Alternative tempat tinggal pertama di Jerman

Untuk yang pertama kali datang ke Jerman, masalah pertama yang dihadapi adalah mencari tempat tinggal. Mencari tempat tinggal bukan hal yang mudah untuk orang Indonesia. Karena tempat tinggal dari FH dan Universitas hanya berlaku untuk mahasiswa yang terdaftar. Selain itu tempat tinggal dari gereja juga biasa hanya untuk mereka yang sudah berada di Jerman. Dan tempat tinggal dari perorangan privat juga menerima orang yang sudah berada di Jerman dan selain itu mereka lebih memilih orang Jerman. Orang asing pada umumnya lebih kesulitan mencari tempat tinggal diawal-awal, karena mereka tidak berbicara bahasa Jerman dan penyewa juga tidak yakin apakah orang asing ini akan membayar uang sewa. Tetapi selain pilihan diatas untuk beberapa hari atau minggu pertama di Jerman ada beberapa alternativ tempat tinggal.

1. teman, keluarga, atau kenalan
Bagi yang ke Jerman sudah memiliki teman, keluarga, atau kenalan akan lebih mudah. Karena kita mungkin bisa menumpang untuk beberapa hari. Sebagai balasannya, bisa membawa oleh-oleh dari Indonesia dan juga membantu membersihkan kamar, dapur, dan kamar mandi.

2. Jugendherberge
Hotel di Jerman cukup mahal, kira-kira 50 € per malam dan per orang. Alternativ lainnya adalah Jugendherberge, ini adalah semacam pondok penginapan. Biasanya satu kamar dishare dengan 4-6 orang. Setiap orang punya lemari sendiri yang bisa dikunci. Kalo bawa koper besar bisa juga dititipkan ke pemilik Jugendherberge. Harganya berkisar 25 € per malam dan per orang. Ini biasa termasuk dengan sarapan. Selain itu ada istilah Halbpension, artinya dengan makan siang. Dan Vollpension, artinya dengan makan siang dan makan malam. Pilihan Jugendherberge bisa diliat di http://www.jugendherberge.de/.

3. Untermiete/Zwischenmiete
Kedua alternative diatas biasanya untuk jangka waktu pendek, artinya untuk beberapa hari saja. Kalo berencana untuk tinggal beberapa bulan di satu tempat, Untermiete/Zwischenmiete bisa menjadi alternativ yang baik. Untermiete adalah istilah yang dipakai jika seorang penyewa(contohnya mahasiswa) menyewakan kamarnya ke orang ketiga. Di Jerman ini sering terjadi karena contohnya si penyewa harus membuat praktikum di kota lain selama 6 bulan. Kamar-kamar yang disewakan sebagai Untermiete biasanya lebih mudah didapat, karena hanya disewakan untuk sementara 1-6 bulan. Kamar-kamar seperti ini bisa dicari di internet, contohnya http://www.wg-gesucht.de/, biasanya kamar ditulis dari kapan sampai kapan kamarnya bisa ditinggali.

Semoga post ini bisa membantu untuk mencari tempat tinggal pertama di Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>