Apa itu Studienkolleg?

Kalo kamu tertarik untuk studi S1 di Jerman, maka kamu akan sering dengar atau membaca tentang Studienkolleg. Apa itu Studienkolleg? Mengapa perlu ambil Studienkolleg? Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih Studienkolleg? Pastinya kamu yang baru mengenal sistem studi di Jerman punya banyak pertanyaan lainnya. Atau mungkin ada banyak hal yang selama ini kamu tidak perhatikan mengenai Studienkolleg. Post kali ini saya akan membahas semua pertanyaan ini

Bagi kamu yang berencana untuk studi S2, pertanyaan ini tidak relevant untuk kamu. Jadi kamu tidak harus membacanya, kecuali kalo kamu tertarik mengenai Studienkolleg. Bagi kamu yang lulusan D3/D4 dan berpikir ingin mengambil S1/S2 di Jerman, sebaiknya kamu baca post ini, karena berdasarkan pengalaman yang saya tau lulusan D3/D4 biasanya tetap harus mengambil Studienkolleg dan mengulang S1 dari awal.

Apa itu Studienkolleg?
Studienkolleg ada sekolah persiapan/persamaan untuk orang asing masuk universitas/FH di Jerman. Sistem sekolah di Jerman adalah 13 tahun, karena di Indonesia sekolah 12 tahun jadi lulusan SMA dari Indonesia tidak disamakan dengan lulusan Abitur(SMA di Jerman) dari Jerman. Studienkolleg pada umumnya bagian dari universitas. Tujuan dari Studienkolleg adalah memastikan orang asing yang berencana studi di Jerman memiliki level edukasi yang cukup untuk studi di universitas/FH di Jerman dan memastikan juga kemampuan berbahasa Jerman untuk berkomunikasi selama studi.

Siapa saja yang harus masuk Studienkolleg?
Pada dasarnya Studienkolleg bagi mereka yang ingin studi S1/Bachelor di Jerman. Jika kamu lulusan SMA di Indonesia, kamu perlu masuk Studienkolleg. Untuk lulusan SMK tidak ada keterangan lebih jelas. Jadi sebaiknya lulusan SMK langsung kontak dengan pihak Studienkolleg, apakah mungkin untuk masuk Studienkolleg. Kalo kamu sudah ada gelar S1 dan ingin studi S1 lagi dibidang lain, kamu tidak perlu masuk Studienkolleg. Tetapi untuk itu kamu harus memenuhi persyaratan bahasa Jerman untuk studi di Jerman, biasanya level yang diminta adalah DSH. Kalo kamu lulus dari Studienkolleg, level bahasa kamu disetarakan dengan DSH.

Apa persyaratan untuk melamar ke Studienkolleg?
Selain lulusan SMA, persyaratan masuk Studienkolleg pada umumnya ada level bahasa Jerman B1. Beberapa Studienkolleg meminta level bahasa Jerman B2.

Bagaimana masuk Studienkolleg?
Setelah melamar ke Studienkolleg, mereka akan mengirimkan surat panggilan untuk ujian masuk(Aufnahmeprüfung). Dengan surat ini kamu bisa membuat visa studi untuk ke Jerman. Kalo kamu lulus Aufnahmeprüfungnya, maka kamu akan di-ranking. Karena tempat di Studienkolleg terbatas, maka Studienkolleg hanya akan menerima student yang lulus Aufnahmeprüfung sejumlah tempat yang mereka punya berdasarkang ranking yang terbaik. Jadi kalo kamu lulus Aufnahmeprüfung bukan bearti kamu akan otomatis masuk ke Studienkolleg di semester itu. Kamu akan masuk waiting list, kalo ada yang tidak mengambil tempatnya, orang-orang yang di waiting list akan ditawarkan tempat yang kosong. Kalo kamu sudah di waiting list dan tetap tidak dapat tempat, biasanya Studienkolleg menjanjikan kamu untuk otomatis dapat tempat di semester yang akan datang. Daftar contoh Aufnahmeprüfung bisa diliat di sini: http://studi-di-jerman.com/aufnahmeprufung-untuk-studienkolleg/.

