5 langkah pertama persiapan studi di Jerman

Banyak orang yang punya mimpi ingin studi di Jerman, tetapi hanya sebagian yang berhasil mencapai impiannya. Sudah beberapa kali di mailing list atau di Facebook atau bahkan per email orang bertanya bagaimana bisa studi di Jerman. Terutama bagi mereka yang sama sekali tidak punya kenalan yang tinggal di Jerman atau yang pernah tinggal di Jerman akan sulit untuk mencari informasi ini. Di google ada banyak informasi tentang persiapan studi di Jerman, tetapi biasanya informasinya tidak terkonsolidasi di satu website. Post kali ini isinya tentang 5 langkah pertama untuk persiapan studi di Jerman.

Tentunya persyaratan minimal ke Jerman adalah lulus SMA bagi yang mau ambil S1 dan juga mampu untuk beradaptasi dan hidup sendiri di Jerman tanpa orang tua. 5 langkah berikut ini juga berlaku untuk yang mau ambil S2, dengan persyaratan punya S1. Lulusan D3 atau politehnik setau saya tidak diakui sebagai S1.

1. Jaminan biaya hidup dan studi
Studi di Jerman tidak ada yang gratis. Sering kali orang mempermudah seolah-olah semuanya gratis di Jerman. Tetap saja di Jerman ada biaya hidup sekitar 400€ – 500€/bulan(tergantung pengeluaran dan kota) dan juga ada biaya studi, yaitu biaya yang dibayar ke FH/Universitas. Lengkapnya tentang dua biaya ini bisa dibaca di /category/biaya/. Selain itu persyaratan untuk membuat dan memperpanjang visa studi adalah jaminan untuk biaya kehidupan di Jerman. Jaminan biasanya berupa uang sebesar kurang lebih 8000€ yang dijadikan deposit di bank Jerman dan hanya bisa diambil sekitar 600€ perbulan. Setiap kali perpanjang visa, jumah ini harus ada di bank. Alternativ lain adalah jika ada keluarga/kenalan di Jerman yang mau membuat surat jaminan, bahwa dia akan menjamin kehidupan kamu di Jerman. Nama suratnya Verpflichtungserklärung. Biasanya untuk surat ini diperlukan bukti gaji dan tempat tinggal dari orang yang menjamin. Alternativ lain adalah beasiswa. Tetapi karena saya tidak ada pengalaman dengan beasiswa, maka saya tidak akan membahasnya di sini. Kalo kira-kira sudah ada / akan ada jaminan biaya hidup dan studi, maka bisa mulai ke langkah berikutnya.

2. Belajar bahasa Jerman
Belajar bahasa Jerman bisa dimulai secepatnya dan sebaiknya dimulai semasa SMA, supaya tidak buang-buang waktu. Liat post /mengapa-studi-di-jerman-lama/. Walaupun bidang studi yang diambil akan 100% berbahasa Inggris, tetapi saja saya sangat sarankan untuk belajar bahasa Jerman. Kemampuan bahasa Jerman sangat membantu untuk kehidupan sehari-hari, juga untuk berteman dan besosialisasi dengan orang Jerman. Di /category/deutsch/ juga ada beberapa tips belajar bahasa Jerman. Selama belajar bahasa Jerman, bisa dimulai langkah berikutnya.

3. Mencari FH dan Universitas
Langkah ini biasa membutuhkan waktu 3 bulan. Di post /kalkulasi-biaya-studi-di-jerman/ saya membahas cara untuk mencari FH dan Universitas, selain itu yang perlu diperhatikan adalah kota tempat FH dan Universitas tersebut dan juga kemungkinan untuk bekerja. Salah satu post berikutnya mungkin saya akan membahas bagaimana memilih kota tempat studi. Sebaiknya juga mencari beberapa FH dan Universitas sebagai alternativ pilihan. Bagi yang mau studi S1 di Jerman harus mengambil Studienkolleg dulu, yaitu 1 tahun sekolah persiapan sebelum masuk ke FH dan Universitas.

