FH atau Universitas

Salah satu persiapan penting untuk studi di Jerman adalah memilih sekolah tinggi yang tepat dan sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Pilihan sekolah tinggi di Jerman untuk orang asing pada umumnya dibagi dua: FH dan Universitas.

FH adalah University of Applied Science dan sering kali diterjemahkan sebagai Polytehnik di Indonesia. Istilah FH(Fachhochschule) sudah diganti menjadi Hochschule beberapa tahun terakhir, karena tingkat pendidikan yang ditawarkan Hochschule semakin lama semakin setara dengan Universitas. Sering kali orang Indonesia yang merencanakan studi di Jerman sulit untuk memilih FH atau Universitas. Untuk orang-orang yang memilih jurusan-jurusan tertentu lebih mudah, karena ada beberapa jurusan yang hanya ditawarkan di FH atau di Universitas. Contoh studi kedokteran hanya ada Universitas, sedangkan Design Interior hanya ada di FH. Tetapi jurusan-jurusan lain(seperti mesin, elektro, computer) pada umumnya ada di FH dan di Universitas. Di bawah ini saya membahas point-point yang menjadi pertimbangan untuk memilih FH atau Universitas. Dari pengalaman saya yang adalah lulusan FH dan melihat beberapa teman-teman, point-point di bawah lebih menyarankan FH. Tetapi saya juga mendukung orang-orang yang berusaha keras untuk studi di Universitas.

1. Isi studi
Studi di FH lebih berorientasi ke praktek dan isi mata kuliahnya tidak dibahas dengan mendalam seperti di Universitas. Sering kali ini menjadi alasan orang lebih memilih Universitas, karena merasa rugi jauh-jauh sekolah ke Jerman kalau tidak belajar sampai mendalam. Untuk orang yang memang senang belajar dan mampu, bagus untuk memilih Universitas. Dan juga untuk yang ingin jadi dosen atau kerja di Research, Universitas lebih tepat. Tetapi dilain sisi jika ingin pergi ke dunia kerja atau menjadi wiraswasta mungkin FH lebih tepat. Karena di dunia kerja dan FH, jarang sekali pengetahuan yang mendalam dibutuhkan. Dan kalau seandainya pengetahuan yang mendalam dibutuhkan di dunia kerja, perusahaan juga akan memberikan waktu untuk memperdalam pengetahuan di waktu kerja.

2. Lingkungan studi
Point yang satu ini tergantung dengan jurusan yang diambil. Hal yang saya bahas di point ini biasanya terjadi untuk jurusan-jurusan umum seperti mesin, elektro, dan computer. Lingkungan studi di FH biasanya lebih kecil, dengan demikian mahasiswa saling kenal, juga dengan dosen. Lingkungan studi di Universitas biasanya lebih besar, jadi sering kali mahasiswa saling tidak kenal. Dan karena begitu banyak mahasiswa, dosen memiliki beberapa asisten untuk membantu dosen mengajar atau memeriksa hasil tes.

3. Masa studi
Masa studi juga berkaitan dengan point diatas. Pada umumnya mahasiswa FH selesai lebih cepat dari orang-orang yang studi di Universitas. Karena di Jerman tidak ada drop out dan tidak ada tekanan untuk lulus dengan cepat, ada orang-orang yang studi lama sampai 20 semester. Karena itu penting di sini untuk memiliki strategi. Kalau setelah beberapa semester di Universitas sepertinya tidak ada kemajuan, mungkin harus dipikirkan untuk pindah ke FH. Saya mengenal beberapa orang dari Universitas yang pindah ke FH, karena studi di Universitas terlalu lama. Dan setelah itu mereka sukses, lulus dengan cepat dari FH, dan mendapat kerjaan di Jerman.

4. Waktu luang
Pada umumnya studi di FH lebih padat selama semester dan ujian-ujian diadakan pada akhir semester, karena masa ujian ditetapkan oleh FH. Setelah itu mahasiswa FH bebas selama liburan.  Jadi biasanya mahasiswa FH ada waktu luang selama libur semester untuk kerja atau untuk liburan. Sedangkan di Universitas selama semester biasanya lebih tidak padat, karena ujian-ujiannya diadakan pada setelah libur semester, karena waktu ujian ditetapkan oleh dosen. Dan waktu luang mahasiswa Universitas adalah selama semester karena jadwal kuliahnya tidak padat. Dan mereka biasanya belajar di masa liburan untuk ujian.

