Bagaimana memilih kota untuk studi di Jerman

Sebagian besar email kontak yang saya dapat, selalu mempertanyakan kota mana yang baik untuk studi. Memilih kota yang benar untuk studi sangat penting karena banyak aspek yang mempengaruhi kehidupan di Jerman tergantung dengan kota di mana kamu tinggal. Contohnya FH dan Universitas di kota tersebut, teman-teman yang tinggal di kota tersebut, kemungkinan bekerja, kemungkinan untuk berekreasi, dan lain-lain. Selama studi saya hanya pernah tinggal di 4 kota di Jerman selama studi, yaitu di Zwingenberg(dekat Darmstadt), Darmstadt, Furtwangen(di Schwarzwald), dan Konstanz. Selain itu saya pernah thesis di Karlsruhe, tetapi tidak tinggal di sana. Selama masa liburan studi saya pernah ke Hamburg, Freiburg, Magdeburg, Leipzig, Frankfurt, Wiesbaden, Mainz, Heidelberg, Mannheim, Berlin, Lübeck, dan Aachen. Istri saya juga berpengalaman tinggal di Bernburg (dekat Halle), Darmstadt, dan Konstanz. Dari pengalaman-pengalaman ini ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih kota studi di Jerman.

1. FH/Universitas
Bidang studi yang diambil akan selalu menjadi keterbatasan kota mana yang bisa dipilih. Contohnya bagi yang ingin studi kedokteran tidak bisa tinggal di Darmstadt, karena Darmstadt tidak menawarkan bidang studi kedokteran. Jadi langkah pertama untuk memilih kota adalah me-list semua kota yang menawarkan bidang studi yang mau diambil.

2. Teman/keluarga
Jika ada teman atau keluarga yang sudah tinggal di Jerman, memilih kota tersebut untuk pertama kali di Jerman adalah langkah yang baik. Karena teman dan keluarga bisa membantu di bulan-bulan pertama di Jerman. Tetapi jangan teman/keluarga dijadikan alasan utama untuk tinggal di kota tersebut, karena tujuan kamu studi di Jerman mungkin berbeda dengan mereka.

3. Jerman barat atau timur
Istilah Jerman barat dan timur sudah jarang dipakai. Tetapi tetap sewaktu tahun 2011 saya ke Jerman timur, saya bisa melihat perbedaan perkembangan Jerman barat dan timur. Ada pengecualian kota-kota besar seperti Berlin dan Dresden. Kedua kota ini cukup sangat berkembang. Karena itu untuk studi saya lebih rekomendasikan untuk memilih kota di Jerman barat.

4. Kota besar atau kota kecil
Saya kategorikan kota-kota  sebagai kota besar, menengah dan kecil. Besarnya kota kira-kira bisa dilihat dari populasi, di wikipedia.de kamu bisa cek berapa populasi setiap kota di Jerman. Kota dengan populasi dibawah 50.000 adalah kota kecil, contohnya Furtwangen dan Bernburg. Kota dengan populasi antara 100.000-250.000 saya kategorikan sebagai kota menengah. Contohnya Darmstadt, Heidelberg, Karlsruhe, dan Aachen. Di atas itu adalah kota besar, seperti Berlin, Hamburg, Frankfurt, Stuttgart, München, Köln. Populasi antara 50.000 dan 100.000 adalah kota menengah kebawah, contohnya Konstanz. Saya rekomendasikan jangan pilih kota kecil, karena di kota kecil biasanya sedikit kemungkinan berekreasi dan kehidupan kamu hanya akan disibukkan dengan studi. Selain itu mencari pekerjaan di kota kecil jauh lebih sulit, jadinya biasa harus pergi ke kota lain untuk dapat pekerjaan.

Dengan 4 kriteria ini pastinya bisa membantu untuk memilih tempat studi yang tepat dan sesuai dengan keinginan.

40 thoughts on “Bagaimana memilih kota untuk studi di Jerman

    1. sjtirtha

      biaya yang membedakan antara kota biasanya biaya sewa kamar. Biaya lainnya biasa cukup mirip. Tapi ga ada korelasinya dengan besarnya kota. Contohnya sewa kamar di Berlin lebih murah dari di München, padahal keduanya kota besar.

      Reply
  1. firman jufri yasin

    nice inpoh mas,… btw ane punya keluarga di frankfurt, tp mau kuliah di FH darmstadt. kira2 bisa gak ya tinggal di frankfurt tapi kuliah di darmstadt..? apa nggak kerepotan n kejauhan tuh..?

    Reply
    1. sjtirtha

      frankfurt ke darmstadt ga jauh. Kalo dari station kereta ke station kereta dibawah 20 menit. Tapi kamu harus cek dari rumah keluarga kamu ke FH Darmstadt. Soalnya bisa jadi karena transportasinya ga gitu bagus, jadi lebih dari 1 jam. Kamu bisa cek di http://www.rmv.de/. Untuk tujuan kamu bisa masukin Bahnhof Darmstadt, tempat keberangkatannya harus cek sama keluarga kamu di Frankfurt.

