Cara bikin lontong di Jerman

Lontong adalah makanan khas Indonesia yang sulit ditemukan di Jerman. Tips kali ini tentang cara bikin lontong di Jerman. Selama ini saya belum pernah ketemu toko yang menjual lontong, jadinya kebanyakan orang Indonesia bikin sendiri. Bagi yang pandai masak, tidak masalah untuk beli daun pisang dan bikin lontong persis seperti di Indonesia. Tetapi bagi student seperti saya dulu, kami harus cari cara yang lebih mudah untuk bikin lontong.

Untuk bikin lontong, kamu bisa beli beras yang dikemas didalam kantong plastik. Di Jerman namanya Kochbeutel. Beras dengan kemasan seperti ini ada di semua supermarket di Jerman. Jadi karena orang Jerman tidak punya rice cooker pada umumnya, mereka memasak beras langsung di panci. Untuk mempermudah cara memasak industri makanan di Jerman mengkemas beras di dalam kantong plastik, jadi beras beserta kantong plastiknya bisa langsung dimasukan ke dalam panci dan dimasak. Kalo sudah jadi, kantong plastiknya bisa dibuka dan berasnya langsung siap untuk dihidangkan.

kochbeutel_web

Beras dalam kantong plastik(kochbeutel) ini sekarang bisa dipersiapkan untuk menjadi lontong. Untuk itu kamu harus memperkecil ruang kantong plastik, supaya nanti beras yang dimasak menjadi padat seperti lontong. Caranya adalah dengan melipat kantong bagian atas sebanyak 3-4 kali lalu lipatannya distepler. 1 kantong plastik kira-kira cukup untuk porsi 2 piring, jadi kamu bisa tentukan sendiri berapa porsi yang kamu mau masak.

kochbeutel - lontong_web

Setelah kochbeutelnya dipersiapkan supaya bisa padat seperti lontong, siapkan panci masukan kochbeutel dan isi dengan air sampai kochbeutelnya tertutup air. Masak sampai berasnya mengembang menjadi nasi. Setelah lontongnya jadi matikan kompor dan biarkan kochbeutel setidaknya 1/2 sampai 1 jam didalam panci dengan air. Lalu keluarkan kochbeutel dari panci dan letakkan di piring biarkan sampai agak dingin. Ini sangat penting supaya lontongnya menjadi padat kalo nanti dibuka dari kantong plastiknya. Setelah agak dingin, lontong bisa langsung dipotong dari kochbeutel dan siap disajikan.

lontong dimasak_web

Selamat menikmati lontong ala Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>