Semoga point-point di atas bisa membantu untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih FH atau Universitas.

86 thoughts on “FH atau Universitas

  1. erwin

    drop out setau saya berlaku di jerman. sewaktu saya kuliah di fh 2002-2007 di baden-württemberg ada peraturan sbb: mahasiswa semester 5/6 yg blm menempuh vordiplom -> exmatrikuliert! selain itu, apabila mahasiswa tidak dpt menyelesaikan ujian satu mata kuliah setelah 2-3 kali, itupun bakal di DO. malah 1-2 taun sblm saya lulus study, ada aturan baru: semua mata kuliah semester 1 harus diselesaikan paling lambat di semester 3. jadi saya rasa kuliah di jerman termasuk sulit.

    Reply
    1. steve

      thanks, erwin. Infonya memang benar. Contoh yang saya kasi tentang studi sampai 20 semester, biasanya sudah di tahap Hauptdiplom. Memang studi di Jerman termasuk sulit, apalagi dengan bahasa asing. Tapi justru di situ tantangannya.

      Reply
  2. Rahharya

    Kak saya mau tanya..
    teman saya ingin masuk ke Studkkoll di Kaiserlautern dan disana itu FH..
    kalo seumpana nanti setelah Lulus dia masuk ke KIT yang notabene adalah UNI gimana??
    geht das??

    Beste Grusse

    Arya

    Reply
  3. ZahraFS

    Kalau kita memilih FH apakah setelah lulus sudah ada jaminan bekerja di Jerman? Bagaimana dengan Uni? Mohon info nya. Danke

    Reply
    1. sjtirtha

      Di Jerman ga ada yang menjamin dapat kerja, baik setelah lulus Uni atau FH. Sebagian besar perusahaan yang saya tau, menerima lulusan FH dan Uni. Jadi buat merekatidak ada perbedaan yang besar antara FH dan Uni.

      Reply
  4. :)

    -gan, klo masalah gaji lebih besar uni apa FH?
    -klo lulus FH dari jerman bisa cari kerja disana gk ya?apa harus master dulu?

    thx gan

    Reply
    1. sjtirtha

      saya denger-denger sih lulusan uni dan fh gajinya ga beda. gaji bisa berbeda tergantung kualifikasi kamu dan kemampuan kamu negosiasi gaji. lulusan fh di Jerman bisa langsung kerja, ga perlu master.

      Reply
  5. Dimas

    Kak, jurusan psikologi yang bagus di FH mana ya?
    Dan apa benar lulusan FH nanti di Indonesia ijazahnya jadi “Politeknik”? Makasih :)

    Reply
    1. sjtirtha

      FH memang secara mudahnya sering diterjemahkan sebagai politehknik di Indonesia. Tetapi lulusan FH itu di Jerman setara dengan Universitas. Kalo di Indonesia tergantung perusahaan, bagaimana mereka mengakui FH. Sebenernya FH diterjemahkan University of Applied Science. Jadi dari terjemahannya setara dengan universitas.

      Reply
      1. Dimas

        ohh begitu kak.. terus lulusan FH untuk lanjut ke program S2 dan S3 nya gimana ya di Jerman? Sama seperti lulusan Universitas atau ada perbedaan, mungkin lebih sulit dan kesempatannya lebih kecil?

        Reply
  6. Hanes

    Kak, mau nanya. Saya mhs. Politeknik (D4) di Indonesia, pengen lanjut ke Uni di Jerman. Apakah dari Politeknik di Indonesia ini bisa melanjutkan ke Uni di Jerman?

    Reply
        1. sjtirtha

          Iya untuk FH, Uni, dan TU sama. Lulusan D4 biasanya harus ambil studienkolleg dulu. Mendingan tanya universitasnya langsung. Mungkin ada beberapa mata kuliah yang bisa diakui. Jadi ga harus ngulang.

          Reply
    1. sjtirtha

      management bisnis ada di FH dan Uni. Yang di FH kemungkinan lebih banyak case study dan presentation, sedangkan kalo yang di Uni ada banyak nulis paper dan research.

