-17 derajat celcius di Jerman

Salah satu alasan tidak memilih Jerman sebagai tempat studi adalah karena musim dingin. Buat yang saat ini di Jerman atau Eropa, pastinya mengerti seperti apa rasanya -17 derajat celcius. Musim dingin kali ini extrem  sangat dingin, khususnya di Eropa timur. Buat yang berencana ke Jerman, di posting ini saya mau cerita bagaimana musim dingin di Jerman dan apa yang perlu diperhatikan.

Pada umumnya musim dingin di Jerman berkisar antara -5 sampai 10 derajat celcius. 10 derajat celcius yang rasanya sudah sangat dingin di Indonesia, kalo di Jerman rasanya seperti cuaca bagus. Sedangkan -5 derajat celcius rasanya lebih dingin dari kulkas. Selain itu karena di Jerman udaranya kering, jadi terasa lebih dingin, apalagi kalo ada angin rasanya lebih dingin lagi. Orang Jerman biasanya sudah cukup terbiasa dengan cuaca seperti ini. Tadi pagi -10 derajat celcius, tetap aja ada orang yang lari pagi. Orang Jerman juga kalo melihat langit terang dan tidak berawan, walaupun -5 derajat celcius, mereka bilang “schönes Wetter, lass uns spazierengehen” (Cuacanya bagus, jalan-jalan yuk).

Kalo udah dingin begini, pakai baju setebal apapun, pakai jaket winter semahal apapun tetap dingin. Tetapi ada tips supaya badan tetap lebih hangat. Yaitu pakai baju seperti Zwiebeln(bawang bombai). Artinya daripada pakai 1 baju yang tebal dan 1 jaket yang tebal, lebih baik pakai 4-5 lapis pakaian. 5 lapis pakaian yaitu kaos dalam, t-shirt, kemeja, sweater, jaket. Sebagai tambahan bisa juga pake long john, celana dalam yang panjang. Pakai baju seperti ini lebih hangat dari pada pakai 1 jaket yang sangat tebal. Selain itu Mutze(kupluk) dan sarung tangan juga sangat penting untuk cuaca dibawah 0 derajat celcius. Khususnya bagi yang naik sepeda, jangan lupa pakai Mutze, karena udara dingin bisa buat telinga sakit.

Bagi yang menggunakan transportasi umum (bus, kereta, tram), menunggu di halte bukan sesuatu yang menyenangkan di musim dingin. Karena itu biasanya orang-orang pergi ke loket ATM atau toko buku untuk menunggu bus berikutnya datang.

Bangunan dan rumah-rumah di Jerman dibangun untuk menghadapi musim dingin. Jadi semua bangunan dan rumah-rumah punya pemanas, sedangkan AC di sini barang langka. Suhu ruangan yang ideal adalah 17 – 18 derajat celcius, jadi biasanya pemanas bisa diatur-atur supaya suhu ruangan sekitar itu. Ada juga orang-orang yang tidak cocok dengan pemanas, dampaknya bisa batuk-batuk atau mimisan, karena itu penggunaan pemanas bisa dikurangi. Supaya tidak terlalu dingin, artinya harus pakai baju lebih hangat. Untuk mengurangi udara terlalu kering kalo pemanas dinyalakan, bisa ditaruh handuk basah diatas pemanas.

Kalo udara dingin nafsu makan juga jadi bertambah, karena badan perlu lebih banyak karbohidrat untuk pembakaran. Selain itu untuk tetap hangat diluar rumah, biasanya ada orang yang bawa-bawa termos untuk minuman air hangat. Selain itu cuaca minus derajat diluar rumah juga waktu yang baik untuk membersihkan kulkas, karena semua makanan dari kulkas bisa ditaruh diluar.

Semoga posting ini bisa kasih gambaran seperti apa musim dingin di Jerman. Tetapi musim dingin kali ini -17 derajat celcius tidak cukup digambarkan sebagai blog post.

2 thoughts on “-17 derajat celcius di Jerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>