Bagaimana lulus Studienkolleg?
Ujian akhir Studienkolleg namanya Feststellungsprüfung. Setelah melewati Studienkolleg selama 2 semester(1 tahun), kamu bisa mengikuti Festellungsprüfung. Jika kamu lulus maka kamu akan mendapat ijasah(Zeugnis) dari Studienkolleg. Jika tidak kamu harus mengulang 1 semester dan mengulang lagi Feststellungsprüfungnya. Ada juga kemungkinan untuk mengambil Feststellungsprüfung setelah 1 semester di Studienkolleg atau bahkan langsung setelah keterima (lulus Aufnahmeprüfung) di Studienkolleg. Untuk ini kamu harus menanyakan langsung ke pihak Studienkolleg, mereka yang akan memutuskan, apakah kamu bisa langsung ikutan Feststellungsprüfung atau tidak. Perlu diperhatikan kamu hanya bisa mengikuti Feststellungsprüfung 2 kali, kalo keduanya tidak lulus artinya kamu tidak berkualifikasi untuk studi di Jerman.

Kapan harus lulus Studienkolleg?
Dalam waktu 2 tahun sejak kedatangan di Jerman dengan visa studi kamu harus lulus dari Studienkolleg. Jadi kamu harus perhitungkan, kalo kamu mengambil kursus bahasa Jerman dulu di sini, artinya kamu sudah pakai beberapa bulan dari jatah yang 2 tahun. Kamu juga harus perhitungkan seandainya kamu tidak langsung keterima di Studienkolleg dan harus mengambil ujian masuk Studienkolleg di semester depan, artinya kamu sudah kehilangan 6 bulan dari jatah yang 2 tahun. Karena itu sebaiknya melamar ke beberapa Studienkolleg dalam satu semester.

Seperti apa itu Studienkolleg?
Studienkolleg sangat mirip dengan sekolah di Indonesia. Mulainya biasa sekitar jam 8 sampai jam 1 dari senin sampai jumat. Mungkin ada sedikit perbedaan di setiap Studienkolleg. Satu kelas kira-kira isinya 10-20 orang dan yang pasti semua orang asing. Dengan ini diawal-awal kamu di Jerman, kamu bisa pelan-pelan belajar mempraktekan bahasa Jerman. Buku-buku pelajaran untuk di Studienkolleg biasanya dipinjamkan dari Studienkolleg.

Post berikutnya akan membahas lebih lagi tentang Studienkolleg, mulai dari kurs-kurs yang ada, Studienkolleg FH/Universitas, deadline pendaftaran, kerja selama di Studienkolleg, uni-assist.de, dan lain-lain.

Untuk info lebih jelasnya mengenai Studienkolleg, kamu bisa baca di http://www.studienkollegs.de/de/

69 thoughts on “Apa itu Studienkolleg?

  1. ega

    Ka saya ingin menanyakan, kalau mau daftar untuk studkol taun 2015, apakah kita otomatis bisa kuliah di tahun 2016 nya atau setelah kita lulus studko kita baru mendaftar untuk masuk kampusnya?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ega, kalo kamu keterima di studienkolleg setelah Aufnahme, itu kamu akan otomatis keterima di universitas/FH yang kamu keterima kalo persyaratan lainnya juga terpenuhi(contohnya nilai akhir Studienkolleg kamu). Jadi iya, 2016 kamu otomatis keterima. Tetapi selain itu kamu juga bisa daftar ke universitas/FH lain, kalo kamu ingin pindah.

      Reply
  2. Elsa

    kak, kalo studienkollagenya di indonesia aja ga di jerman ada ujian masuk aja? Saya pernah denger katanya cuma bayar udah itu belajar, ada juga yang bilang test dulu. Kalau seandainya test yerlebih dahulu, apa aja kak yang bakalan di test? akademik, psikotest atau wawancara? danke

    Reply
      1. Elga

        Kak mau nanya kan itu di persyaratan penerimaannya ada sertifikat b.jerman b1/b2. Kalo kita gapunya? Kita harus les b.jerman di tempat lain dulu gitu biar dapet sertifikatnya? Atau gimana?

        Reply
        1. germany2study Post author

          Iya, jadi sebelum melamar ke Studienkolleg, kamu harus kursus bahasa Jerman sampai level B1/B2.

          Reply
  3. Eric

    Halo ka, kalau kuliah medizin di Heidelberg biasanya mintanya B1 attu b2?? Tempatnya biasanya tersedia berapa Kursi ya??

    Reply
    1. germany2study Post author

      Sebelum mulai studi, kamu harus ambil Studienkolleg dulu. Persyaratan Studienkolleg biasanya B2. Tempat yang tersedia itu relativ dengan jumlah orang yang melamar. Kalo tempat yang tersedia 50, tetapi yang melamar 500, artinya saingannya lebih banyak. Kalo tempat yang tersedia hanya 10 tapi yang melamar hanya 20, saingannya tidak begitu ketat.

      Reply
  4. Elga

    Kak mau nanya kan itu di persyaratan penerimaannya ada sertifikat b.jerman b1/b2. Kalo kita gapunya? Kita harus les b.jerman di tempat lain dulu gitu biar dapet sertifikatnya? Atau gimana?