      Reply
  7. hadi

    Jika di Indonesia tingkatan Universitas lebih tinggi daripada Politeknik, karena Politeknik menghasilkan lulusan Diploma (D1-D4), sedangkan universitas selain bisa menghasilkan lulusan Diploma juga bisa menghasilkan Sarjana, Magister dan Doktor. Nah kalo di Jerman apakah tingkatan Uni lebih tinggi daripada FH? Terima Kasih.

    Reply
    1. sjtirtha

      Pada dasarnya universitas lebih tinggi dari FH. Contohnya juga hanya universitas yang bisa mengeluarkan gelar doktor. Tapi sedangkan dari sisi industri/perusahaan sekarang mereka semakin tidak melihat perbedaan antara Universitas dan FH.

      Reply
  8. Cahya

    Mas aku berminat sekali dijerman. Aku baru lulus d3 teknik kimia akhir 2012. Sekarang lagi bekerja di Oil service baru 2 bulan. Tapi minat kuliah lagi lebih besar dari pada kerja. Yang saya tanyakan kemana saya harus mencari tempat berkonsultasi? dan apakah di Jerman ada istilah ekstensi d3 ke s1? Ato saya harus selasaikan dulu s1?

    Reply
    1. germany2study

      Di Jerman tidak ada istilah ekstensi d3 ke s1. Kalau kamu belum selesaikan s1, disini nanti mulai dari awal lagi untuk kuliah S1. Atau selesaikan S1, nanti disini bisa lanjutkan S2.

      Reply
  9. furqon

    Gan, ada rekomendasi uni atau FH yang bagus untuk teknik komputer gak ? Kalo bisa sih yang gak ada tuition fee nya hehe

    Reply
    1. germany2study Post author

      Universitas dan FH di Jerman levelnya cukup merata dan bagus. Kalo kamu fokusnya nanti mau kerja, saya saranin ambilnya FH, contohnya seperti FH Karlsruhe, FH Darmstadt, FH Aachen, itu beberapa FH yang cukup bagus. Kalo kamu nantinya mau research atau mengajar sebaiknya ambil universitas. Setau saya mulai tahun ini semua universitas dan FH sudah tidak ada tuition fee.

      Reply
      1. desy

        Saya mau ambil teknik perminyakan bagusnya saya ambil fh atau uni ya, lalu boleh tahu gak fh atau uni yg ada perminyakan di jerman guys

        Reply
          1. desy

            Terus kalo di chaustal tu itu biasanya ada stundentcollege yg punya links lsg gak ya ka, biasanya susah gak masuk sana ya,

    1. germany2study Post author

      Saya tidak tau, setiap program studi di universitas punya persyaratan yang berbeda-beda. Sebaiknya langsung coba lamar saja.

      Reply
  10. desy

    Ka sy mau nanya lg nih katanya kl stk nya di kota kecil lebih gampang yah u dapat nilai ug di butuhksn ke uni ketimbang ambil stk di kota besar .tolong di shsreksn ya krn dy bingung mau ambil stkny

    Reply
    1. germany2study Post author

      Setau saya tidak ada korelasi antara kota kecil dan level studienkolleg yang lebih mudah. Yang mungkin bisa terjadi, untuk studienkolleg yang melamarnya sedikit artinya persaingannya lebih sedikit.

      Reply
  11. jeand

    kk ak mau tanya, untuk FH jurusan Bisnis ada gak ya? kira2 klo adaa per semesternya dikenakan brpa euro ?
    danke 😀

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Feldza,

      sampai sekarang setau saya lulusan D3/D4 harus mengulang S1 lagi. Tapi kamu bisa coba hubungin FH yang kamu mau lamar, mungkin kamu bisa minta disamakan atau kamu hanya harus mengulang beberapa semester untuk dapat S1.

      Reply
  12. Ade

    Ka mau tanya, kalau saya mau lanjutin master ke information system di german,

    lebih baik saya ambil FH atau UNI?
    kemarin saya check FH juga memberi master juga..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ade,

      kalo kamu nantinya tidak mau jadi dosen/peneliti, lebih baik ambil FH. Soalnya lebih mudah dan juga lebih banyak prakteknya, jadi bisa cepat lulus.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Syuraz,

      universitas dan FH di Jerman levelnya cukup sama. Jadi agak sulit untuk kasih saran FH mana yang paling bagus. Kamu bisa coba google “FH ranking”.

