Bagaimana membandingkan harga makanan di Jerman

chicken wings atau ayam beku

Salah satu pengeluaran terbesar di Jerman adalah makanan. Post kali ini saya mau membahas bagaimana membandingkan harga makanan di Jerman. Kira-kira pengeluaran untuk makanan berkisar 20% dari biaya hidup. Selain itu berbeda dengan biaya sewa yang sudah fix, biaya makanan setiap bulan bisa berubah-ubah tergantung makanan yang kita beli. Karena itu ada banyak hal yang bisa diperhatikan dalam belanja makanan. Untuk kali ini saya hanya akan membahas cara membandingkan harga makanan. Contoh yang saya ambil di sini adalah ayam.

Cara membandingkan harga makanan ini bukan sesuatu yang sulit. Sebenarnya hampir setiap kali kita belanja makanan ada banyak informasi yang bisa kita dapat, salah satunya adalah harga. Kita ambil contoh ayam. Di salah satu supermarket di Jerman ada 2 kemasan ayam bersebelahan, yang satu chicken wings, yang satu lagi ayam satu ekor, seperti gambar diatas. Sekarang ini harga yang dicantumkan:

harga ayam

Secara sekilas terlihat yang chicken wings lebih murah 20 cent dan dari kemasannya juga terlihat 1 bungkus chicken wings lebih besar dari pada satu ekor ayam. Tetapi kalo lihat beratnya, yang chicken wings hanya 750 gram, sedangkan yang satu ekor ayam 1300 gram. Memang ini 2 barang yang agak berbeda, tetapi kamu juga bisa bandingkan satu ekor ayam segar dan satu ekor ayam beku. Selain itu ada informasi tambahan di gambar diatas, yaitu dibawah harga barangnya ada harga per kg. Chicken wings per kg 3.72 €, sedangkan satu ekor ayam per kg hanya 2.30 €. Jadi perbedaan per kg antara 2 barang ini hampir 1.5 €.

Mungkin bagi sebagian besar dari pembaca berpikir hanya 1.5 € saja sampai tulis artikel panjang-panjang. Tetapi saya dan juga bahkan orang Jerman cukup memperhatikan hal-hal seperti ini, karena itu juga ada informasi ini hampir untuk semua makanan di supermarket.

Perhitungannya adalah sebagai berikut. Dalam contoh ayam, penghematannya adalah (3.72-2.30)/3.72 = 38%. Karena tidak semua makanan bisa dibandingkan seperti diatas, saya ambil penghematan secara umum bisa sampai 20%. Artinya kalo biaya makanan per bulan 100 € (20% dari biaya hidup 500 €) dan kamu bisa menghemat 20%, kamu bisa menghemat 20 € per bulan dan per tahun jadi 240 €.

Semoga tipsnya bisa membantu untuk membandingkan harga makanan dan menghemat biaya makanan.

2 thoughts on “Bagaimana membandingkan harga makanan di Jerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>