    Reply
    1. Amelia Pratiwi

      Hai, aku mau bantu jawab nih, iya kamu harus les dulu di Indonesia sampe B1 atau B2, trus kamu ambil ujian B1 / B2 di Goethe Institut, baru Sertifikatnya (kalau kamu lulus) dipake buat daftar Studkol. Kalo kamu domisili Jogja, banyak kok guru bhs Jerman yang native dan memang benar2 guru bahasa jerman, bahkan dlunya mengajar di salah satu universitas di Jogja, jadi kemampuan mengajarnya benar2 bagus. Pengalaman, saya belajar hampir 2,5 tahun, rutin seminggu 3x sampe sekarang, saya udah level C1, tapi ya itu harus rutin. Kalo mau info guru2 bhs jerman privat yang native bisa kontak aja ya! semangat.

      Reply
  5. Talitha Amanda

    Kalau waktu SMA jurusannya IPA, bisa masuk ke W-Kurs gak ya? Trs ada persyaratan nilai UNnya gak? Terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Bisa. Nilai UN nanti digabung dengan nilai Studienkolleg. Itu nilai yang digunakan oleh universitas/FH untuk persyaratan masuk. Berapa nilai minimum yang diminta, itu tergantung program studinya.

      Reply
  6. bulan fitri

    Saya mau tanya katanya studkol seperti sekolah, di situ di pelajari apa saja ?
    Dan apa saja yang di ujikan ?
    Terimakasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Studienkolleg itu seperti sekolah. Mata pelajarannya tergantung kursnya. Kalo T-Kurs: matematik, fisik, kimia, informatika, deutsch.

      Reply
  7. Yoshua Marchello

    Halo kak, saya sekarang kelas 11 jurusan IPS,mau ambil hukum bisnis di jerman, berati ambilnya G-kurs ya?
    Trus kalo ga ada pendaftaran studkol jadinya daftar dimana ?, apa kita daftar uni trus uni ntar langsung ngarahin kita ke studkol dulu?.
    Thanks ^^

    Reply
    1. germany2study Post author

      Bisnis itu ekonomi kan yah? Itu masuknya W-Kurs. Kalo kamu daftar ke Uni bidang studi yang kamu mau ambil, nanti Uni akan forward aplikasi kamu otomatis ke Studienkolleg.

      Reply
  8. muliadi

    Hallo pak,
    Ada yang saya mau tanyakan, setelah melamar ke Studienkolleg, mereka akan mengirimkan surat panggilan untuk ujian masuk(Aufnahmeprüfung). Dengan surat ini saya membuat visa studi untuk ke Jerman. Berarti saya harus ke jerman untuk mengikuti test disana. Apabila di terima apkah saya bisa langsung masuk kolleg dan apabila masuk waiting list apakah saya harus menunggu sampai 6 bulan di jerman atau pulang ke Indonesia menunggu penerimaan. Kalau harus menunggu di jerman, apa yang bisa saya lakukan di jerman selagi menunggu penerimaan .
    Pertanyaan ke 2 : Apakah semua universitas pemerintah di jerman bebas biaya ( tution free ).
    Terima kasih atas informasinya yang sangat membantu

    Salam

    Muliadi.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Sebaiknya kamu punya surat panggilan dari beberapa Studienkolleg. Jadi kamu punya kesempatan untuk mengikuti ujian masuk di beberapa Studienkolleg. Kalo itu semua kamu tetap tidak lulus, kamu bisa mengambil kursus bahasa Jerman selama beberapa bulan sampai kamu mengikuti ujian masuk di semester berikutnya. Kamu perlu ini, karena visa studi kamu hanya berlaku 3 bulan, sedangkan ujian masuk Studienkolleg hanya ada setiap 6 bulan. Semua universitas di Jerman bebas biaya, dengan pengecualian ada beberapa program yang ada tuition feenya.

      Reply
  9. Gingin

    Halo pak..
    Diatas tertulis, apabila sudah ada gelar s1 tidak perlu masuk Studienkolleg. Apakah untuk ujian level b. jerman tsb bisa dilakukan di lembaga bahasa yg ada di Indonesia?
    Terima kasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      Studienkolleg dan level bahasa Jerman adalah 2 hal yang berbeda. Studienkolleg diwajibkan karena SMA indonesia tidak setara dengan SMA di Jerman. Setelah studienkolleg kamu juga otomatis mempunyai level bahasa Jerman yang cukup untuk masuk Univesitas. Kalo kamu sudah S1 artinya kamu bisa langsung mulai S2, tapi persyaratan bahasanya tetap perlu dipenuhi. Kalo programmnya bahasa inggris Toefl/Ielts, kalo programnya dalam bahasa Jerman DSH.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Di Jerman ada banyak Studienkolleg, persyaratannya bisa berubah setiap tahun dari B1 ke B2. Langsung dicek aja di website Studienkollegnya.