      Reply
  13. Arief

    Kak, rata-rata temen kakak yang ngambil FH teknik disana butuh berapa tahun untuk lulus? apakah mahasiswa Indo yg disana banyak yg kena DO?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Dari teman-teman saya biasanya mereka memerlukan 4-5 tahun untuk lulus FH tehnik bachelor. Program standard untuk FH bachelor biasanya 3-3,5 tahun. Jadi kamu bisa perhitungkan tambah 1-3 semester. Di sini ada saja mahasiswa Indonesia yang kena DO, tapi kebanyakan yang di universitas.

      Reply
  14. fitri

    kak mau tnya ini saya pengen bngt di FH jerman tapi ak masih ragu2 soal ny dng pelajaran b inggris dsni saja ak mash belum terlalu pintar apa dsna b inggris jg harus dengan tofel 550 ? thanks

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Fitri, di sini kebanyakan programnya bahasa Jerman. Biasanya yang program bahasa inggris itu untuk S2. Memang di sini salah satu faktor yang penting untuk sukses sekolah adalah kemampuan bahasa. Tapi selama ada kemauan dan tekat pasti bisa.

      Reply
  15. Restu Widiyanto

    Kak mau tanya kalo lulusan S1 fresh graduate bisa langsung lanjutin S2 gelar master di jerman gk?
    denger” katanya kalo gelar master, minimal harus punya pengalaman 2 tahun kerja apa itu benar??
    soalnya saya gk mau kerja dlu pengen nerusin S2 dlu.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Setiap program master di Jerman persyaratannya berbeda-beda. Ada beberapa yang minta pengelaman 2 tahun kerja. Tapi banyak juga yang hanya minta hanya S1. Selain itu program master dalam bahasa Jerman mensyaratkan ijasah bahasa DSH/TestDaf.

      Reply
  16. Ivan

    Assalamualaikum… Sebelumnya mas/mbak… Nama saya Ivan saat INI saya sdng men unggu jadwal wisuda S1 sya d jogja… Sya ada rncna mW mlnjutkn pendidikan S2 d FH emden/leer atw bhft Berlin… Namun klw Uni sya brencna d BTU Cottbus… Klaw sya mahasiswa S1 memutuskan utk melanjutkan pendidikan s2 sya di FH.. Apakah sya juga mendptkan ksmptn utk kerja d jerman atw hrus melalui Uni stelah lu2 s sya jga mW memutuskan utk kerja… To long sarannyq terimakasih..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Kesempatan kerja untuk lulusan FH dan Uni sama di Jerman. Menurut saya sistem studi di FH lebih cocok untuk orang Indonesia.

      Reply
  17. mike widyarachmi

    Saat ini anak sy sedang ambil kursus bhs di jerman rencananya mau daftar studkoll, apakah di studkoll juga dibedakan atara sudkoll yg untuk masuk FH dan studkoll yg untuk masuk Uni?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Ada perbedaan antara Studkoll FH dan Uni. Lulusan Studkoll FH tidak bisa masuk ke Uni. Tapi lulusan Studkoll Uni bisa masuk ke FH.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Lulusan FH gelarnya bisa Bachelor dan Master. Kalo mau ambil Master di Uni dari lulus FH, kemungkinan kamu musti ngulang beberapa mata kuliah.

      Reply
  18. Niaholmes

    Admin, saya adalah mahasiswi jurusan akuntansi. Saya ingin lanjut S2. Menurut admin, saya cocoknya masuk FH atau uni ya?
    Saya suka mengajar tetapi tetap berorientasi bekerja di perusahaan.
    Danke schön :)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, jawaban saya pada umumnya orang Indonesia lebih cocok untuk masuk FH. Apalagi kalo kamu nantinya mau bekerja, FH lebih cocok karena kuliahnya lebih praksis dan lebih cepat.

      Reply
  19. jessica

    Permisi kak. Saya mau tanya..
    Kalau di uni itu kira-kira butuh berapa tahun ya untuk lulus?
    Saya ingin mengambil jurusan teknik industri/elektro.. Untuk jurusan ini lebih baik di FH atau uni? Minta rekomendasinya dong kak..

