadi kamu tau gambaran kuliah sambil kerja disini. Untuk kerja setelah lulus, sangat menguntungkan kalau kamu bisa bahasa Jerman.
      Kalau sudah baca2 artikelnya, bisa menghubungi kami lagi melalui Kontak.

      Reply
  54. zirhan

    Saya lulusan IT dari salah satu universitas di Jakarta apakah ada kesempatan untuk bidang saya di German?

    Reply
  55. desty anggraini susanto

    saya mahasiswa akhir s1 jurusan teknik sipil di universitas palangkaraya di kalimantan tengah..saya tertarik untuk mencari pekerjaan di jerman..ya kalau bisa sebagai pegawai negeri disana..kira2 apa saja yg harus saya persiapkan..dan kira2 berapa biaya yang harus saya persiapkan juga..dan jugansaya sudah mempunyai anak umur 1,5 tahun..jika saya setelah lulus bekerja sebagai tenaga ahli konstruksi di sini beberapa tahun, apakah bisa saya melamar pekerjaan di jerman dgn berbekal ijazah s1 teknik sipil yg saya miliki dan pengalaman kerja yg saya miliki..terimakasih

    Reply
  56. feni yustika

    hi,saya mau tanya,saya kan lulusan smk jurusan multimedia tetapi saya mempunyai cita cita dari kecil untuk bisa kuliah atau kerja di jerman.apakah jika saya terbang ke jerman setelah lulus smk sya bisa langsung bekerja di jerman atau kuliah di jerman.mohon sarannya .terima kasih

    Reply
  57. Ester

    Liebe Herr und Frau,

    Saya sdh nikah dgn WN Jerman 3 bln lalu dan sy sdg menunggu visa national/PR. Selama di Jkt sy bekerja sbg National Sales Mgr. Owner perusahaan yg sekarang menawari sy expansi potensial Market di Jerman tp belum ada Branch office. Apakah sy perlu ijin kerja spt KITAs ( Indonesia). Krn sy bekerja utk perusahaan Indonesia tp cari Market di Jerman. Kemana sy hrs mendapatkan informasi tentang ijin kerja. Vielen Dank

    Reply
  58. Yohana

    Halo..
    Terima kasih banyak atas informasinya ya..
    Seperti yang sudah saya baca, lulusan accounting di indo hanya setara dengan D3 di Jerman, dan akan lebih mudah untuk bekerja jika mengambil S2 dulu untuk batu loncatan. Saya ingin bertanya, bisakah saya mengambil program master di Hochschule instead of Universität? Dan dari lulusan manakah yang memiliki peluang kerja lebih besar?
    Terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Bisa ambil di Hochschule. Kalau kamu memang mau langsung kerja di perusahaan, lebih baik ambil Hochschule/FH. Tetapi kalau mau nanti research atau tertarik kuliah S3, lebih baik ambil di Uni.

      Reply
  59. Malik

    Salam, saya sekarang sedang manjalani studi S1 Kimia. Jika saya berencana melanjutkan studi S2 di Jerman, bagaimana prospek pekerjaan di bidang kimia analis atau QC/QA? Terima kasih sebelumnya :)

    Reply
  60. Syifa

    Hai. Aku mau nanya dong. aku lulusan S1 di indonesia. Kalo misalkan aku daftar ausbildung (aku ga minat S2 soalnya waktu S1 kemarin sebenernya ga terlalu suka sama jurusan kuliahnya, semacam salah jurusan sebenernya), kan diminta ijasah sekolah terakhir. Kalo kasusnya begitu, yang kira” bakal dikasih ijasah kuliah S1 indo yg baru aku dapet atau tetep pake ijasah SMA? Makasih ya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>