      Reply
  10. eveline

    halo. saya mau tanya untuk studkoll biasanya buka pendaftaran bulan apa ya? ada wintersemester atau sommersemester gtu gk? danke sehr

    Reply
    1. germany2study Post author

      Pendaftaran untuk wintersemester biasanya 15 Juli dan untuk Sommersemester 15 Januari. Tetapi beberapa studienkolleg punya deadline agak berbeda.

      Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Ibu Linda, persyaratan utama untuk studi di Jerman adalah lulus SMA. Tanpa ini anak ibu tidak bisa masuk Studienkolleg.

      Reply
  11. joko herianto

    halo ,
    saya sekarang di jerman dengan visa keluarga, dan saya berencana untuk kuliah s1.
    apa saya harus ambil studkoll juga?
    saya masih bingung , apa ada perbedaan persyaratan untuk yang masih di indo dan yang sudah di jerman?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Joko, kalo kamu belum punya S1, kamu perlu ambil Studienkolleg. Persyaratan studi untuk yang masih di Indo dan yang sudah di Jerman tidak ada bedanya.

      Reply
  12. vinda

    Halo, jika sudah lulus s1, tp ingin ambil s1 jurusan berbeda di Jerman, apakah harus ikut studkoll? Lalu apakah nilai UN pasti dijumlah dengan nilai studkoll? Jika nilai UN jelek bagaimana? Apakah masih bisa apply? Terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Vinda, kalo kamu sudah lulus S1, kamu bisa ambil S1 jurusan beda di sini tanpa Studienkolleg. Karena kamu tidak perlu Studienkolleg, kemungkinan kasusnya agak berbeda. Dan setiap universitas punya process penerimaan yang berbeda. Jadi sebaiknya dicoba saja.

      Reply
  13. Thea

    halo kak, aku skrg kelas XII IPS lulus tahun ini, aku sebelumnya belum kepikiran buat ke german atau gimana. Tapi baru tertarik karena teman aku ada yang 4 orang yang mau ke german, aku mau tanya ;
    1. Aku belum bisa bahasa german. Aku les bahasa german hingga B1/B2 itu di indonesia atau german?
    2. Om aku di german tinggal disana menjadi warga negara. Keuntungan apa yang bisa aku dapet?
    Terimakasih

    Reply
    1. germany2study Post author

      1. Sebaiknya ambil B1/B2 di Indonesia, karena lebih murah dan juga kamu punya waktu untuk persiapan ke Jerman
      2. Kalo oom kamu di Jerman dan dia mau bertanggung jawab untuk kamu, jadi kamu tidak perlu uang jaminan lagi untuk bikin visa.

      Reply
  14. fabian

    Halo, saya mau tanya kalo dg sistem unas baru yg tdk menentukan kelulusan. Apabila saya ingin mendaftar t-kurs di studkol jerman namun unas biologi saya tidak lulus kkm apakah bisa? Karena setahu saya teknik hanya memperhatikan matematik fisika dan kimia

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Fabian,

      iya T-kurs tidak ada pelajaran biologi. Setau saya selama nilai UN secara keseluruhan rata-rata 6, kamu bisa mendaftar ke Studienkolleg. Sebaiknya dicoba saja.

      Reply
  15. Windy

    Hi kak
    Saya mau tanya, ijazah saya lulusan Taiwan, apakah pengaruh untuk daftar studienkolleg nya? Atau asalkan ada ijazah yg sah dr mana pun bakal ttep di terima?
    Trus kan harus kirim rapot SMA 3 juga, apakah nilai rapot itu ada pengaruh besar untuk pendaftaran studienkolleg??
    Terima kasih kak :)

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Windy, kamu bisa cek di anabin.de apakah ijasah kamu bisa untuk melamar studi di Jerman. Kalo mau bimbingan lebih lanjut kamu bisa hubungi saya langsung lewat link kontak.

      Reply
  16. germany2study Post author

    Hi, studi kedokteran di Jerman lebih murah, tapi juga lebih sulit dan lama, karena sistemnya di sini berbeda. Kalo universitas kedokteran yg kamu tuju punya studienkolleg, maka kamu bisa ambil studienkolleg di kota yg sama. Kalo tidak, kamu perlu ambil studienkolleg di tempat lain. Utk studienkolleg persyaratannya B1/B2. Program beasiswa utk S1 agak jarang.