    Terimakasih 😀

    Reply
  20. ning

    apakah dokumen yg diberikan utk kuliah di jerman harus sudah diterjemahkan ke dlm bahasa jerman? Sy bingung.. thx

    Reply
  21. Ramzy09

    Maaf bang, aku mau tanya
    Kalo misalkan DO itu, maksudnya drop out universitas apa drop out dari jerman bang?
    Vielen Dank

    Reply
    1. germany2study Post author

      Selama ini saya belum baca peraturan tertulis. Tapi itu yang saya tau bahwa, kalo kamu sudah drop out dari uni di Jerman, artinya kamu juga harus keluar dari Jerman. Jadi sebelum drop out sebaiknya sudah dipikirkan untuk pindah ke FH yang lebih mudah.

      Reply
  22. bey05

    Hallo kak,
    Kak, anak yg studkollnya HS bisa ke Uni ga ka? Saya bingung, krn bnyk yg blg iya, bnyk yg blg ga. Terimakasiih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, lulusan Studkoll HS tidak bisa ke Uni. Alternativnya adalah kamu masuk HS dulu, setelah 1 tahun kamu pindah ke Uni.

      Reply
  23. klemens

    kalau sudah lulus dr fh di jerman, ketika balik ke indo apakah akan di akui? di akui sebagai s1 atau bagaimana? terimakasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Klemens, di Jerman lulusan FH bisa jadi manager bahkan direktor perusahaan. Kalo ada perusahaan di Indonesia yang tidak mengakui lulusan FH, mungkin perusahaannya/hiring managernya juga tidak akan mengakui prestasi kamu nantinya sewaktu kerja. Tapi dari pengalaman saya banyak teman lulusan FH yang bisa dengan mudah bekerja di Indonesia.

      Reply
  24. Pingback: Tanya Jawab – Studi di Jerman | Chapters

    1. germany2study Post author

      Ini tergantung jurusannya apa. Tapi secara umum lebih sulit masuk FH, tapi lulusnya lebih mudah. Dan lebih mudah masuk Uni, tapi lulusnya sulit. Ini setidaknya berlaku untuk jurusan Informatik di beberapa kota di Jerman.

      Reply
  25. Intan Puspitasari

    Kak, klo untuk sekolah bisnis gitu di jerman ada nggak? Atau kalau di Indonesia semacam prasetya mulya gitu. Jadi lebih khusus. Klo ada, boleh minta rekomendasinya?!

    Reply
  26. qatrunnada ryan syifa

    Hallo kak. Mau nanya, apakah hasil studkoll yg kita dapatkan bisa bebas mau di apply ke univ atau FH? Darimana kita tahu studkoll yg kita miliki itu untuk univ atau untuk FH? Trims.

    Reply
  27. novi andani

    Mas saya mau tanya. Apakah bisa lulusan S1 akuntansi melanjutkan ke FH? Busakah melanjutkan ke jurusan lain yang masih berkaitan seperti manajemen ?

    Reply
  28. Waldi Efrilliam Faisal

    Halo mas, saya waldi. Sekarang saya lagi menempuh study s1 prodi teknik mesin, sekarang sudah semester 5. Kalau saya mau melanjutkan study master teknik mesin di fh karlshure, apa aja ya persyaratannya? Kalau di fh karlshure susah masuknya, ada saran fh yg lain? Dan apa saja langkah yang harus saya ambil untuk persiapan.
    Terimakasih mas

    Reply
  29. hasna amaturrahmani

    Halo Kak
    Mau tanya. Aku skrg udah di jerman. Masih kursus buat nyiapin studkol. Awalny mau W kan, wirtschaft. Tapi lagi mau pertinbangin buat jadi bidan. Kalau bidan gmn Ka step2nya? Apa sama studkol terus fh atau ausbildung lsg? Trims

    Reply
  30. Jobs

    Hi, sy jobs mau bertanya. Apakah jurusan teknik kimia di fh Aachen merupakan salah satu yg terbaik di Jerman? Mohon masukannya fh Ato uni yg terbaik u/ jurusan teknik kimia di Jerman. Thanks.

    Reply
  31. Olivia Putri Rosmala

    Selamat malam, dari penjelasan diatas dan jawaban pertanyaan di atas saya tangkap bahwa mahasiswa D4 bisanya mengikuti Studienkolleg dulu. Apakah itu berarti kita harus S1 dulu? Apa sesudh selesai Studienkolleg kita bisa langsung lanjut S2?

    Reply
  32. Ainun

    Kak saya mau bertanya kalau jurusan agro teknologi atau agro bisnis ada di fh gak ya? Terus kalau jurusan itu nnt studkoll nya ambil T kurs ya?
    Danke

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>