4. Melamar studi ke FH dan Universitas
Setelah mendapatkan ijasah bahasa Jerman yang diperlukan, baru bisa mulai melamar ke FH dan Universitas yang dituju. Setiap FH dan Universitas memilih jadwal deadline applikasi yang berbeda-beda dan juga perhatikan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengirim dokumen dari Indonesia ke Jerman. Beberapa FH dan Universitas menawarkan pengiriman applikasi secara online. Setelah beberapa waktu FH dan Universitas akan mengirim surat panggilan untuk ujian masuk Studienkolleg, atau bagi yang mengambil S2 akan mendapat surat masuk FH atau Universitas. Dengan surat masuk atau surat panggilan ini kamu bisa mulai langkah berikutnya.

5. Melamar visa studi
Langkah terakhir di post ini adalah melamar visa studi di kedutaan Jerman di Indonesia (http://www.jakarta.diplo.de). Persyaratan penting untuk melamar visa adalah jaminan keuangan di langkah pertama dan surat dari FH/Universitas.

Baru setelah visa studi keluar, bisa mulai mencari tiket ke Jerman dan tempat tinggal di Jerman untuk bulan-bulan pertama. Untuk cari tempat tinggal pertama di Jerman bisa beberapa tips di /alternative-tempat-tinggal-pertama-di-jerman/.

Seperti nama postnya, ini cuman 5 langkah pertama untuk persiapan studi di Jerman. Setelah ini masih banyak langkah-langkah berikutnya. Jadi banyak yang bermimpi studi ke Jerman, tetapi tidak semua cukup gigih untuk melewati 5 langkah pertama ini.

Tips tambahan untuk tanya mengenai Studiengebühren di FH/Universitas yang dituju adalah email langsung ke pihak FH/Universitas. Dibawah ini email templatenya. Kata-kata yang di dalam <> harus diganti sesuai konteks.
##############################################
Sehr geehrte Damen und Herren,

ich habe Interesse an das <nama program studi> Studium an der <nama FH/Universitas>.
Ich habe aber keine Information gefunden, ob es in der <nama FH/Universitas> eine Studiengebühren gibt.
Können Sie mir diese Information mitteilen?

Mit freundlichen Grüßen

<nama kamu>
##############################################

30 thoughts on “5 langkah pertama persiapan studi di Jerman

  1. erick saputra tangke

    Ich bin sehr interessiert an Ihren Schriften. Zuerst wuensche ich Ihnen viel Erfolg beim Studium.
    Meine Fragen:
    welche Deutchniveaus muss man haben, bevor man fuer Masterstudiengang in Deutschland studiert?
    Koennten Sie mir empfehlen, dass welche Universitaeten das Paedagogikfach fuer Masterstudiengang in Deutschland haben?

    Ich brauche sehr Ihre Informationen dazu?

    Danke imvoraus

    Reply
    1. sjtirtha

      Die Voraussetzung für Deutsch ist unterschiedlich je nach Hochschule. Am bestens kontaktierst du direkt die Hochschule. Ich habe leider keine Empfehlung für eine gute pädagogische Hochschule.

      Reply
  2. diah

    Hallo, saya diah salah satu guru sma di batam. Mau tanya, rencananya tahun depan saya akan melanjutkan s2 sejarah di jerman dengan biaya sendiri. Kebetulan saya punya abang yang tinggal di hamburg.
    Di kota saya belum ada tempat kursus b jerman. Kira-kira gimana ya utk langkah praktisnya. Sejauh yang sya tau kalau ada sertifikat b jerman akan lebih bagus. Tlng infonya ya. Thanks

    Reply
    1. sjtirtha

      Setau saya kalo ambil S2 biasanya perlu ijasah DSH. Artinya kamu perlu ambil sekolah bahasa dulu di Jerman dan ambil ujian DSH. DSH itu beberapa tingkat diatas sertifikat B. Kalo lulus baru bisa ambil S2. Jadi langkah pertama sekarang cari dulu Universitas yang menawarkan program studi sejarah untuk S2. Lalu cek persyaratan untuk masuk universitas tersebut dan juga cari-cari info mengenai kota di mana universitas tersebut berada. Setelah itu kalo persyaratannya semua terpenuhi bisa mulai melamar ke program studi tersebut.