      Reply
  2. debby

    Mau nanya mas, kalo ambil management business di jerman bagus gak? Kali aja di univ indo sebanding,jadinya saya gaperlu ke jerman hehe

    Reply
    1. sjtirtha

      studi di Jerman pada umumnya semua bagus. Tapi ga bisa dibandingin dengan Indo, karena cara pengajarannya berbeda. Dan saya pikir universitas bagus di indonesia juga ga kalah kualitasnya dengan Jerman. Studi di Jerman sebenernya lebih banyak sisi positifnya karena tantangannya berbeda, yaitu tantangan kultur, bahasa asing dan juga belajar bagaimana orang Jerman berpikir dan bekerja. Hal-hal seperti ini yang bisa banyak membantu untuk berkembang.

      Reply
  3. ZahraFS

    Antara München dan Hannover kira2 lebih baik mana untuk di jadikan pilihan dari sisi biaya pendidikan dan studentenwerk nya? Mohon info nya

    Reply
    1. sjtirtha

      München yang pasti lebih mahal dari Hannover, karena München kotanya lebih besar dan international dari Hannover. Untuk perbandingan wohnheim bisa dicek di http://www.studentenwerk-muenchen.de/wohnen/wohnanlagen-des-studentenwerks-muenchen/wie-lange-muss-ich-warten-und-wie-viel-muss-ich-dafuer-bezahlen/ dan http://www.studentenwerk-hannover.de/wohnheime.html. Untuk biaya studi setau saya keduanya masih ada Studiengebühren. München itu Landnya Bayern, kalo Hannover Landnya Niedersachsen. Cek di http://de.wikipedia.org/wiki/Studiengeb%C3%BChren_in_Deutschland.

      Reply
  4. Nur Sa'adah Svlaeman

    Sy tertarik dgn Jerman sjak kls 1 sma stlah mmplajari bhs.y, & berencana mlnjtkn studi ksna, tp sy blum th jelas gmn lngkh awal bwt prsiapan ksna, aq udah kls 2 sma skrng, kak mohon info.y yah! alamat email aq : “snhur@ymail.com”

    Makasih..! :)

    Reply
  5. shinta

    mau tanya, bagaimana cara mencari part time di jerman? karena akhir tahun ini saya akan berangkat studi ke jerman.
    kata teman saya kalau tidak punya bukti kalu saya studi disana, saya tidak bisa dapat izin kerja part time, sedangkan 1 tahun pertama saya masih belum jadi mahasiswa atau saya masih masuk ke studienkolleg..

    Reply
      1. sjtirtha

        visa studi biasanya hanya berlaku untuk studi di 1 uni/fh untuk 1 jurusan tertentu. Kamu bisa cek sendiri apa yang tertulis di visa kamu. Kalo kamu exmatrikulasi(keluar dari uni/fh), biasanya ga masalah untuk beberapa minggu. Tapi kalo kamu udah dapet immatrikulationbescheinigung(surat terdaftar dari uni/fh) yang baru langsung lapor ke ausländerbehörde.

        Reply
        1. anakmuda

          oke alles klar,tapi ketika saya tereksmat,berarti saya kan juga harus abmelden ke ausländerbehorde untuk konfirmasi saya tidak study disini lagi,otomatis visa ungültig dan apakah harus pada saat itu jg saya nunjukin zulassung?sedangkan posisi saya nanti masih menunggu zulassung,apakah tidak bermasalah nantinya di jerman sendiri mengenai status saya yg bisa dibilang ‘tidak jelas’?

          Reply
          1. sjtirtha

            pengalaman saya dulu pindah dari master di darmstadt ke furtwangen, waktu itu saya setelah exmatrikulasi, saya ga abmelden di ausländerhörde darmstadt. Tapi di furtwangen saya langsung minta visa baru. Kalo masi nungguin zulassung, kalo gitu ga usah exmatrikulasi dulu. Solanya kalo kamu sampe gap 1 semester ga terdaftar di uni/fh manapun, mungkin bisa jadi masalah.

          2. anakmuda

            status saya sekarang student dan gapnya perkiraan saya cuma sekitar sebulan lebih setelah saya minta eksmatrikulasi nanti(sekitar desember-januari) jadi bukan satu semester.Artinya saya tidak harus abmelden di ausländerbehorde dan bisa langsung anmelden di kota baru nantinya?danke im voraus 😀

          3. sjtirtha

            Sebaiknya jangan ada gap, karena kalo kamu exmatrikulasi dan belum terdaftar di mana-mana artinya kamu bukan student. Jadi semua fasilitas student ga berlaku, contohnya asuransi kesehatan.

  6. rozakh95

    mas, sya tertarik dengan sebuah agen penyedia jasa kuliah benarkah bahwa biaya kuliah disana gratis karena di subsidi pemerintah..??
    dan ketika kita studienkolleg selama setaun kita harus mengandalkan kiriman uang dari rumah dong tuk biaya hidup
    kan kita blum bisa kerja part time.?

