Buat SIM di Jerman

Walaupun Jerman memiliki infrastruktur transportasi yang sangat bagus dan hampir semua Uni/FH menawarkan semester tiket, yaitu tiket transportasi yang bisa dipakai di daerah Uni/FH dan  biasanya semester tiket ini sangat murah, tetap saja ada keinginan orang untuk menggunakan kendaraan sendiri di Jerman. Syarat pertama untuk menggunakan menyetir di Jerman adalah SIM. SIM yang dibawa dari Indonesia berlaku hanya 6 bulan pertama dari tanggal kedatangan. Itu pun harus SIM international. Post kali ini akan membahas beberapa hal yang relevant untuk membuat SIM khususnya buat orang Indonesia.

1. Biaya SIM Jerman
Yang pertama harus diketahui adalah but SIM Jerman tidak murah. Sekarang ini total biayanya berkisar 800 € – 1500 €. 800 € bagi mereka yang sudah memiliki SIM Indonesia dan langsung bikin SIM Jerman dalam kurun waktu 6 bulan dari tanggal kedatangan di Jerman. Jadi istilahnya SIM Indonesianya akan ditranslate (istilahnya Umschreiben) jadi SIM Jerman, tetapi tetap semua ujian teori dan ujian praktek harus dilakukan. 1500 € bagi yang membuat SIM Jerman dengan jalan normal seperti orang Jerman lainnya. Range biaya ini hanya bagi mereka yang sekali ujian teori dan sekali ujian praktek langsung lulus. Kalo Tidak lulus artinya musti mengulang ujiannya dan musti bayar lebih lagi. Ada pengalaman teman yang beberapa kali tidak lulus ujiannya, sampai habis 5000 €. Contoh biaya SIM di Darmstadt http://www.fahrschule-darmstadt.de/_preise_b.html. Yang membuat mahal adalah biaya Fahrstunden, karena tergantung perlu fahren berapa kali, semuanya itu dikalikan dengan biaya per jam (kira-kira 35€). Dan juga ditambah Sonderfahrt wajib 12 kali. Jadi untuk Sonderfahrt saja kira-kira 12 x 44€ = 528 €. Biaya ini berbeda-beda tergantung Fahrschule dan juga tergantung di kota mana.

2. Bikin SIM Jerman atau tidak
Kalo berencana hanya studi Master 2 tahun atau hanya Studienkolleg dan Bachelor untuk 5 tahun, setelah itu langsung pulang ke Indonesia, menurut saya biaya yang dikeluarkan terlalu mahal. Tetapi kalo berencana untuk studi lebih lama di Jerman dan juga ingin jalan-jalan dengan kendaraan sendiri, maka SIM Jerman bisa sangat berguna. Khususnya bagi yang sudah mulai kerja di Jerman, saya sangat menganjurkan bikin SIM, karena biayanya cukup bisa tercover dengan gaji.

3. Berapa lama buat SIM
Untuk buat SIM ada 14 jam kelas teori wajib. Kelas  teori artinya kamu harus datang ke tempat Fahrschule dan kamu dapat pelajaran mengenai berkendaraan di Jerman. Jadi setidaknya untuk jam teorinya saja 14 minggu. Paralel dengan kelas teori kamu sudah bisa mulai dengan kelas praktek. Jumlah kelas praktek berbeda-beda tergantung dengan kemahiran kamu berkendaraan. Biasanya guru prakteknya (Fahrlehrer) yang memutuskan apa kamu sudah siap ujian atau belum. Tips di sini, Fahrschule biasanya juga ingin untung, jadi mereka mungkin membuat prakteknya lebih lama. Karena itu kalo kamu sudah cukup yakin, tanyakan guru prakteknya, kapan kamu bisa ujian. Rata-rata orang memerlukan setidaknya 3 bulan untuk membuat SIM di Jerman.

4. Keberlakuan SIM Jerman
Walaupun mahal, tetapi SIM Jerman memiliki beberapa keunggulan yaitu berlaku seumur hidup. Selain itu SIM Jerman bisa dipakai di seluruh Eropa. Saya kira kalo dibawa ke negara lain seperti Amerika dan Australia juga lebih mudah untuk ditranslate dari pada SIM Indonesia.

5. Kesulitan buat SIM Jerman
Buat SIM Jerman tidak semudah di Indonesia. Teori SIM Jerman cukup sangat sulit dan memerlukan pengertian mendalam tentang teori dan kemampuan bahasa Jerman yang cukup. Tetapi kelas teori tetap hanya dalam bahasa Jerman. Juga ujian praktek SIM cukup sulit, kira-kira ujian prakteknya 30-45 menit. Dalam ujian praktek guru praktek kamu akan duduk disebelah kamu dan penguji datang dari institut lain (TÜV) akan duduk dibelakang. Pengujinya yang akan kasih kamu perintah untuk mengemudi selama 30-45 menit. Kesalahan kecil saja bisa membuat kamu tidak lulus. Bahkan bagi yang sudah menyetir di Indonesia bertahun-tahun tetap saja ada yang tidak lulus dalam ujian praktek pertama.

6. Tips
Mengambil ujian praktek SIM lebih mudah di kota kecil, karena lalu lintasnya lebih simple. Contohnya di kota kecil biasanya tidak ada trem(Strassenbahn), tidak begitu banyak mobil dan tempat parkir banyak. Tetapi artinya harus mencari Fahrschule di kota kecil. Bagi yang belum fasih berbahasa Jerman, ada juga pilihan untuk mengambil ujian teorinya dalam bahasa Inggris. Setau saya tidak ada biaya tambahan untuk ini.

7. Proses buat SIM
Kalo kamu sudah menentukan ingin membuat SIM. Langkah pertama adalah mencari Fahrschule. Baiknya perbandingkan beberapa Fahrschulen dari segi biaya, profesionalitas dan lokasi. Setelah itu pihak Fahrschule akan memberitahukan langkah-langkah berikutnya yang perlu dilakukan. Satu langkah berikutnya adalah mendaftar ke kota, bahwa kamu akan membuat SIM. Karena pada akhirnya pihak kota yang mengeluarkan SIM untuk kamu.

6 thoughts on “Buat SIM di Jerman

  1. Tono

    mau kasih tambahan bung steve..setau saya sekarang umschreiben bisa kapan aja..tidak harus dalam waktu 6 bulan setelah kedatangan, tapi syaratnya sim indonesianya dibuat sebelom yang bersangkutan datang pertama kali ke jerman.

    Reply
      1. sjtirtha

        Hi Tono, saya tau ada pengalaman beberapa orang yang bisa langsung Umschreiben. Tapi ada juga yang ga bisa. Tapi ide bagus, sebaiknya tanya dulu ke pihak kota, apakah SIM indonya bisa diumschreiben langsung atau tidak.

        Reply
      1. Vidy

        Utk belajar teori dan terutama yg punya smartphone bisa beli app Fahrschule. Disitu ada semua pertanyaan (sktr 900) dlm Fragenkatalog, berikut penjelasannya tiap pertanyaan. Juga ada Prüfungsimulation utk latihan. Menurut saya praktis banget, apalagi utk isi waktu selama di kereta :)

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>