      Reply
      1. diah

        Makasih info nya. Saya sudah coba buka web di freie universitat. Ada jurusan sejarah yang saya maksud dan sudah ada beberapa persyaratan yang diajukan uni tersebut. Tetapi bila melihat penjelasan di tulisan kamu saya takut berbenturan dengan status saya. Kebetulan status saya guru pns di salah satu sma di kota batam. Untuk mendapatkan izin belajar ada proses yang harus saya jalani. Saya khawatir proses untuk mendapat izin belajar akan memperlambat tujuan saya karena pemerinta kota akan meminta bukti penerimaan di uni yang saya maksud. Sementara untuk mendapatkannya kita harus kursus dulu di salah satu studienkolleg di jerman. Tolong sarannya ya, terima kasih

        Reply
        1. germany2study

          Hallo Diah,

          Kalau mau melanjutkan kuliah S2 di Jerman, anda tidak perlu kursus di Studienkolleg. Anda hanya perlu melamar ke Universitas yang menawarkan program sejarah. kalau program itu memakai Bahasa Jerman, biasanya mereka minta anda lulus DSH. DSH itu bukti kalau anda bisa berbahasa Jerman. Untuk bisa lulus DSH, anda perlu kursus bahasa Jerman dan mengikuti test DSH di Goethe Institut.

          Jadi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
          1. Kursus Bahasa Jerman
          2. Lulus DSH
          3. Daftar ke Universitas (kalau programnya bahasa Jerman. Kalau programnya bahasa Inggris, biasanya mereka minta IELTS/Toefl)
          4. Kalau semua persyaratannya memenuhi, Universitas tersebut akan mengirimkan bukti penerimaan
          5. Lalu anda bisa melamar untuk mendapatkan izin belajar

          Reply
  3. Pieter

    Saya akan mengurus Visa Studi ke Stuttgart (Sprachkurs). Apa Anda tahu berapa kira-kira waktu yang d butuhkan untuk pengurusan Visa ke Stuttgart? Saya dapat Appointment nya mepet, 27.12.2012. Padahal kursus sudah mulai 18.02.2013. Apakah masih bisa?
    Kalau saya datang sewaktu-waktu ke Kedubes Jerman apakah mungkin saya dilayani untuk pembuatan Visa Studi?

    Terima Kasih. 😀

    Reply
  4. Rudolfo

    salam, mau tanya FH atau Universitas yang aplikasinya dikirim lewat online apa aja bang? terus jurusan apa aja ya?

    Reply
    1. germany2study Post author

      sebagian besar FH dan Universitas bekerja sama dengan uni-assist.de. uni-assist.de adalah organisasi yang penerima lamaran dari calon mahasiswa. Sebagian besar dokumennya kamu bisa kirim online, tetapi tetap pihak FH dan Universitas biasanya meminta untuk ijasah-ijasah dilegalisir dan dikirim per post.

      Reply
  5. evan

    halo mas, saya mau tanya.
    Kalo lulusan D3 di Indonesia, ingin kuliah (mengulang) S1 di jerman, itu harus melalui studienkolleg atau tidak ya ??
    terima kasih..

    Reply
    1. germany2study Post author

      Setau saya dan pengalaman dari teman-teman saya, kebanyakan yang lulusan D3 akhirnya ambil studienkolleg lagi di Jerman. Sebaiknya kamu coba cek ke setiap universitas/FH yang mau kamu tuju, mungkin ada universitas/FH yang mengakui lulusan D3 kamu, jadinya kamu tidak perlu studienkolleg lagi.