    Reply
    1. sjtirtha

      saya harus perjelas di sini, studi di Jerman tidak gratis. Karena kalo dengar gratis, orang berpikir benar-benar tidak harus bayar. Di beberapa provinsi masi ada biaya studi sebesar 500€ per semester. Selain itu di setiap universitas kamu tetap harus bayar biaya administrasi, berkisar 70€ – 300€ per semester, tergantung kamu studi di mana. Lebih jelasnya silahkan baca di http://www.studi-di-jerman.com/category/biaya/. Selama studienkolleg, kamu hanya bisa bekerja kalo lagi liburan semester (2-3 bulan per tahun). Nanti kalo sudah studi kamu bisa kerja parttime selama semester. Mengenai kerja parttime untuk membiayai studi bisa dibaca di http://www.studi-di-jerman.com/membiayai-studi-di-jerman-dengan-bekerja-sambilan/

      Reply
  7. selo wijaya

    kak bisa dijelasin kataanya universitas di jerman itu di subsidi pemerintah, itu apa saja yang dapat subsidi?? apakah biaya kuliahnya atau biaya yang lain??

    Reply
  8. mauKeTU

    Mau nanya.
    Dulu pindah dr Darmstadt ke Furtwangen knp tuh, Mas? Gak cocok studi nya atau jurusannya di Furtwangen lebih oke?
    #setau saya Furtwangen ada di bundesland BW which is biaya hidupnya mahal gilak.. He3x
    – mohon petunjuk –

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi,

      Dulu saya pindah ke Furtwangen, karena program S2 di Furtwangen lebih bagus dari pada yang di Darmstadt. Biaya hidup di Furtwangen dan Darmstadt hampir sama.

      Reply
  9. Denise Julia

    halo. mau nanya mas. saya berencana ambil s2 di jerman untuk media and communication science. setelah browsing2 saya tertarik dengan TU Imenau. apakah mas ada pengalaman pernah tinggal di Ilmenau? atau ada rekomendasi universitas yang bagus untuk jurusan komunikasi? terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi, saya tidak ada pengalaman tinggal di Ilmenau. Tapi itu letaknya di Jerman Timur, pada umumnya saya lebih menyarankan untuk studi di Jerman Barat. Level universtias di Jerman cukup merata, jadi tidak masalah kamu mau studi di Universitas mana pun.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Kualitas universitas dan FH di Jerman cukup sama, jadi tidak ada perbedaan kamu studi di mana saja. Yang membedakan adalah isi program studinya dan kotanya.

      Reply
  10. Muhammad Imaduddin

    kalo Hildesheim itu jerman barat/timur ya? soalnya letaknya di peta itu tengah2.
    sy tertarik ambil bachelor di creative writing and cultural journalism di Univ of Hildesheim.

    thx before! :)

    Reply
  11. tania

    Hi,
    saya mau tanya di german ada jurusan actuary atau versicherungsstatistiker apa tidak ya? saya sempat melihat buku dr german yg isinya jurusan2 perkuliahan dan uni2 yg sesuai dengan jurusannya. dan pada bagian statistik tidak ada jurusan tsb. Tp buku itu terbitan 2 atau 3 tahun yg lalu. Cari di internet pun sama. Yg keluar malah di Schweiz. Thx u info nya

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Tania, saya tidak ada info mengenai jurusan yang kamu cari. Kamu bisa coba cari di daad.de atau cari beberapa universitas yang menawarkan jurusan Versicherung. Mungkin mereka bisa kasih informasi lebih.

      Reply
  12. Sonny

    Hi..
    Saya mau tanya, rencananya saya mau ambil Phd di Jerman, pilihannya mungkin antara Gottingen dan Aachen.. Yang mau saya tanyakan , bagaimana kultur di dua kota itu? Kalo misalnya membawa keluarga, akan lebih nyaman yang mana

    Thankyou

    Reply
    1. germany2study Post author

      Saya kurang tau Göttingen. Tapi Aachen termasuk kota bagus di Jerman. Dan juga karena berbatasan dengan Belanda jadi lebih mudah untuk cari makanan Indonesia.

      Reply
  13. Destiawan_N

    mau tanya mas, di furtwangen itu mas masuk di Univ atau FH apa? apakah di HFU Furtwangen?
    saya ingin mengambil Master of Science in Business Consulting di HFU Furtwangen tapi apakah jurusan itu sesuai dengan jurusan S1 Sistem Informasi di Indonesia?
    dan bisa tolong jelaskan bagaimana keadaan di kota Furtwangen tersebut? dan apakah banyak muslim di kota tersebut?

    Reply
  14. Kokom

    Saya ingin sekali kuliah dijerman.. tapi biaya pas pasan.. apalagi untuk studkol bekerja hanya saat liburan.. untuk beasiswa juga masih kemungkinan kecil.. jadi saya harus bagaimana?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>