    Reply
  17. Kelly

    Halo. Aku mau nanya. Kalo misalkan aku rencana mau masuk ke uni applied for science dan jurusan wirtschaft, di studkol nya aku harus ambil ww kurs atau bisa kalau aku ambil w kurs? Thankyou.

    Reply
  18. Nadela

    Hallo, kalau berencana buat ngambil S2 di jerman, apakah tidak perlu mengambil studkol lagi? Dan apakah tata caranya berbeda jika sudah lulus S1 di indonesia dan hendak melanjutkan studi S2 di jerman?

    Reply
  19. anton

    halo, kalo misalnya ingin ambil s1 ilmu hukum di jerman itu studkol nya ambil w apa g kurs ya?
    sama apakah bisa kembali kerja di indonesia setelah lulus atau harus kerja di jerman? karena sistem hukum jerman berbeda dengan indonesia

    Reply
  20. tasya

    Permisi saya mau bertanya….
    Perkenalkan Saya tasya anisa siswi kelas 3 sma jurusan ips, apakah studienkolleg itu sama dengan foundation? Kalo tidak apa perbedaannya? Terima kasih

    Reply
  21. Samuel

    Hallo, saya mau tanya, seandai nya setelah 1,5 th di jerman baru diterima di studkol, apakah pada tahun kedua harus balik ke Indo, karena batasan dalam 2 th di jerman harus lulus studkol ( saat ini masih studkol semester 1 ) ? Apakah masih bisa melanjutkan studi di jerman ? Apakah ada cara lain agar bisa tetap studi di jerman ?
    Thanks.

    Reply
  22. Sasha

    Kak aku mau tanya nih aku masih kelas 2 SMA tapi mau daftar studienkolleg skrg bisa ga? Apa harus lulus SMA dulu?
    Danke

    Reply
  23. Bagus

    mau tanya,persyaratan buat apply studienkolleg itu nilai rata2 UN atau per mata pelajaran yang di UN kan ya? saya mau ambil T kurs, tapi waktu kemarin UN saya sakit (gak enak badan) saya merasa mtk kemarin kurang nilainya, tapi yang lain ok2 saja, rapor saya juga bagus2 nilainya, kalo misalnya saya ikut ujian perbaikan mtk nanti , apakah pihak Jerman menerima ?
    danke

    Reply
  24. Tyas

    Hi kak, saya ingin tanya. Saya sudah 1 tahun kuliah S1 di Indo, tapi saya mau mengulang S1 di Jerman. Saya pernah baca kalau sudah 1-2 thn S1 di Indo tidak perlu mengikuti studkoll, apakah itu benar? Terima kasih

    Reply
  25. Mifta

    hai , aku mau nanyak
    kk , gimana yah , kalau misalkan s1 ambil fakultas b.jerman dan mau nyambung lg s1 ambil IT bisa kak ?’
    moga kk mau menjawab
    DANKE :)

    Reply
  26. Richard Leonardo

    Ka saya ada rencana untuk kuliah di jerman, saya boleh gak minta info info dari kakak tentang perkuliahan di jerman? Terima kasih kak

    Reply
    1. germany2study Post author

      Silahkan baca artikel2 di blog ini spy lebih jelas apa yg kamu mau dalam mencari uni di Jerman.

      Reply
      1. Richard Leonardo

        Kak apakah di jerman ada fakultas psikologi? Jika ada universitas apa yang kakak sarankan untuk berkuliah bidang psikologi, terima kasih kak

        Reply
  27. Tyas

    Dear Pak/ mbak,
    Apakah utk kuliah S1 di Jerman ada batas umurnya.? Saya sudah berumah tangga dan pernah kuliah D3 bhs jerman sblmnya. Skrg ini masih ada keinginan utk dapat sekolah di sana. Apakah msh ada peluang buat saya? Terima kasih.
    Salam, tyas

    Reply
  28. afifa_eka

    kak seumpama saya lulusan s1 jurusan pendidikan bahasa inggris. lalu saya ingin lanjut s2 dijerman . kira-kira program study apa yg sesuai dg jurusan yg telah saya ambil pas s1?

    Reply
  29. afifa_eka

    saya lulusan s1 pendidikan bahasa inggris di indonesia. jika saya ingin melanjutkan s2 di jerman. lalu program apa yg pantas sesuai jurusan s1 saya?

    Reply
  30. afifa eka

    saya lulusan s1 pendidikan bahasa inggris di indonesia. jika saya ingin melanjutkan s2 di jerman. lalu program apa yg pantas sesuai jurusan s1 saya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>