Desktop atau Notebook

Komputer adalah kebutuhan utama untuk studi di Jerman. Tapi sering kali kita tidak tau apa lebih baik beli desktop atau notebook. Keduanya ada kelebihan dan kekurangan. Karena investasi untuk komputer cukup besar, sebaiknya dipikirkan benar-benar sebelum membeli komputer. Post kali ini akan membahas kelebihan dan kekurangan antara desktop dan notebook.

Yang saya maksud di sini dengan desktop adalah komputer dengan monitor dan keyboard terpisah. Kira-kira 10 tahun yang lalu di Jerman notebook masih termasuk barang mahal, sehingga sebagian besar orang lebih memilih membeli desktop. Sekarang ini semakin banyak orang membeli notebook, karena harganya semakin murah. Sebagai contoh 7 tahun yang lalu sewaktu saya studi Master, saya membeli notebook HP dengan harga sekitar 1000€, spesifikasinya yang cukup bagus untuk saat itu. Perbandingannya dengan biaya hidup saya waktu itu sebagai student kira-kira 400€. Jadi harga notebook kira-kira waktu itu 2 kali lebih dari biaya hidup per bulan. 1 tahun yang lalu saya membeli notebook seharga 600€ dengan spesifikasi yang cukup untuk saat itu(1 tahun yang lalu), biaya hidup perbulan 1 tahun yang lalu berkisar 500€, jadi harga notebook kira-kira setara dengan biaya hidup perbulan.

Di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang sering dibandingkan antara desktop dan notebook

Desktop
Kelebihan
1. Bisa merakit sendiri dan bisa diupgrade dengan mudah.
2. Dengan harga yang sama dengan notebook, bisa dikombinasikan dengan monitor besar 21″.
Kekurangan
1. Tidak bisa dibawa ke mana-mana
2. Perlu tempat cukup besar di meja belajar

Notebook
Kelebihan
1. Bisa dibawa ke mana-mana
2. Tidak makan tempat di meja belajar
Kekurangan
1. Untuk diupgrade cukup mahal
2. Harganya biasa lebih mahal untuk spesifikasi yang sama dengan desktop

Dari pengalaman saya punya desktop dan notebook, sekarang ini saya selalu memilih notebook. Pertama dengan alasan bisa dibawa ke mana-mana, karena sering kali untuk kuliah dan kerja kelompok kita perlu notebook. Memang notebook sulit untuk diupgrade, tetapi jaman sekarang kita biasanya membeli notebook dengan spesifikasi yang cukup untuk dipakai 3-4 tahun dan selama itu tidak perlu diupgrade. Setelah 3-4 tahun biasanya ganti notebook baru. Sebagai student mungkin notebook masih bisa dipakai sampai 5 tahun, tergantung pemakaiannya untuk apa. Kalo hanya untuk internet dan microsoft office, notebook tidak masalah dipakai 5 tahun. Pada umumnya memang dengan spesifikasi yang sama, yaitu Processor, Harddisk, Memory, Grafic card, monitor, dll harga notebook biasanya lebih mahal daripada desktop. Tetapi secara prakteknya, biasa kita tidak perlu spesifikasi yang paling top. Jadi untuk harga yang sama, saya lebih memilih membeli notebook dengan spesifikasi yang lebih rendah. Contohnya Harddisk lebih kecil 200 GB biasanya lebih dari cukup. Kalo tidak main game, tidak perlu Grafic card yang top. Sekarang ini Memory 8 GB sudah cukup. Monitor notebook biasanya 15″-17″ itu sudah cukup besar.

Jadi kalo kamu berencana investasi beli komputer, saya lebih menyarankan untuk beli notebook dari pada desktop. Kalo kamu berencana beli komputer, post saya berikutnya akan membahas beli online atau di toko dan juga membahas beli di Jerman atau di Indonesia. Sementara ini kalo sudah memutuskan mau beli online di Jerman, saya bisa merekomndasikan notebooksbilliger.de

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>