Jenis-jenis pekerjaan untuk mahasiswa di Jerman

Sebagian mahasiswa Indonesia di Jerman yang saya kenal semuanya bekerja selama masa studi mereka. Bekerja sambilan selama masa studi di Jerman adalah pengalaman yang sangat menarik. Karena di satu sisi kita bisa belajar dunia pekerjaan di Jerman di sisi lain penghasilan yang didapat lebih dari cukup. Pengalaman saya selama masa studi, saya sempat bekerja di pabrik selama kira-kira 2 bulan sewaktu liburan semester. Setelah itu saya mendapat pekerjaan mahasiswa (werkstudent) di perusahaan sebagai programmer. Dan semasa saya studi di Furtwangen, saya juga sempat bekerja sebagai tutor mahasiswa. Di post ini saya mau membagikan beberapa informasi mengenai jenis-jenis pekerjaan untuk mahasiswa di Jerman.

1. Pekerjaan pabrik
Ini adalah salah satu jenis pekerjaan paling favorit di kalangan mahasiswa. Karena pekerjaan pabrik biasanya membutuhkan tenaga fisik dan tidak memerlukan kemampuan bahasa Jerman yang bagus. Dan pekerjaan jenis ini mudah untuk didapat. Salah satu contoh pekerjaan pabrik adalah memasukan barang-barang yang diproduksi ke dalam kardus. Pekerjaan pabrik biasanya mensyaratkan untuk bekerja setidaknya 1 minggu (5 hari) penuh dan jamnya disesuaikan dengan jam produksi. Contohnya jam kerja pagi dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang.  Setelah itu jam kerja siang dari jam 2 siang sampai jam 10 malam. Diantaranya ada beberapa istirahat selama 15-30 menit. Pekerjaanya biasa dilakukan di ban berjalan (Fließband) dan cukup monoton. Pekerjaan jenis ini baiknya diambil selama masa liburan, supaya tidak mengganggu studi.

2. Pekerjaan gastronomi
Pekerjaan di gastronomi bervariasi dari mencuci piring, menyiapkan makanan, sampai menjadi pelayan. Sebagai pelayan tentunya disyaratkan memiliki kemampuan berbahasa Jerman yang cukup bagus. Secara waktu pekerjaan ini lebih flexibel karena tidak tergantung dengan jam produksi. Jam untuk pekerjaan ini biasanya bisa diatur berapa hari seminggu dan berapa jam sehari.

3. Pekerjaan di FH atau Universitas
Ini salah satu jenis pekerjaan yang paling cocok untuk mahasiswa, karena di satu sisi bisa menjalin hubungan yang baik dengan dosen dan mahasiswa lainnya dan di lain sisi pekerjaannya biasa di kampus. Jadi bisa disesuaikan dengan jam kuliah dan tidak perlu pergi jauh ke tempat kerja. Jam kerjanya juga biasa cukup flexibel. Pekerjaan ini biasanya mensyaratkan kita untuk mengetahui tema-tema tertentu dalam studi kita dan juga cukup fasih berbahasa Jerman. Contoh pekerjaan ini adalah menjadi asisten dosen untuk tugas-tugas praktikum.

4. Pekerjaan di perusahaan
Pekerjaan jenis ini menarik untuk ke masa depan, karena dengan ini kita memiliki kemungkinan untuk membuat kerja praktek atau tugas akhir di perusahaan yang sama. Pekerjaan ini mensyaratkan kemampuan dalam bidang tertentu dan cukup fasih berbahasa Jerman. Jam kerja mahasiswa di perusahaan biasanya juga cukup flexibel, artinya kita bisa membuat perjanjian dengan bos kita hari-hari apa saja dan berapa jam kita bekerja. Dan pada masa liburan ada kemungkinan untuk bekerja dengan jam lebih banyak. Contoh pekerjaan di perusahaan yang sering saya lihat adalah sebagai programer. Dengan kemampuan programming saya diawal-awal masa studi, membuat saya mudah untuk mendapatkan pekerjaan jenis ini.

Selain 4 jenis pekerjaan ini, masih banyak jenis-jenis pekerjaan lainnya. Contohnya di gedung pameran(Messe), di Frankfurt banyak pekerjaan seperti ini. Selain itu juga sering ada pekerjaan dari orang-orang privat. Terkadang ada orang yang mencari bantuan untuk pindahan atau untuk membereskan kebun mereka.

Semoga posting ini bisa membantu untuk mendapat gambaran kehidupan mahasiswa di Jerman yang diselingi dengan pekerjaan. Satu hal yang saya sarankan dalam hal ini, jangan sampai mengorbankan waktu studi. Karena uang yang didapat dari pekerjaan tidak sebanding dengan masa studi yang terundur untuk 1-2 semester, atau mungkin lebih dari 2 semester.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>