Kamus

A

Arbeitserlaubnis
Ijin untuk bekerja di Jerman. Bentuknya sebagai visa yang ditempel di passport. Biasaya tertulis ijin untuk bekerja di perusahaan A. Berlaku kira-kira 1-2 tahun, setelah itu harus diperpanjang lagi.

Aufenthalterlaubnis/Aufenthaltgenehmigung
Ijin untuk tinggal di Jerman. Bentuknya adalah sebagai visa yang ditempel di passport. Biasanya tertulis ijin tinggalnya untuk studi di universitas/fh A. Berlaku kira-kira 1-2 tahun, setelah itu harus diperpanjang lagi.

Aufnahmeprüfung
Terjemahan dalam bahasa Indonesia adalah ujian masuk. Dalam konteks studi di Jerman sering dipakai untuk ujian masuk ke Studienkolleg. Ujian ini adalah ujian pertama bagi orang Indonesia yang berencana studi di Jerman setelah SMA. Tergantung Studienkollegnya, ujian yang harus diambil biasanya bahasa Jerman dan matematik. Ujian ini kira-kira diadakan 1-2 bulan sebelum semester dimulai.

Ausländerbehörde
diterjemahkan kantor imigrasi. Visa pertama didapat dari kedutaan Jerman di Indonesia. Visa-visa berikutnya kita dapat dari kantor imigrasi. Kantor imigrasi mengeluarkan visa untuk ijin tinggal dan bersamaan dengan itu juga ijin untuk bekerja. Kantor ini juga mengeluarkan surat undangan(Verpflichtungserklärung) untuk mengundan keluarga berkunjung ke Jerman.

B

Bürgeramt
Kantor untuk pendaftaran diri. Setiap orang yang tinggal di Jerman harus melaporkan dirinya ke kantor ini. Selain itu kantor ini juga tempat untuk mendapat surat pajak(Lohnsteuerkarte) dan untuk menyelesaikan semua hal yang berurusan dengan negara.

C

D

DSH (Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang)
Ujian bahasa Jerman sebagai persyaratan memasuki sekolah tinggi(FH/Universitas) di Jerman. Biasanya DSH menjadi persyaratan bagi mereka yang tidak perlu Studienkolleg(karena sudah pernah studi di universitas), tetapi harus membuktikan kemampuan berbahasa Jerman. Peringkat DSH: DSH 1(57%-67%), DSH 2(67%-81%), DSH3 (diatas 81%). DSH terdiri dari 4 ujian: 1. Pengertian dalam mendengar teks bahasa Jerman 2. Pengertian dalam membaca teks bahasa Jerman 3. Menulis teks 4. Pengertian dalam artikel ilmu pengetahuan.

E

Einkommensteuererklärung
Laporan pajak pemasukan yang pada umumnya harus dibuat setiap tahun dan dikirim ke Finanzamt. Laporan ini menunjukan berapa pemasukan yang kita dapat dan pengeluaran-pengeluaran yang bisa diperhitungkan ke dalam pajak.

Einwohnermeldeamt
lihat Bürgeramt

Exmatrikulation
keluar dari FH/Universitas. Exmatrikulation harus dilakukan setelah selesai studi atau jika studi di FH/Universitas tersebut tidak dilanjutkan.

F

Festellungsprüfung
Ujian ini dalam konteks studi di Jerman, biasanya yang dimaksud adalah ujian akhir di Studienkolleg. Jadi Aufnahmeprüfung adalah ujian masuk dan Festellungsprüfung adalah ujian akhir. Semua mata pelajaran di Studienkolleg akan diuji dalam Fesstellungsprüfung. Ijasah kelulusan Festellungsprüfung yang nantinya menjadi persyaratan untuk masuk FH dan Universitas. Untuk bidang studi yang Numerus Clausus maka nilai dari Festellungsprüfung akan menjadi bahan penilaian untuk masuk FH dan Universitas.

G

H

Immatrikulation
pendaftaran diri ke FH/Universitas sebagai mahasiswa, setelah mendapatkan Zulassungsbescheinigung.

J

K

L

Lohnsteuerkarte
ini adalah kartu pajak yang dikeluarkan setiap tahun oleh Bürgeramt atau Finanzamt, tergantung kota dan provinsi. Didalamnya tercantum data pribadi, kelas pajak, dan data-data lainnya yang berhubungan dengan pajak, contohnya menikah atau tidak, agama, jumlah anak, dan lain-lain. Penggunaan kelas pajak pada umumnya 1 untuk yang belum menikah. 3 dan 5 untuk yang sudah menikah dan satu orang(suami/istri) berpenghasilan lebih banyak memakai kelas 3 dan yang berpenghasilan lebih dikit kelas 5. Untuk suami istri yang berpenghasilan hampir sama keduanya bisa memakai kelas 4. Kelas 6 dipakai untuk yang memiliki lebih dari 1 pekerjaan. Kartu pajak dibutuhkan untuk bekerja, karena perusahaan harus melaporkan pajak pemasukan ke Finanzamt.

M

N

Niederlassungserlaubnis
Ijin untuk tinggal dan bekerja di Jerman tanpa batasan waktu. Di negara-negara lain dikenal sebagai Permanent Resident. Persyaratan untuk mendapat ini adalah telah membayar pensiun untuk 60 bulan dan telah tinggal di Jerman untuk beberapa tahun. Masa berlaku tidak terbatas.

Numerus Clausus (NC)
NC adalah istilah yang dipakai untuk bidang studi memiliki tempat terbatas, contohnya kedokteran. Karena itu Universitas yang menawarkan studi kedokteran hanya memilih pelamar-pelamar terbaik berdasarkan nilai. Untuk bidang studi yang tidak memiliki NC, artinya jika pelamar memenuhi semua persyaratan yang diminta, maka ia akan diterima oleh FH atau Universitas tersebut.

O

P

Q

R

S

Studienkolleg
adalah sekolah persiapan bagi mahasiswa asing yang datang dari negara yang tingkat pendidikannya tidak/belum disamakan dengan Jerman. Studienkolleg selalu ada dibawah naungan FH atau Univesitas. Karena itu mahasiswa Studienkolleg disamakan seperti mahasiswa FH atau Univesitas. Studienkolleg berlangsung selama 1 tahun dan dibagi menjadi 2 semester. Studienkolleg dibagi berdasarkan bidang studi yang dipilih di FH atau di Universitas. Pembagiannya adalah G-Kurs contohnya untuk studi sejarah, W-Kurs untuk studi ekonomi, T-Kurs untuk studi tehnik, M-Kurs untuk studi kedokteran, S-Kurs untuk studi bahasa.

T

U

V

W

X

Y

Z

Zulassungsbescheinigung(Zulassungsbescheid)
adalah surat yang dikeluarkan oleh FH/Universitas untuk masuk Studienkolleg atau untuk langsung masuk ke FH/Universitas.