8 Tugas Pertama di Jerman

Setelah post yang satu ini /5-langkah-pertama-persiapan-studi-di-jerman/, kamu sudah siap untuk ke Jerman, tinggal beli tiket pesawat dan terbang ke Jerman. Tentunya sebelumnya kamu perlu sudah mencari tempat tinggal di Jerman. Mengenai tempat tinggal di Jerman kamu bisa baca di sini:
/jenis-jenis-tempat-tinggal-mahasiswa-di-jerman/
/alternative-tempat-tinggal-pertama-di-jerman/

Post kali ini saya mau membahas beberapa tugas pertama setelah kamu tiba di Jerman. Yaitu 8 tugas pertama yang wajib diselesaikan di Jerman.

1. Tulis nama di kotak pos
Mulai sekarang kamu tidak tinggal lagi dengan orang tua dan untuk urusan hidup dan studi di Jerman kamu akan sering kali mendapat surat dari Universitas/FH, bank, asuransi kesehatan, dan lain-lain. Karena itu sangat penting untuk menulis nama keluarga kamu di kotak pos.

2. Buat bank konto
Setibanya di Jerman kamu pasti memerlukan bank konto(akun bank) untuk semua urusan keuangan, baik mentransfer uang ke Universitas/FH dan asuransi kesehatan atau juga untuk mendapat transfer uang dari orang tua. Untuk membuat bank konto biasanya cukup kamu bawa passport kamu, nantinya bank akan meminta kartu student kamu kalo kamu sudah terdaftar sebagai student. Karena kalo bukan student, maka kamu harus membayar iuran tiap bulan. Bank yang biasa dipakai oleh student Indonesia adalah Deutsche Bank dan Sparkasse. Kalo kamu ada teman di Jerman yang sudah punya bank konto di Deutsche Bank, kamu bisa minta tolong dia untuk buka konto di Deutsche bank. Dengan itu dia akan mendapatkan hadiah. Kalian bisa janjian bagaimana menbagi-bagikan hadiah tersebut. Liat https://www.deutsche-bank.de/pbc/ser-dankeschoen-kunden_empfehlen_kunden.html

3.Mendaftarkan diri di Bürgerbüro
Setelah sampai di Jerman dan tinggal di tempat tempat tinggal kamu, kamu wajib untuk mendaftarkan diri di Bürgerbüro. Juga sama untuk ini kamu hanya perlu membawa passport kamu bersama visa dan juga alamat dimana kamu tinggal.

4. Immatrikulasi
Immatrikulasi berarti mendaftarkan diri ke Universitas/FH. Bagi yang memulai dengan studienkolleg, kamu hanya mendapat surat panggilan untuk ujian masuk(Aufnahmeprüfung), kalo kamu lulus ujiannya kamu akan mendapat surat penerimaan(Zulassungsbescheid). Dengan surat penerimaan kamu bisa immatrikulasi. Bagi yang memulai langsung di Universitas/FH, biasanya kamu langsung mendapat surat penerimaan dengan ini kamu bisa langsung immatrikulasi. Setelah immatrikulasi kamu sah sekarang tinggal di Jerman sebagai student.

5. Semester tiket
Semester tiket adalah tiket student untuk menggunakan transportasi umum di daerah kamu sekolah. Di beberapa Universitas/FH kamu langsung mendapatkan ini sewaktu immatrikulasi. Di Universitas/FH lain kamu mungkin perlu beli sendiri. Ini tergantung kebutuhan kamu menggunakan transportasi umum. Tetapi semester tiket adalah tiket transportasi paling murah di Jerman. Persyaratan untuk beli semester tiket adalah bukti kamu adalah student.

6. Asuransi kesehatan
Asuransi kesehatan adalah wajib di Jerman juga untuk student asing. Untuk student ada tarif tertentu yang lebih murah dari orang pekerja. Pada umumnya student asing(Indonesia) menggunakan asuransi kesehatan TK dan AOK.

7. Mendaftarkan diri di kedutaan Indonesia
Mendaftarkan diri di kedutaan Indonesia juga sangat penting. Karena jika terjadi apa-apa dengan kamu atau contohnya passport kamu hilang, pihak kedutaan Indonesia bisa menanganinya dengan mudah kalo kamu sudah terdaftar. Untuk itu di Jerman ada beberapa konsulat jenderal Indonesia di mana kamu bisa mendaftarkan diri. Informasi lengkapnya liat http://www.kjriffm.de/

8. Kartu telepon
Di Jerman ada beberapa provider yang menawarkan kartu prepaid. Biasanya semua cukup ok dan harga pulsanya juga bersaing, karena itu saya tidak ada preference mengenai ini. Setau saya sebagian besar orang asing(Indonesia) menggunakan O2 dan E-Plus.

Pastinya masih banyak hal penting yang perlu diselesaikan, di post ini saya hanya mengambil 8 tugas yang cukup general dan berlaku untuk semua student Indonesia.

 

6 thoughts on “8 Tugas Pertama di Jerman

  1. udin

    Hallo,

    sekedar sharing …..
    klo pilih asuransi kesehatan … ada AOK atau TK, tapi dari pengalaman saya dan temen temen, kadang TK lebih baik.
    Tapi juga yang patut diperhitungan adalah apakah ada perwakilan AOK atau TK di kota tempat anda menetap (terutama di kota kecil), sehingga klo ada apa apa, urusan administrasinya bisa lebih cepat.

    semoga infonya membantu

    Reply
  2. diah

    Gimana kalau kita belum diterima di fh atau uni. Apakah harus ada bukti bahwa kita diterima di salah satu fh atau uni baru bisa berangkat?

    Reply
    1. sjtirtha

      persyaratan untuk bikin visa harus ada surat dari FH/Uni. Suratnya pada umumnya ada 2 macam. Surat penerimaan(Zulassungsbescheid) biasanya untuk yg ambil S2, karena tidak ada ujian masuk lagi. Atau surat panggilan untuk ujian masuk, ini biasanya untuk yg ambil S1 karena harus ujian masuk Studienkolleg dulu. Bisa juga kalo belum memenuhi syarat masuk FH/Uni karena ijasah bahasanya kurang, jadi bisa ngedaftar ke sekolah bahasa. Nanti dapet surat penerimaan dari sekolah bahasa tersebut untuk bikin visa.

      Reply
  3. Denny

    bagaimana kasusnya kalo lulusan s1 di indo tapi mau ngambil s1 dengan prodi berbeda di jerman ( dengan asumsi sudah level DSH bahasa jermanya ), apakah tidak bisa langsung dapat surat penerimaan ? atau harus ikut studienkolleg dulu ?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Denny, seharusnya kamu bisa langsung dapat surat penerimaan dan tidak perlu studienkolleg lagi.

      Reply
  4. Windra s

    Saya mau kerja di jerman , saya punya pengalaman berkerja di cruise line royal caribbean as cook ,saya menguasai bahasa inggris tetapi saya tidak bisa bahasa jerman , apakah ada kemungkinan pihak pihak hotel bisa menerima saya ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>