      Reply
  6. Liliana

    AnaK saya kelas 3 sma taun ini, dan brencana taun depan mau kuliah dijerman ambil jurusan bisnis. Kira2 universitas apa, di kota apa di jermannya, berapa biayanya? Kursus jerman atau ambil ielts aja? Terima kasih.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Universitas di Jerman levelnya cukup sama. Jadi orientasi pemilihan universitas biasanya juga berdasarkan kota dan letak kotanya. Artikel ini mungkin bisa membantu http://studi-di-jerman.com/bagaimana-memilih-kota-untuk-studi-di-jerman/. Untuk mengenai biaya saya ada beberapa artikel yang memberi penjelasan tentang biaya studi di Jerman: http://studi-di-jerman.com/category/biaya/. Kalo anak ibu ambil S1 sebaiknya dalam bahasa Jerman, jadi ambil kursus bahasa Jerman saja. Untuk lebih detailnya bisa kontak saa langsung di http://studi-di-jerman.com/kontakt/

      Reply
  7. alam

    maaf, mau bertanya. kalau yg ada NC itu emang sulit ya kalau masuknya? saya rencana mau ambil s2 di sana. soalnya saya bingung jurusan saya kebanyakan NC semua. Trims.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Alam, sebaiknya dicoba aja. Banyak Universitas mencantumkan NC sebagai persyaratan, tetapi kalo aplikasi kamu menarik mungkin kamu bisa diterima juga.

      Reply
  8. chintia

    saya tahun depan ada rencana studi s2 di jerman. mau ambil ekonomi. tp saya lulusan statistik. nah, ada yang bilang kalo di jerman harus ambil jurusan yg sesuai sama s1. dan ada yg bilang tidak perlu. apa mungkin saya bisa kuliah s2 ekonomi disana? dan juga tentang grade ipk yg beda sama indonesia. gimana kita tahu nilai ipk kita menurut standart nilai jerman? makasih sebelumnya

    Reply
    1. germany2study Post author

      Hi Chintia, harusny adair Statistik ke Ekonomi tidak ada masalah. Pastinya kamu juga dapat beberapa matakuliah dasar ekonomi sewaktu studi statistik.
      Nilai IPK kamu nanti akan diconvert ke penilaian jerman oleh pihah universitas. Utk selanjutnya kamu bisa kontak saya langsung lewat http://studi-di-jerman.com/kontakt/

      Reply
  9. anandaanastasia

    Hallo ka aku anak smk kelas 2 jurusan akuntansi. Saya membaca bebarapa dari social media anak smk tidak bisa kuliah di german apakah benar??
    Oh yah saya sudah membaca di anabin.de tapi saya tidak menemukan apa2 tentang anak smk bisa atau tidak bisa kuliah di german?
    Dan saya ingin menayakan ke Studienkolleg tujuan saya tapi saya tidak tau harus bertanya bagaimana, memakai bahasa apa?
    Terimakasih?

    Reply
    1. germany2study Post author

      Di anabin.de kamu bisa pilih Schulabschlüsse mit Hochschulzugang, lalu pilih suchen. Dari situ kamu bisa pilih negara indonesia dan bisa liat persyaratan yg diperlukan. Kamu bisa juga email ke studienkollegnya langsung dalam bahasa i ggris.

      Reply
  10. abdramansy

    Kak, aku tahun ini rencananya mau dikirim ke jerman, aku mau nanya kalo buat kuliah S1 gitu wajib ikut studienkolleg ato ngga? terus emang kalo studienkolleg disana ga bayar ya? temenku yang udah lulus dari sana katanya bisa milih antara studienkolleg sama sprachkurs, katanya bedanya satunya ga bayar satunya iya. padahal setau saya sprachkurs kan kursus bahasa.

    Reply
    1. germany2study Post author

      Untuk lulusan SMA yg mau S1 di Jerman wajib ambil Studienkolleg. Sprachkurs itu diperlukan untuk persiapan bahasa Jerman untuk mengikuti ujian masuk Studienkolleg.

      Reply
        1. germany2study Post author

          Hi Sandi, saya tidak ada pengalaman dengan agen, jadi tidak bisa kasih komentar. Tapi banyak sekali orang Indonesia yang datang ke Jerman tanpa agen dan mengurus sendiri.

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>